NEWS

[VIDEO] Kupas Tuntas Horizon Zero Dawn Secara Langsung, Bersama Sang Developer di Filipina!

Basittt   |   Sabtu, 18 Feb 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

1. Kita tahu, Guerrilla Games selama ini mengembangkan Killzone Series. Awal mulanya bagaimana sih, kok bisa tiba-tiba mengembangkan sebuah RPG yang berjudul Horizon Zero Dawn?

Roland Ijzermans: Jadi, setelah selesai Killzone 3, Guerrilla Games membuka sesi untuk seluruh timnya agar mengeluarkan ide untuk membuat sebuah game baru. Muncul sekitar 40 ide dan pada akhirnya, keseluruhan tim memutuskan bahwa Horizon Zero Dawn lah yang paling menantang untuk dikembangkan. Selain menantang, tema awal dari Horizon Zero Dawn sendiri yang paling disukai seluruh karyawan dari Guerrilla Games.

2. Horizon Zero Dawn ini ada rencana tidak sih untuk dikembangkan lebih lanjut fitur PlayStation VR?

Roland Ijzermans: Jadi, memang Guerrilla Games yang berbasis di Amsterdam tidak ada rencana sama sekali untuk mengembangkan Horizon Zero Dawn ke arah VR. Sebenarnya Guerrilla Games punya studio sendiri di Inggris yang mengembangkan judul lain untuk PlayStation VR, salah satunya berjudul RIGS. Saat PlayStation VR pertama kali muncul, RIGS merupakan judul game yang mereka kembangkan untuk PlayStation VR.

3. Kedepannya, Horizon Zero Dawn bakal mengeluarkan DLC atau tidak sih?

Roland Ijzermans: Belum ada pengumuman tentang DLC, jadi kami tidak bisa mengatakan apa-apa. Saat ini hanya membicarakan tentang garis besar dari Horizon Zero Dawn terlebih dahulu yang akan dirilis akhir Februari nanti.

4. Setelah Horizon Zero Dawn, ada kepikiran tidak sih dari Guerrilla Games untuk mengembangkan game dengan genre yang berbeda lagi, apakah itu Horror, Puzzle, Racing, Strategy dan lain sebagainya?

Roland Ijzermans: Jadi, untuk Horizon Zero Dawn itu sendiri, Guerrilla punya talenta yang bagus dari tim pengembangnya. Mulai dari John Gonzales yang menjadi penulis cerita di game tersebut dan beberapa orang hebat yang pernah bekerja di The Witcher sebelumnya. Kami rasa kita punya tim yang kuat, jadi untuk kedepannya ya kita lihat saja apa yang akan dibuat oleh Guerrilla Games.

5. Mengapa Horizon Zero Dawn menggabungkan Era Mesin dengan sesuatu yang terbilang primitif? Dari mana ide itu datang?

Roland Ijzermans: Dari awal saat Horizon Zero Dawn terpilih diantara 40 ide yang ada, memang konsep game itu sendiri menggabungkan antara era primitif dengan modern. Jika kita lihat keadaan saat ini, kehidupan modern manusia dengan alam liar seperti berada pada tempat yang berbeda. Bisa dibilang kawasan modern berada di perkotaan dan alam liar berada di lingkungan yang jauh dari kota. Nah, di Horizon Zero Dawn sangat berbeda dengan kondisi saat ini, dimana kami menggabungkan alam liar dan dunia modern berada dalam satu wilayah yang sama dan tidak terpisah oleh apapun. Kami ingin membawa pemain untuk melihat keadaan tersebut di Horizon Zero Dawn, saya rasa itu sangat menarik!

Baca ini juga :

» Gak Cuma Modal Seksi Doang! - Stellar Blade Demo Preview
» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» 3 Game “Wah” Ini Akan Mewarnai 22 Maret Kamu
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Jadi Ronin Legendaris di Game Action Adventure Open World Paling Dinanti - Rise of the Ronin Review

6. Ada alasan lain? Sepertinya masih ingin menambahkan?

Roland Ijzermans: Jadi saat awal merancang pembuatan Horizon Zero Dawn, kami masih mencoba-coba dengan memanfaatkan aset dari Killzone, dimana Aloy pertama kali membawa Machine Gun. Setelah melihat hal tersebut, kami sadar dan rasanya itu tidak cocok sama sekali. Melenceng sangat jauh dari ide awal saat Horizon Zero Dawn dipilih untuk dikembangkan, oleh karena itu kami buang Machine Gun dan memutuskan untuk membuat manusia berada dalam keadaan yang lebih primitif, masih menggunakan busur panah, kuda dan lain sebagainya. Sedangkan hewannya sudah semuanya berbentuk robot.

7. Apakah terpikirkan untuk memunculkan Mode Multiplayer pada game ini di masa yang akan datang?

Roland Ijzermans: Mungkin saja di masa yang akan datang, tetapi saya tidak akan banyak berkomentar soal ini. Bisa dibilang untuk saat ini Horizon Zero Dawn hanya untuk Single Player saja, belum terpikirkan untuk ke arah sana.

8. Kesulitan apa sih yang kalian temukan saat mengembangkan Horizon Zero Dawn?

Roland Ijzermans: Yeah, ini benar-benar baru untuk kami dan memberikan banyak tantangan dalam pengembangannya karena sangat berbeda dengan Killzone. Bahkan kami sampai merombak tim dan merekrut banyak talenta hebat yang lebih berpengalaman dalam game Open World, seperti John Gonzales, David Ford dan beberapa orang hebat dari pengembang The Witcher. Berkat dari pengalaman mereka yang telah lebih lama mengembangkan game Open World, maka tim kami juga bisa belajar bersama dari pengalaman tersebut.

9. Kejutan apa yang telah disediakan Guerrilla Games pada Horizon Zero Dawn untuk para gamer?

Roland Ijzermans: Saya pikir misteri yang terdapat pada game ini adalah kejutannya, kami menginginkan para gamer untuk menjelajahi dunia di Horizon Zero Dawn. Kenapa harus robot? Apa yang terjadi pada umat manusia? Darimana Aloy berasal? Apa yang akan Aloy lakukan? Disitulah misteri yang harus para gamer cari tahu sendiri. Maka dari itu Horizon Zero Dawn akan menjadi sebuah petualangan baru yang begitu besar dan memiliki banyak misteri bagi para gamer.

10. Apakah salah kejutannya Aloy akan menggunakan Senjata Api saat bertempur?

Roland Ijzermans: Ya, tentu saja itulah adalah salah satu kejutannya. Tetapi itu tidak benar-benar dari Aloy, jadi Aloy tetap menggunakan senjata primitif. Namun, dari fitur crafting yang begitu kuat pada game ini, maka Aloy memiliki kesempatan untuk mengambil senjata laser dari Raptor yang dikalahkannya, kemudian menggunakan elemen tersebut untuk memperkuat persenjataannya. Jadinya pada akhirnya Aloy memiliki sebuah senjata laser mutakhir yang kuat, tetapi atas hasil dari crafting-nya sendiri menggunakan elemen mesin yang ada saat mengalahkan musuhnya.

11. Ada strategi khusus tidak sih yang dilakukan Guerrilla Games pada pengembangan Horizon Zero Dawn, sehingga bisa mengalahkan RPG lainnya?

Roland Ijzermans: Pada dasarnya, Guerrilla Games selalu berusaha untuk menghadirkan grafis yang mutakhir untuk game yang dibuatnya. Berbicara tentang RPG, pasti selalu memiliki grafis yang baik apalagi dengan dunianya yang begitu luas. Maka dari itu, karena ada pengalaman dari Killzone dan game lainnya, maka Guerrilla lebih memfokuskan pada pengembangan di Open World-nya. Karena pengalaman untuk detail dari grafis bisa dibilang mereka sudah memilikinya dari Killzone, hanya saja perlu di-improve sedikit karena dari Killzone dan Horizon Zero Dawn memiliki latar yang benar-benar berbeda.

12. Apakah ada target khusus dari Guerrilla Games setelah Horizon Zero Dawn diluncurkan? Mungkin target penjualan?

Perwakilan Sony: Kebetulan untuk target penjualan kita tidak bisa share. Tapi objektifnya, Guerrilla Games dan Sony PlayStation ingin menciptakan game yang bagus dan bisa dinikmati semua orang.

Kurang lebih itulah pengalaman Kru KotGa wawancara bersama Roland Ijzermans, Lead Concept Artist dari Guerrilla Games. Bagaimana pendapat Kotakers tentang Horizon Zero Dawn? Share yuk!

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru