NEWS

Penjualan Manga Melonjak, Kalahkan Penjualan Komik Marvel dan DC!

Culdesacc   |   Sabtu, 26 May 2018

Akses Internet yang mudah dan pembajakan lewat scanlation kadang membuat orang berpikir bahwa Manga akan sulit sekali bersaing dengan komik-komik Amerika seperti buatan DC Comics ataupun Marvel. Namun, dalam sebuah panel di New York City Comic Con di Amerika, data membuktikan bahwa penjualan Manga kini melonjak dan mengalahkan penjualan komik Marvel dan DC!

Baca ini juga :

» Blade Terbukti Menjadi Inspirasi Utama Dari Kesuksesan Film Marvel
» Terjadi Lagi, Tom Holland Bocorkan Judul Spider-Man 2
» Benedict Cumberbatch Pastikan Doctor Strange Hadir Kembali Setelah Infinity War?
» Ini Dia Keberadaan Ant-Man Selama Infinity War!
» Keren! Final Trailer Live Action Bleach Perlihatkan Duel Ichigo Melawan Byakuya!

Dilansir lewat Goboiano, seorang jurnalis bernama Heidi MacDonald dari Comic Beat mengupload beberapa hasil presentasi dari sebuah panel di New York City Comic Con yang menjelaskan tentang pergerakan industri komik di Amerika. Ia menjelaskan bahwa saat ini Viz Media, publisher yang menerbitkan komik dari Shonen Jump di Amerika saat ini memiliki pangsa pasar sebanyak 23% di Amerika, sedangkan DC 14% dan Marvel sebesar 10%.

Selain itu, disebutkan juga kalau belakangan ini pasar tengah merujuk ke anak-anak karena mudahnya akses komik yang bisa dibeli lewat toko-toko retail besar seperti Target dan Walmart. Toko-toko hobi menjadi kurang diminati karena sekarang pembeli bisa langsung membeli ke toko-toko besar.

Perubahan pergerakan ini dianggap sesuatu yang tadinya mustahil karena maraknya pembajakan komik lewat scanlation dan anime yang dapat didownload dengan mudah berkat akses internet. Namun, pembeli-pembeli muda juga merupakan faktor penting dalam pergerakan sebuah industri agar tetap dapat berkembang. Dengan 'kalah'-nya Marvel dan DC di negara sendiri, apakah berarti kedepannya akan lebih banyak komik yang mengambil gaya Manga?

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru