NEWS

Review ASUS ZenFone Live L1 3/32 - Penyimpanan Lega, Aktivitas Lebih Bebas

Master-Fakry   |   Jumat, 07 Sep 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Belakangan, semakin banyak smarphone yang hadir dengan layar berukuran 6 inci, mengingat semakin banyak pengguna yang menggunakan smartphone untuk keperluan hiburan, khususnya nonton video YouTube dan film melalui aplikasi video on-demand. Hanya saja, tidak semua orang butuh dengan smartphone dengan layar terlalu lebar, sebagian lebih suka dengan yang layarnya sedang, sekitar 5 inci.

Saat ini, ukuran layar menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan smartphone, karena ukuran telapak tangan dari pengguna atau penggunaannya itu sendiri bervariasi, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Layar yang lebih besar lebih nyaman untuk pengguna yang gemar nonton di smartphone atau lebih cocok bagi para orang tua yang membutuhkan teks yang lebih besar untuk dibaca. Sementara layar yang kecil lebih nyaman untuk dioperasikan karena semua panel di layar sentuhnya bisa dijangkau hanya dengan satu tangan, dan tentu saja lebih ringkas untuk dibawa.


Layar

Bagi Kru KotGa yang gemar lari sambil membawa ponsel, smartphone berukuran layar 5,5 inci akan lebih mudah dibawa dibanding dengan yang berukuran 6 inci ke atas. Ponsel yang terlalu besar kurang nyaman ketika disimpan di kantong baju atau celana, sebab resiko terjatuh atau tergelincir ketika sedang beraktivitas juga makin tinggi. Selain itu, layar berukuran 5,5 inci menurut Kru KotGa adalah yang paling ideal untuk semua kalangan.

Nah, kali ini Kru KotGa punya rekomendasi smartphone dengan layar 5,5 inci yang kutakhir serta dilengkapi dengan fitur pendukung yang mantap, yakni ASUS ZenFone Live L1. Ponsel dengan kode model ZA550KL ini punya dua varian berdasarkan RAM dan internal storage-nya. Apabila sebelumnya sudah diulas tentang versi RAM 2 GB dan internal storage 16 GB (2/16), kali ini bakal dibahas tentang versi yang lebih powerful, yakni RAM 3GB dan internal storage 32 GB (3/32).

Setelah digunakan oleh sistem dan aplikasi bawaan sebanyak lebih kurang 9 GB, sisa internal storage yang bisa digunakan pada ponsel ini adalah 23 GB. Kalau penyimpanan lebih lega seperti ini, aktivitas mengunduh aplikasi dan menyimpan foto atau video pun jadi lebih bebas. Kalau penyimpanan bawaannya masih kurang juga, kamu bisa kok tambah kapasitasnya menggunakan micro SD hingga 2 TB.


SIM card dan micro SD tray

Dengan RAM sebesar 3GB, melakukan multi-tasking atau buka banyak aplikasi sekaligus pun jadi lebih lancar dan nyaman.

Secara umum, selain perbedaan RAM dan internal storage, spesifikasi hardware dan software antara 2/16 dengan 3/32 memang tidak ada perbedaan. Prosesor menggunakan Qualcomm Snapdragon 425 (MSM8917), baterai 3000 mAh, slot dual SIM card (nano), micro SD up to 2 TB, kamera belakang 13MP dengan LED flash, kamera depan 5MP dengan LED flash, serta ZenUI 5.

Dari segi desain juga sama persis, sisi kanan body ada tombol volume dan power, sebelah kiri terdapat SIM card tray, atas ada audio jack 3.5 mm, dan bawah terdapat speaker dan power socket sekaligus data transfer port.


Sisi kanan


Bagian bawah


Tampak atas

Menggunakan layar HD+ (1440x720) dengan teknologi FullView dengan rasio 18:9, pada layar sebelah atas terdapat phone speaker, kamera depan 5MP beserta LED flash dan sensor. Sementara bagian belakang body terdapat kamera belakang 13MP beserta LED flash di pojok kiri atas dan logo ASUS di bagian tengahnya.


Bagian belakang smartphone

Key spec ZenFone Live L1:

  • Layar 5,5 inci
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 425
  • 3GB RAM
  • 32GB internal storage + Micro SD
  • Android Oreo OS 8 dengan ZenUI 5.0
  • Kamera belakang: 13MP
  • Kamera depan: 5MP
  • Dimensi: 147,3 x 71,8 x 8,3 mm
  • Bobot: 140 gram
  • Baterai 3000 mAh
  • Dual nano SIM card

Masuk ke hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera belakang.


Mainan outdoor


Mainan outdoor


Tanaman plastik outdoor


Bunga plastik outdoor


Mainan indoor


Kotak gadget indoor

Ini hasil dari kamera depan.


Selfie outdoor


Masih outdoor


Yang ini indoor

Berdasarkan spesifikasi dan kinerjanya, menurut pendapat Kru KotGa, smartphone Android ini cocok banget untuk kamu yang suka eksis di media sosial (medsos), mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan sejenisnya.


Kamera belakang

Berdasarkan hasil foto yang telah Kru KotGa ambil dan tampilkan di atas, kamu bisa simpulkan sendiri tentang kualitas kamera ASUS ZenFone Live L1 3/32. Menutur Kru KotGa sih, hasilnya sudah cukup bagus, khususnya ketika mengambil gambar di outdoor.

Meski tidak dilengkapi fingerprint scanner, soal keamanan, ZenFone Live L1 sudah dilengkapi dengan fitur face unlock (face recognition). Jadi tinggal tunjukin wajah kamu ke depan layar (literally, di depan kamera depan) untuk melakukan unlock. Hanya saja, face unlock di ponsel ini kurang optimal, sebab perlu pencahayaan yang baik serta posisi wajah yang pas untuk mengaktifkannya, kalau tidak terpenuhi maka proses unlock akan gagal. Namun tenang, kalau gagal terus, ASUS juga mengkombinasikan face unlock dengan pattern, PIN maupun password untuk alternatif unlock.

Baca ini juga :

» ASUS ProArt Umumkan Penawaran Spesial ProArt Bertema Create with the Best
» Meta Kerjasama Dengan ASUS Buat Kembangkan Next Generation VR Headset Pakai Meta Horizon OS
» Inilah AI Gaming Laptop 14-inci Terbaik Saat Ini: ROG Zephyrus G14
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» Laptop AI Tertipis & Teringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED, Mendarat di Indonesia

Demikianlah ulasan tentang ASUS ZenFone Live L1 3/32. Jika kamu tertarik untuk menjadikan smartphone yang tersedia dalam pilihan warna Space Blue, Rose Pink, Shimmer Gold dan Midnight Black ini sebagai hak milik, 1 unit ZenFone Live L1 3/32 dibandrol dengan harga resmi Rp1.699.000.

Eksis terus di medsos dengan ZenFone Live L1.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru