NEWS

Wawancara Dengan Andrew Tobias, Kata Pria Tentang Karir Wanita di Industri Esports Indonesia

VolkanKaya   |   Sabtu, 21 Apr 2018

Hari Kartini adalah peringatan untuk kaum wanita. Dan sebaiknya, untuk pandangan terhadap karir wanita di kancah esports Indonesia dipaparkan oleh wanita, tetapi tidak ada salahnya kalau kali ini Kru KotGa mengambil sudut pandang dari seorang pria. Mengingat pengamat ini termasuk yang history-nya di dunia esports sudah banyak sehingga pendapatnya Kru KotGa nilai bisa dijadikan rujukan.

Masih bicara tentang kiprah wanita di industri esports, kali ini Kru KotGa mewawancarai seorang pengamat esports Indonesia yang wajah dan namanya sudah cukup dikenal. Ia adalah Andrew Gunawan atau lebih dikenal dengan nama Andrew Tobias.

Andrew Gunawan/Andrew Tobias


Ingin tahu pendapat Andrew tentang karir wanita dan esports? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.


Kru KotGa: Jelasin dong, karir apa sih yang kamu geluti di industri esports?

Andrew: Saat ini, saya bekerja di salah satu perusaahan gaming gear (Logitech G) dan menjabat sebagai Cluster Category (Gaming) Manager. Sebelumnya, pada 2015 saya bersama rekan saya Billy Junior membuat national wide gaming event dengan nama World of Gaming yang diadakan bersamaan dengan pembukaan Indonesia Convention Exhibition (ICE). Setelah ada kesempatan, pada tahun 2016 saya ditawarkan oleh salah satu perusahaan kartu grafis raksasa dunia (NVIDIA) untuk bergabung menjadi country team dan saat itu menjabat sebagai community manager.

Bisa dibilang, saya adalah orang komunitas. Saya konsisten dari tahun 2008 hingga sekarang berada di tengah komunitas yang dulunya DotA sekarang menjadi Dota 2. Saya pengada tournament warnet keliling pada zamannya, konsisten mengadakan event-event DotA. Pada waktu itu, scene professional seperti sangat dikucilkan dan di-banned di tournament mana saja. Saya juga konsisten bikin tournament open meskipun pesertanya sedikit, yang penting yang professional juga bisa ikutan bertanding. Selain itu, saya juga pernah menjadi penjual voucher game online via forum sampai menjadi manager untuk warnet pun pernah dijalani.

Andrew dan Jess No Limit


Kru KotGa: Menurut kamu, apakah saat ini industri esports di Indonesia sudah cukup bagus untuk karir seorang wanita?

Andrew: Saya malah menganggap wanita yang bergelut di scene eSports Indonesia memegang peranan penting dan apabila wanita tersebut sangat mahir baik dalam hal bermain maupun menyuguhkan konten hiburan, mereka dapat menjadi artis top, mengingat sebagian besar aktor di kancah esports adalah kaum adam.

Beruntung teman-teman wanita yang sekarang sudah ada di scene-nya. Perkembangan yang saya rasakan saat ini cukup pesat, 2 sampai 3 tahun lagi dengan semakin besarnya layar esports tanah air, saya prediksikan Indonesia akan kekurangan talent-talent apabila jumlahnya hanya seperti sekarang yang itu-itu saja.

Artikel yang diusung oleh KotakGame ini sangat baik dan dapat menjadi ajakan sekaligus pertimbangan bagi para pembaca wanita agar bisa memperhitungan kesempatan besar yang langka ini.

Baca ini juga :

» Grand Final PINC Hari Pertama, Bigetron Esports Sangat Mendominasi!
» Setelah KFC, Kali Ini Indomie Juga Memasuki Ranah Esports!
» ESL One Hamburg 2018 Group Stage Sudah Rilis, EVOS Fix Duduki Tempat TNC
» PUBG Indonesia Nasional Championship (PINC) Demi Masa depan Esports Indonesia yang Lebih Baik
» Total 16 Tim akan Saling Memperebutkan Gelar Juara di Babak Grand Final PINC 2018


Kru KotGa: Selain jadi atlet esports, karir apa lagi sih yang bisa digeluti oleh wanita di scene esports Indonesia?

Andrew: Sejujurnya, ranah esports memiliki elemen yang sama dari pekerjaan-pekerjaan pada umumnya. Pewarta berita, pelatih, psikolog tim, caster, manager, pemilik tim, pengolah bisnis (Business Developer) dan lainnya yang bisa disinkronisasikan antara pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada saat ini di tengah masyarakat dengan dunia esports yang mungkin belum saya sebutkan.


Kru KotGa: Menurut kamu, siapakah tokoh/tim esports wanita di Indonesia yang paling inspiratif?

Andrew: Untuk yang terdahulu saya melihat konsistensi dan tekad yang luar biasa dari sosok Ridha "AudreyFF" Audrey. Alasannya, tentu tidak perlu dipaparkan lagi, yakni sebagai pemilik dan pencetus tim Female Fighters/FF Gaming.

Untuk sosok lainnya, saya melihat Larrisa "Rocherfort" adalah sosok idola yang dinantikan. Selain humble, Larissa merupakan sosok yang memiliki banyak talenta di dunia game. Bisa main game, jago cosplay, dan punya pendidikan yang baik, terutama dari segi komunikasi bahasa. Role model yang patut dijadikan contoh sebagai srikandi esports Indonesia.


Kru KotGa: Terakhir, apa nih kamu untuk esports yang lebih baik, khususnya untuk gamer wanita?

Andrew: Esports bukan hanya sebuah tren, tapi sudah terbukti prestasinya bagi Indonesia. Tahun ini (2018) merupakan tahun keemasan bagi esports Indonesia. Jangan telat untuk mengambil momentnya dan ambilah bagian terdepan dalam industri ini supaya kelak kita bisa sukses bersama.

Kita patahkan konotasi negatif tentang bermain game. "Wong saya aja konsisten main game dari kecil." Terus kerjakan apa yang namanya dulu itu cuma sekedar pertandingan game yang mana istilah kekiniannya adalah esports. Dulu, orang tua sempat melarang, tapi sekarang malah tanya "Andrew mau ngapain aja di eSports?"

Pesan saya buat orang tua di luar sana, apabila ada yang membaca artikel ini agar memberikan anak-anak waktu bermain, karena dampak positifnya banyak. Dijaga saja supaya semua porsinya berimbang dari segi waktu dan kegiatan lain di luar dunia akademik. Niscaya kita bisa maju bersama di bidang ini.


Itulah wawancara Kru KotGa dengan Andrew. Bagaimana, menarik bukan? Jika kamu, khususnya pria, punya pendapat tentang karir wanita di industri esports Indonesia, brikan pendapat di kolom komentar, ya!

Apabila kamu merasa bahwa artikel ini menarik, mencerahkan dan berguna, jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Akhir kata, selamat Hari Kartini untuk semua wanita di seluruh Indonesia!

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru