NEWS

PSP-3000 vs. PSP Go: Mana Yang Lebih Baik?

Adypeot   |   Sabtu, 13 Jun 2009

Bagi para kotakers yang ingin membeli PlayStation Portable (PSP), hal ini mungkin akan menjadi suatu masalah. Game portable terbaru yang diluncurkan oleh Sony membuat banyak perdebatan dikalangan gamers yang ingin membeli game handheld tersebut. Manakah yang lebih baik?

Memang kalau dilihat dari fiturnya, PSP Go yang merupakan keluaran terbaru Sony mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan predesesornya PSP 3000. Dengan 56% lebih kecil dan 45% lebih ringan serta adanya 16GB Internal Memory dan Bluetooth, akan membuat siapa saja tertarik untuk membelinya. Belum lagi tampilannya yang elegan dengan Sliding Control Pad-nya. Tapi dengan semua fitur itu, apakah setimpal dengan harga $250?

Bila kita bandingkan dengan PSP 3000, selain UMD yang dihilangkan dan ditambahnya 16GB internal memory plus Bluetooth, kebanyakan spesifikasi system yang digunakan masih sama seperti PSP lama. Sebut saja prosesor CPU yang digunakan, atau perangkat Wi-Fi yang sama. Memang beratnya menurun drastis, dan bentuk yang mungil membuat kita mudah untuk membawanya berpergian. Tapi kebanyakan orang rasanya tidak akan keberatan untuk membawa sedikit beban lebih demi hiburan.

Perdebatan antara kedua PSP ini menuju puncaknya saat membahas tentang dibuangnya system UMD pada PSP Go. Apakah ini merupakan hal yang positif, atau malah menjadi negative? Banyak orang yang bertanya-tanya akankah game di PSP Go akan berbeda dari PSP-3000, secara PSP Go tidak memiliki system UMD. Hal ini sebenarnya tidak benar, PSP Go dan PSP 3000 akan dapat memainkan game yang sama. Perbedaannya hanyalah PSP Go menggunakan system media berupa Digital Download, bukan lagi system media UMD, dimana kita hanya bisa mendownload game via PlayStation Network. Mungkin hal ini akan menjadi issue untuk beberapa orang. Tapi mengesampingkan hal tersebut, disinilah 16GB internal memory itu diperlukan. Dengan storage sebesar itu, PSP Go dapat menampung sekitar 8-10 game untuk dimainkan.

Dan dari segi penggunaan, analisis ini diambil dari website geeksugar.com atas pengalaman pribadi mereka. Menurut mereka, PSP Go merupakan seri PSP yang lebih compact dari pada predesesornya, dengan membuat system control lebih dekat, ini akan sempurna untuk tangan yang feminine atau tangan yang kecil. PSP Go juga memiliki layar yang luar biasa dan lebih ringan untuk dimainkan. Tapi walaupun PSP Go mempunyai segi tampilan yang lebih bagus dan kita tidak harus membawa cartridge kemana-mana, geeksugar.com mengakui bahwa bermain dengan PSP seri lama lebih nyaman ditangan. Tapi sebenarnya hal itu tergantung dari orangnya.

Presiden Sony Computer Entertainment, Kaz Hirai, memberi komentar mengenai hal persaingan ini, "Kami tidak berusaha memaksa masyarakat untuk membeli Go, semua pilihan ada di tangan anda. Dan PSP 3000 masih merupakan hal penting buat kami."

Yang dikatakan beliau itu benar, di akhir perjalanan, anda lah yang harus menentukan pilihan. Apakah PSP Go atau PSP 3000?
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183