NEWS

Hands-On ASUS ROG Strix GL503VS Scar Edition, Notebook Jagoan untuk Gamer FPS

Master-Fakry   |   Senin, 19 Mar 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Dalam artikel ini, Kru KotGa membahas tentang versi paling mantap dari gaming notebook seri ASUS ROG Strix GL503 Scar Edition, yakni GL503VS yang kartu grafisnya adalah Nvidia GeForce GTX1070 8GB.

Sebelum masuk ke pengalaman ketika menggunakan notebook ini, Kru KotGa sebutkan spesifikasi jeroannya dulu nih, yaitu prosesor Intel Core i7-7700HQ 2,8 GHz (hingga 3,8 GHz), RAM sebesar 32GB DDR4, media penyimpanan sebesar 1TB SSHD, dan 256 PCIe G3x4 SSD (dengan SSD, sistem operasinya bisa dijalankan dengan sangat cepat alias ngebut). Mengganti RAM di Laptop ini juga mudah, tersedia satu slot RAM SO-DIMM yang mendukung RAM DDR4 hingga 32 GB.


Setelah itu, yuk kita intip salah satu keunggulan lainnya dari GL503VS, yaitu layarnya. GL503VS adalah notebook gaming yang dilengkapi dengan layar wide berukuran 15.6 inci beresolusi Full HD (1920x1080p) yang refresh rate-nya mencapai 144Hz. Layar tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur anti-glare dan teknologi G-SYNC. Refresh rate setinggi itu sangat cocok untuk kamu yang gemar memainkan game competitive first person shooter (FPS) seperti Counter-Strike: Global Offensive dan Overwatch. Namun, notebook ini tetap oke banget untuk menjalankan game PC berat seperti The Witcher III.


Playing The Witcher III

Dengan spesifikasi tersebut, notebook ini dijamin bisa menjalankan berbagai game terkini dengan mulus. Namun, bicara mengenai spefikasi, nampaknya kurang lengkap kalau Kru KotGa belum menunjukkan hasil benchmark-nya. Berikut adalah hasil benchmark dari ASUS ROG Strix GL503VS dalam setting Extreme atau performa terbaiknya yang diatur melalui Gaming Center (bisa diakses dengan menekan tombol berlogo ROG pada keyboard).


3DMark Fire Strike


CrystalDiscMark


Cinebench R15

GL503 dibangun dalam desain yang elegan, tampil sangar, namun tetap memiliki bobot yang tergolong ringan di kelasnya. Notebook yang berdaya baterai 62 Wh dengan 230 W power adapter ini memiliki dimensi panjang 38,4 cm, lebar 26,2 cm, dan ketebalan 2,5 cm. Sementara itu, dengan spesifikasi yang tinggi dan material yang solid, GL503 hanya memiliki bobot lebih kurang 2,5 kg saja. Dengan dimensi serta bobot sebesar itu, gamer akan lebih leluasa untuk membawa notebook dengan sistem operasi Windows 10 ini ke manapun untuk gaming kapanpun.

Lanjut lagi ke bagian yang bisa dibilang cukup senfitif untuk gamer, khususnya gamer FPS, yaitu keyboard-nya. GL503VS punya desain keyboard yang menurut Kru KotGa nyaman, jaraknya tidak terlalu renggang atau sempit, key-nya terasa empuk ketika ditekan, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah backlit RGB yang berguna sebagai penerangan dalam mengetik ketika dioperasikan pada ruangan atau tempat bercahaya redup sekaligus membuat tampilannya semakin keren. Anti-ghosting 30 key rollover keyboard juga sudah diterapkan pada GL503VS, teknologi yang membuat input yang diberikan oleh pengguna pada keyboard tidak ada yang terlewat walaupun 30 key ditekan bersamaan.


Keyboard

Setelah melihat spesifikasi dan tampilan yang mantap dari notebook yang dibandrol IDR 38.299.000 per unit ini, sekarang kita lihat kelengkapannya. ROG Strix GL503VS memiliki 4 port USB 3.0, 1 port USB 3.1 Type-C, 1 port HDMI port, 1 mini port, dan 3-in-1 cardreader (SD/SDXC). Untuk gamer yang doyan live-streaming, GL503VS juga dilengkapi dengan built-in HD camera dan array mic sehingga kamu tidak perlu repot untuk memasang webcam atau mic eksternal. Tentang konektivitas, notebook ini pastinya telah dilengkapi dengan bluetooth dan Wifi. Tidak ketinggalan, GL503VS juga dilengkapi stereo speaker dengan hasil suara yang cukup baik.


Tampak kanan


Tampak kiri

Mengenai audio, GL503VS mampu mengkombinasikan tuning perangkat keras dan perangkat lunak untuk memberikan profil akustik yang ideal untuk berbagai aktivitas melalui teknologi Sonic Studio III. Profil khusus memberi pengguna kontrol penuh atas penyempurnaan audio. Kamu juga dapat membuat profil sendiri untuk memanipulasi frekuensi tertentu, kemudian menyimpan dan berbagi konfigurasi dengan pengguna lain.

Baca ini juga :

» Inilah AI Gaming Laptop 14-inci Terbaik Saat Ini: ROG Zephyrus G14
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» Laptop AI Tertipis & Teringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED, Mendarat di Indonesia
» Ini Dia Prototype Game Horor Indonesia yang Keren Abis! Tencent Mau Buat Game Mirip Palworld?
» ASUS SmartO MD200 Silent Plus, Seri Mouse Pro Nirkabel

Sekarang tentang suhunya nih. Sama seperti dengan varian GL503 lainnya, selain pada bagian belakang, GL503VS punya ventilasi udara di bagian atas yang memungkinkannya untuk mendapatkan udara segar dari bagian atas. Tak hanya datang dengan desain baru, GL503VS Scar Edition juga hadir dengan sistem pendingin yang baru, tidak hanya satu buah fan untuk mendinginkan seluruh sistem. Dengan perubahan sistem pendingin, GL503VS berhasil menjaga suhu kerjanya di angka lebih baik. Suhu prosesor tertingginya berada di angka 80 derajat Celsius saat diuji dengan aplikasi Intel Extreme Utility, sedangkan untuk kartu grafis GTX 1070 8GB, suhu maksimal yang berhasil dicatat berada di angka 76 derajat Celsius pada pengujian Unigine Heave 4.0 dengan setting Extreme.


Demikianlah pengalaman Kru KotGa pasca mencoba secara singkat untuk ASUS ROG GL503VS. Kru KotGa sadar secara kasat mata, harga yang dibandrol untuk notebook ini tidak bisa dibilang murah juga. Hanya saja, itu harga yang layak dibayarkan untuk spesifikasi, material body, keamanan dan segala teknologi yang dimiliki notebook ini.

Jika kamu adalah gamer FPS yang gemar berkompetisi dan memiliki budget yang pas untuk memiliki notebook ini, rasanya GL503VS adalah laptop gaming yang tepat untuk kamu. Tidak hanya karena spesifikasi yang tinggi berkat dukungan prosesor Intel Core i7-7700HQ dan memori DDR4 sebesar 32GB serta kartu grafis GeForce GTX 1070 8GB, namun hadirnya layar 144Hz pada laptop gaming berukuran 15,6 inci ini juga akan memberikan pengalaman bermain FPS yang terbaik. Apalagi mengingat game bergenre FPS kebanyakan memiliki fase dan membutuhkan repson yang cepat, layar ber-refresh rate 144Hz di GL503VS Scar adalah solusi terbaik untuk membantu kamu untuk jadi The Champion.



(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru