NEWS

Square Enix Sebut Loot Box Hanya Merusak Hubungan dengan Komunitas

Taufik Hidayat   |   Rabu, 17 Jan 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Bisa dibilang, saat ini microtransaction dalam sebuah game berbayar sedang heboh diperbincangkan dan dianggap sebagai tren negatif industri game. Disaat game seperti Middle-earth: Shadow of War, Call of Duty: WWII, dan Star Wars: Battlefront 2 miliki segudang microtransaction dan loot box.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini bersama Official Xbox Magazine UK, salah satu petinggi Square Enix sekaligus sutradara Final Fantasy XV - Hajime Tabata telah mengungkapkan pemikirannya mengenai microtransaction, tepatnya loot box yang saat ini tengah menjamur di game single-player yang dihargai cukup mahal.

Baca ini juga :

» Naoki Yoshida Ungkapkan Bahwa Sekarang Sudah Waktunya Untuk FF Tactics Baru
» Nobuo Uematsu Akan Kembali Untuk Final Fantasy VII Trilogy Part 3
» Final Fantasy XVI Akan Tuju PC Tahun Ini Dengan Spek Yang Agak Tinggi
» Square Enix Umumkan Perilisan Seri Terbaru Final Fantasy, Final Fantasy VII Rebirth
» Menyala Abang Sephiroth! Unboxing Final Fantasy VII Rebirth Collector Edition

Tabata mengatakan bahwa sebenarnya ia tidak mempermasalahkan loot box, namun para developer harus memikirkan komunitas juga karena pada dasarnya microtransaction yang terlalu agresif dapat merusak hubungan dengan para pemain. "Saya tidak bisa mengabaikan mereka (para pemain dan komunitas), saya pikir para developer harus berhati-hati dalam menanamkan fitur loot box agar tidak menghancurkan hubungannya dengan para pemain." Ujar Tabata.

Square Enix memang salah satu developer yang tidak tertarik dengan microtransaction. Pada awal Desember lalu sang CEO Square Enix - Yosuke Matsuda mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk menerapkan microtransaction ke game besutannya, terutama yang mengandalkan konten single-player dan menganggap bahwa microtransaction "tidak pantas" diimplementasikan di sebuah game yang dihargai cukup mahal.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru