NEWS

Pihak TNI Sekarang Juga Memanfaatkan Video Game Untuk Simulasi Latihan Perang

Fadhil Baladraf   |   Kamis, 22 Feb 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Perkembangan era teknologi yang semakin maju tidak terasa sudah mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan dan berbagai bidang. Salah satu contohnya adalah pihak keamanan negara seperti Polisi dan Tentara Nasional, yang sudah mulai memanfaatkan video game sebagai sarana untuk melakukan berbagai pelatihan dan simulasi. Alasan kenapa memilih video game sendiri karena semua asset yang dibangun di dalamnya sudah dirancang dengan skenario khusus dan dapat diatur dengan mudah.

Lewat salah satu postingan di fanspage Forum Sejarah & Militer dan website resmi Paskhas, diketahui ternyata penerapan simulasi latihan perang lewat video game sudah diterapkan di markas TNI Margahayu di wilayah Bandung. Lewat kunjungan komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI T. Seto Purnomo, dia juga memberi pengarahan kepada para prajurit untuk merawat fasilitas dan memastikan sistem PC selalu berada dalam kondisi maksimal saat menjalankan game simulasi tersebut.

Baca ini juga :

» Terus Ekspansi! CEO Bigetron Esports Spill Mereka Akan Kembali Tambah Dua Divisi Baru!
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Founder T-Series Mendorong Persatuan India agar Tidak Tersalip dengan MrBeast dalam Subscriber YouTube
» My Lovely Daughter dan My Lovely Wife Sekarang Bisa Dimainkan di GameQoo
» iShowSpeed Rayakan 24 juta Subscriber YouTube dengan Loncat ke Setup Streamingnya!

Penerapan sistem ini sudah digunakan oleh berbagai aparat keamanan negara lainnya. Salah satu yang menunjukkan perkembangan terbaru adalah program EDGE. Game simulasi yang dikembangkan oleh militer US dan Homeland Security ini menawarkan gameplay FPS, dimana pemain harus menyelesaikan berbagai skenario genting yang dihadapi oleh petugas kepolisian, pemadam kebakaran, EMS, hingga guru sekolah yang mendapati insiden penyerangan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan mendominasi, mungkin saja nantinya simulasi dengan video game akan hadir dengan format yang jauh lebih berbeda lagi.

Sumber: Forum Sejarah & Militer dan Paskhas.mil.id

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru