NEWS

Rumor: Ragnarok Online 2 Indonesia Akan Dibawa Lyto?

   |   Jumat, 04 Jan 2013

Setelah Asiasoft mengumumkan bahwa para gamers Indonesia dan Filipina tidak dapat turut serta bermain dalam Ragnarok Online 2 server Asia Tenggara, banyak gamers yang memprotes keputusan tersebut. Bagaimana tidak, sebagai "pionir" game online di Indonesia, nama besar Ragnarok Online tentunya sangat membekas di hati gamers Indonesia. Namun belakangan, santer terdengar sebuah rumor yang mengatakan bahwa Ragnarok Online 2 juga sebentar lagi akan muncul di Indonesia. Benarkah begitu?

KotakGame, dengan bantuan beberapa user KotakGame, berhasil mengumpulkan informasi yang mengindikasikan bahwa Ragnarok Online 2 memang akan hadir di Indonesia. Informasi ini didukung dengan adanya bukti "otentik" yang menyatakan bahwa Gravity, pengembang Ragnarok Online dan Ragnarok Online 2, telah memberikan hak lisensi penerbitan Ragnarok Online 2 di Indonesia kepada PT Lyto Datarindo Fortuna, atau yang lebih dikenal dengan Lyto. Sebagai informasi, Lytogame merupakan penerbit Ragnarok Online orisinil di Indonesia.


Klik Gambar Untuk Memperbesar


Namun ketika kru KotGa menelusuri bukti "otentik" tersebut, ternyata perjanjian tersebut dibuat pada tahun 2007. Jika Kotakers tidak mengetahui, Gravity sebelumnya juga telah mengembangkan game Ragnarok Online 2 yang jauh berbeda dari yang ada saat ini. Game Ragnarok Online 2 versi tahun 2007 adalah Ragnarok Online II: The Gate of the World, sedangkan versi yang saat ini ada adalah Ragnarok Online II: Legend of the Second. Pertanyaan pun muncul: "Apakah bukti 'otentik' ini dapat dijadikan sebagai acuan? Apakah bukti otentik ini juga dapat memastikan bahwa Lyto memang mendapatkan hak lisensi dari Ragnarok Online II: Legend of the Second dan bukan Ragnarok Online II: The Gate of the World yang sudah 'dibuang' oleh Gravity?"


Klik Gambar Untuk Memperbesar


Bukti lain yang dipercaya "lebih baru", yaitu pada tahun 2011, menunjukkan bahwa Lyto memang mendapatkan hak lisensi untuk menerbitkan Ragnarok Online 2 di Indonesia, bersama dengan penerbit lain untuk wilayah lain. Walaupun begitu, bukti ini juga masih harus diragukan keotentikannya.

Saat ini pihak Lyto sendiri masih belum memberikan konfirmasi mengenai kebenaran dari rumor ini. Saat dihubungi oleh kru KotakGame, pihak Lyto enggan memberikan jawaban yang pasti dan hanya menjawab "no comment". Well, kita tunggu saja konfirmasi dari pihak Lyto sendiri. Maka dari itu, pastikan Kotakers terus setia memantau perkembangannya di KotakGame ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
alt