NEWS

Mantap! Olimpiade 2024 Di Paris, Perancis Akan Tambahkan Cabang eSports!

Cralizer77   |   Kamis, 10 Aug 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Mimpi eSports masuk dalam salah satu cabang Olimpiade yang diperlombakan kini sepertinya telah menjadi kenyataan, pasalnya Co-president of the Paris Olympic bid committee Tony Estanguet, telah mengatakan bahwa dirinya akan mengadakan pembicaraan dengan beberapa perwakilan eSports dan International Olypic Committe (IOC) mengenai kemungkinan penambahan cabang eSports dalam Olimpiade tahun 2024 nanti.

Dikutip dari situs NBC Sports, Lonjakan peminat eSports akhir-akhir ini membuat banyak generasi muda untuk ikut serta dalam pertandingan turnamen, tidak hanya itu eSporst kini juga telah menjadi bagian yang diperhatikan dalam Asian Games. Nantinya cabang tersebut akan benar-benar masuk menjadi cabang yang diperlombakan pada Asian Games 2022 mendatang, meskipun informasi mengenai beberapa game yang diperlombakan masih menjadi bahan pembicaraan.

Paris akan dikonfirmasikan menjadi tuan rumah diselenggarakannya Olimpiade 2024 pada pertemuan International Olympic Committe di Lima, Peru bulan depan, setelah satu-satunya pesaing, Los Angeles, Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah diacara Olimpiade 2028 berikutnya.

Estanguet percaya bahwa perlombaan olahraga digital harus dianggap sebagai cabang olahraga yang sah jika Olimpiade ingin mempertahankan relevansinya untuk para penggemar generasi saat ini.

Dalam sebuah wawancara dengan AP di London, Estanguet mengatakan bahwa penambahan cabang eSports ini bukan dilandaskan dari persepsi petinggi penyelenggara Olimpiade, tetapi dirinya melihat bahwa generasi muda saat ini sangat tertarik dengan eSports dan hal semacamnya, oleh sebab itu Estanguet bertemu dan ingin bisa menemukan jembatan penghubung antara Olimpiade dengan eSports.

Program cabang yang diperlombakan pada Olimpiade 2024 nanti akan diputuskan pada tahun 2019, dimana keputusan akhir mengenai penambahan cabang olahraga di Olimpiade 2024 di Paris akan diambil oleh IOC setelah Olimpiade Tokyo 2020.

Belum lama ini juga sempat muncul kabar mengenai CEO Alisports Zhang Dazhong dan presiden OCA Ahmad Fahad Al-Sabah telah mengumumkan cabang eSport akan masuk dalam ajang Asian Games. Perusahaan internet terbesar di Tiongkok, Alibaba telah bekerja sama dengtan Dewan Olimpiade Asia untuk menghadirkan cabang eSports dalam perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia dan pada Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok.

Baca ini juga :

» Selain #TOSDULU, Kolaborasi RRQ & EVOS Juga Hadirkan T-Shirt Keren!
» Masih Unbeaten, AP Bren dan ECHO Esports Jadi yang Terkuat di Minggu Awal MPL PH Season 13!
» Mengkeren! Pro Player Overwatch Korea Main Piano Saat Sedang Spawn Pada Pertandingan Penentuan!
» Kembali Ciptakan Meta Baru, Freya Goldlane Akhirnya Hadir di MPL PH Season 13!
» Bangga dengan Talenta Indonesia, Coach Justin Kaget Bahwa Esports Indonesia Miliki Banyak Prestasi!

Alibaba, lewat divisi Alisport telah menginvestasikan dana sebesar USD 150 juta terhadap perkembangan eSport untuk beberapa tahun kedepan. Perusahaan tersebut juga telah menjalin kerja sama dengan (Federasi eSports Internasional) IeSF yakni federasi yang memiliki tujuan utama membawa eSports sebagai cabang olah raga yang diakui dunia serta pernah menjadi panitia penyelenggara World Electronic Sports Games (WESC), salah satu turnamen multi-game dengan hadiah terbesar dengan total sebesar USD 5.5 juta.

Semoga saja dengan adanya keputusan para petinggi Olimpiade ini dapat memberikan hal positif mengenai keberadaan eSports yang masuk dalam cabang olahraga yang turut diperlombakan.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru