NEWS

Seniman Jepang Mengungkapkan Buruknya Industri Anime dari Sudut Pandang Animator

Billy Mariza   |   Minggu, 28 Apr 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Dengan karir selama dua dekade di industri anime dan dengan pemahaman bahasa Inggris yang cukup baik, desainer animator dan karakter Terumi Nishii sepertinya menjadi duta besar yang sempurna untuk media animasi Jepang.

Tentu saja, iapun membuat Twitter keduanya yang ia buat khusus untuk bisa terhubung dengan penggemar anime di luar negeri. Dalam twitnya ia mengatakan "Saya animator Jepang. Saya berpartisipasi dalam konvensi dan acara di seluruh dunia! Ayo kita bersenang-senang bersama!"

Baca ini juga :

» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Sang Ninja Hadir di Dunia Nyata! Film Live Action Naruto Resmi Digarap oleh Sutradara Film Shang-Chi!
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!
» FPS Kok Anime, Developer Game China Buat Game FPS Seperti Valorant Tapi Gunakan Waifu Cantik!

Sebagai perancang karakter untuk JoJo’s Bizarre Adventure: Diamond is Unbreakable, Mawaru Penguindrum, and A Town Where You Live, ia mengatakan untuk orang yang ingin berkecimpung di dunia anime dengan twitnya yang berisi untuk tidak datang ke Jepang dan berniat bekerja dalam industri anime.

Namun sudah pasti, ia memiliki alasan khusus mengenai ini, pasalnya dia menjadi begitu kesal dengan kondisi kerja bagi para profesional anime di Jepang sehingga dia tidak merasa bahwa dia dapat merekomendasikan mencoba mencari nafkah di dalamnya.

Sudah menjadi rahasia umum untuk beberapa waktu bahwa bekerja di industri anime berarti upah rendah untuk banyak dan berjam-jam untuk semua, dan itu pasti pengalaman Nishii, yang mengatakan gaji anime pertamanya hanya JPY 2,800 atau sekitar IDR 350 ribu yang naik menjadi masih sedikit JPY 60-100 ribu atau sekitar IDR 7-10 juta per bulan setelah dia mendapatkan pengalaman kerja selama setahun.

Salah satu solusi yang mungkin yang Nishii sebutkan adalah bagi artist Jepang untuk melakukan lebih banyak pekerjaan dengan proyek-proyek asing dan pendukung keuangan luar negeri. Nishii sendiri melakukan hal itu, karena ia bertanggung jawab atas desain karakter untuk Knights of Zodiac Netflix yang akan datang: Saint Seiya CG melakukan reboot serial anime klasik.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru