FEATURE

Pake Stik Arcade Kustom? Siapa Takut!!


oleh: EstuPW,

Page 1

Kotakers pasti tahu dong kalau KotakGame adalah media game nomer satu di Indonesia untuk urusan penyelenggaraan even. Di tahun 2009 saja kami sudah membukukan puluhan even baik offline maupun online. Untuk even offline biasanya kami memilih untuk menyelenggarakan turnamen game fighting baik itu Tekken 6 Bloodline Rebellion, King of Fighters XII atau Street Fighter IV. Saat salah satu turnamen berlangsung, kami bertemu dengan seorang sesepuh IndoTekken yang hobinya mengikuti turnamen-turnamen Tekken sekalgus membuat liputan turnamen untuk komunitas IndoTekken. Brother kita yang satu ini kita plototin selama turnamen, eits, jangan mikir yang aneh-aneh dulu yah, Lizanias jadi bahan plototan kami karena dia membawa stik arcade yang tongkrongannya enggak umum. Setelah diteliti dan diselikidi (halah kok jadi Srimulat) lebih lanjut, stik arcade tersebut ternyata made in Lizanias, alias buatan sendiri. Setelah ngobrol ngalur-ngidul dengan Lizanias, kami akhirnya berhasil menculik Lizanias ke kantor redaksi guna menjelaskan bagaimana proses pembuatan stik arcade tersebut.

Lizanias Sedang Beraksi Dengan Stik Arcadenya

Sebenarnya kami mendapatkan banyak informasi berharga dari Lizanias tetapi sebaiknya kita mulai dulu dari apa sih tujuan Lizanias membuat stik arcade tersebut.

Tujuan awal Lizanias untuk membuat stik arcade sendiri tentu demi kepuasan dan keinginan untuk memiliki stik arcade sendiri, dari situ Lizanias akhirnya berburu pengetahuan tentang cara-cara membuat stik arcade. Melalu pembicaraan di awal wawancara, kami mengetahui kalau perburuan ilmu Lizanias dimulai dari ayahnya yang piawai dalam membuat barang-barang berbahan fiber. Berbagai ilmu cetak-mencetak fiber dia pelajari, mulai dari membuat cetakan sampai ke proses finisihing, dari situ lahirlah body stik arcade yang salah satu modelnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Ini Nih, Salah Satu Bentuk Awal

Setelah mendapatkan banyak ilmu untuk membuat stik arcade sendiri, Lizanias mulai mengumpulkan komponen. Komponen pertama yang dia beli saat hendak membuat stik arcade adalah stik SIXAXIS imitasi yang siap untuk dipreteli. Dengan penuh canda Lizania bercerita bagaimana konyolnya stik imitasi tersebut, mulai dari kualitas yang alakadarnya sampai ke tombol home yang hanya berguna untuk menyalakan lampu, pokoknya caur deh. Memang PCB SIXAXIS imitasi tersebut akhirnya dijadikan dasar untuk membuat stik arcade, tetapi sebenarnya Lizanias sudah mencoba-coba dengan PCB stik untuk PC. Jadi sebenarnya saat itu Lizanias sudah memiliki dua buah PCB untuk eksperimen, satu stik SIXAXIS imitasi yang ditujukan untuk produk final dan satu stik PC untuk bahan trial and error.

Saat mencoba stik dengan bahan PCB SIXAXIS imitasi, ternyata stik tersebut tidak beroperasi. Tidak putus asa begitu saja, Lizanias akhirnya memutuskan untuk menggunakan PCB stik PC yang seharusnya hanya merupakan bahan trial and error. Ternyata eh ternyata, stik berbahan PCB PC tersebut beroperasi dengan sempurna. Semenjak itu Lizanias selalu menggunakan PCB stik PC untuk membuat stikarcade PS3 dan PC.

TAGS



(Total View : 19067)
rekomendasi terbaru



Latest feature

[Diary Kru KotGa] 5 Cara ...

Saat buka facebook, banyak yang share screenshot Mobile Legend...

Main Game VR Nggak Perlu ...

Game virtual-reality (VR) telah menjadi salah satu jenis game yan...

[SPECIAL] 5 Game Android ...

Seperti biasa setiap Jumat kru KotGa akan membagikan game terbaik...