NEWS

Penjualan Manga Melonjak, Kalahkan Penjualan Komik Marvel dan DC!

Culdesacc   |   Sabtu, 26 May 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Akses Internet yang mudah dan pembajakan lewat scanlation kadang membuat orang berpikir bahwa Manga akan sulit sekali bersaing dengan komik-komik Amerika seperti buatan DC Comics ataupun Marvel. Namun, dalam sebuah panel di New York City Comic Con di Amerika, data membuktikan bahwa penjualan Manga kini melonjak dan mengalahkan penjualan komik Marvel dan DC!

Baca ini juga :

» [RUMOR] NetEase Sedang Mengembangkan Game Marvel FPS AAA Dengan Judul Marvel Rivals
» Eiichiro Oda Ambil Libur Panjang, Manga One Piece Libur Selama Tiga Minggu Setelah Chapter 1111 Rilis!
» MultiVersus Mengonfirmasi Tanggal Rilis Baru, Banyak Perubahan Besar yang Akan Datang
» Tidak Hanya New Game Plus! Marvel’s Spider-Man 2 Berikan Banyak Fitur Baru Di Update Terbarunya
» RIP Akira Toriyama (1955-2024), Mangaka Legendaris Dragon Ball Tutup Usia di Umur 68 Tahun

Dilansir lewat Goboiano, seorang jurnalis bernama Heidi MacDonald dari Comic Beat mengupload beberapa hasil presentasi dari sebuah panel di New York City Comic Con yang menjelaskan tentang pergerakan industri komik di Amerika. Ia menjelaskan bahwa saat ini Viz Media, publisher yang menerbitkan komik dari Shonen Jump di Amerika saat ini memiliki pangsa pasar sebanyak 23% di Amerika, sedangkan DC 14% dan Marvel sebesar 10%.

Selain itu, disebutkan juga kalau belakangan ini pasar tengah merujuk ke anak-anak karena mudahnya akses komik yang bisa dibeli lewat toko-toko retail besar seperti Target dan Walmart. Toko-toko hobi menjadi kurang diminati karena sekarang pembeli bisa langsung membeli ke toko-toko besar.

Perubahan pergerakan ini dianggap sesuatu yang tadinya mustahil karena maraknya pembajakan komik lewat scanlation dan anime yang dapat didownload dengan mudah berkat akses internet. Namun, pembeli-pembeli muda juga merupakan faktor penting dalam pergerakan sebuah industri agar tetap dapat berkembang. Dengan 'kalah'-nya Marvel dan DC di negara sendiri, apakah berarti kedepannya akan lebih banyak komik yang mengambil gaya Manga?

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru