NEWS

Pokemon GO Mungkin Jadi Penyebab Dari 100.000 Kecelakaan dan Kerugian Hingga di Atas 20 Triliun

VolkanKaya   |   Kamis, 30 Nov 2017

Sejak dirilis pertama kali tahun lalu, Pokemon GO berhasil menjadi game yang sangat populer dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Mengusung gameplay Augmented Reality, kamu sebagai gamer dipaksa untuk melakukan aktivitas diluar rumah dan saling berinteraksi dengan pemain lain dalam berburu Pokemon. Walaupun hadir dengan manfaat yang baik, tapi ada juga efek negatif dari konsep gameplaynya.

Efek negatifnya sendiri ada bermacam-macam, mulai dari gamer yang menerobos rumah orang tanpa izin untuk berburu Pokemon, hilangnya konsentrasi saat berkendara sambil bermain, kerusakan properti akibat kecelakaan dan kecerobohan gamer, bahkan situasi yang mengancam nyawa sekalipun. Salah satu pengamatan terbaru dari Purdue University semakin menguatkan hal ini.

Baca ini juga :

» Sony Jalin Kerjasama Dengan AMD Untuk Kembangkan CPU PlayStation 5?
» Sony Konfirmasi PlayStation 4 Sudah Memasuki Masa Terakhirnya
» Steam Dianggap Tidak Aman, Developer Game Dewasa Mulai Beralih ke GOG
» Pokemon Versi Alola dari Sun dan Moon Akan Hadir Dalam Update Terbaru Pokemon Go!
» Para Fans Membuat Petisi Untuk Mempertahankan Game Dewasa di Steam

Dalam pengamatan ini, tim studi memeriksa laporan kepolisian yang hanya berfokus pada Tippecanoe County. Indiana. Dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan, dimana insiden kecelakaan yang menyebabkan kerugian hingga USD 500.000, 37 korban luka ringan, dan 2 luka parah ternyata disebabkan oleh pengaruh Pokemon GO.

Dengan data dari satu daerah saja, tim studi berhasil membuat sebuah perkiraan kerugian untuk seluruh wilayah Amerika Serikat. Walaupun hanya sekedar perkiraan berdasarkan rumus saja, data ini sudah cukup untuk memberikan gambaran akurat. Berdasarkan penelitian terbaru mereka, tim studi percaya kalau Pokemon GO ikut menjadi penyebab dalam 140.000 insiden kecelakaan, 250 luka parah, dan total kerugian properti hingga mencapai angka 20 triliun lebih.

Pastinya setiap gamer memiliki pendapat masing-masing mengenai dampak sebenarnya yang mereka rasakan dari Pokemon GO. Tapi mengingat efek negatif yang parah seperti ini, sangat disayangkan juga sebenarnya jika tren game berbasis Augmented Reality semakin mendapatkan respon buruk kedepannya. Untuk saat ini kita hanya bisa berharap, semoga saja pihak developer mau melakukan suatu terobosan baru untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih seru dan aman.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru