NEWS

[REVISIT] Kingdom Hearts, JRPG Fenomenal Dengan Cita Rasa Dunia Disney

Fadhil Baladraf   |   Selasa, 27 Feb 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Apa jadinya jika developer Square Enix yang berpengalaman dalam menghadirkan JRPG berkualitas berkolaborasi dengan perusahaan animasi ternama Disney? Pastinya proyek game apapun yang mereka rilis akan mengundang rasa penasaran dari banyak gamer hingga mancanegara. Dari kolaborasi keduanya inilah Kingdom Hearts lahir sebagai franchise JRPG pertama yang memadukan konsep dunia paralel Final Fantasy dengan seri animasi barat Disney. Walaupun menarik banyak perhatian gamer dari berbagai kalangan, game ini sempat mendapatkan kritik karena implementasi dunia Disney yang dirasa kurang cocok dengan genre JRPG.

Resmi dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2002 lalu, Kingdom Hearts akhirnya menjawab keraguan gamer dengan kualitasnya yang mengejutkan dan tidak terkesan terlalu kekanak-kanakan. Jika kebanyakan JRPG biasanya menawarkan gameplay turn-based atau real-time action dengan command attack otomatis, Kingdom Hearts justru memberikan kesempatan bagi pemain untuk mengendalikan seluruh jalannya permainan dengan kemampuan murni. Jadi disini kamu benar-benar dituntut untuk bertarung, memberikan support, hingga melancarkan serangan kombinasi secara manual. Dengan sisi aksi yang dominan ini, kamu akan mendapatkan kepuasaan lebih saat mengalahkan musuh yang kuat.

Baca ini juga :

» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» [RUMOR] God of War Ragnarok Baru Akan Rilis di PC Pada Tahun 2025
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rumor PlayStation 5 Pro Bakal Punya Spek Lebih Tinggi dan Fitur Upscaling Hingga Resolusi 8K!
» Final Fantasy XVI Akan Tuju PC Tahun Ini Dengan Spek Yang Agak Tinggi

Lalu bagaimana dengan jalan ceritanya sendiri? Walaupun franchise ini terhitung cukup besar, Kingdom Hearts mengawali pembukaan ceritanya dengan sangat sederhana dimana kamu berperan sebagai karakter utama bernama Sora yang memulai perjalanan untuk mencari temannya yang hilang. Kamu nantinya akan bertemu dengan banyak karakter ikonik dari dunia Disney seperti Goofy, Mickey, Donald Duck, dan masih banyak lagi. Seiring berjalannya permainan, kamu akan mulai merasa kalau plot dalam Kingdom Hearts menjadi jauh lebih dalam dan serius, yang juga semakin menghilangkan kesan kekanak-kanakannya.

Ragam aktifitas yang bisa kamu lakukan diluar misi utama ada banyak dan memiliki variasi unik lewat side quest. Salah satu yang menurut Kru KotGa paling menarik adalah misi untuk mencari 99 anjing dalmatians, mendapatkan item langka untuk membuat Ultime key chain yang kuat, mendesain kapal gummi buatan sendiri, hingga mengikuti turnamen seru di Olympus Coliseum. Bicara soal koleksi soundtrack, Kingdom Hearts adalah rajanya. Mulai dari lagu klasik seperti "Under the Sea" hingga alunan menawan "Simple and Clean" yang dibawakan Utada Hikaru.

Awalnya Kru KotGa memang khawatir dengan pendekatan dunia Disney yang rasanya tidak cocok dengan seri JRPG. Tapi setelah mencoba gamenya secara langsung, ternyata Kingdom Hearts jauh lebih baik dari apa yang dibayangkan. Kesan kekanak-kanakan dan tidak cocok memang masih terasa, tapi mulai dari jalan cerita, karakter, gameplay, soundtrack, hingga variasi konten dalam game ini benar-benar dibangun sempurna. Jadi bagi kamu yang sebelumnya sempat ragu, sekaranglah saatnya untuk mencoba JRPG klasik yang fenomenal ini.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru