FEATURE

Tips dan Trik Para Master MMORPG


oleh: Master-Fakry,

Menentukan Profesi Karakter

Mengetahui tips dan trik dalam MMORPG adalah hal yang sangat penting dalam game ini karena dibutuhkan strategi yang matang untuk merancang karakter. Bagaimana untuk meningkatkan level karakter, rancangan status dan skill, serta peralatan yang digunakan untuk bertarung. Bahkan rancangan pada masing-masing karakter itu bisa berbeda-beda, tergantung dari mau dijadikan apa karakter tersebut (farming atau PVP).

Mengikuti petunjuk dari gamers senior mengenai pembuatan karakter (status dan skill) adalah cara yang efektif. Hanya saja pastikan kebenaran informasi yang didapat dengan bertanya kepada gamers lain. Jangan terlalu percaya kepada satu pendapat karena mungkin saja orang itu tidak sehebat dari apa yang terlihat.

Salah satu yang sangat penting ketika bermain MMORPG adalah pemilihan profesi atau kelas untuk berpetualang di game itu. Usahakan memilih profesi yang sesuai dengan cara bermain Kotakers. Misalnya jika Kotakers menyukai karakter support, kemudian memaksakan diri menjadi penyerang, mungkin hasilnya tidak akan maksimal.

Pada dasarnya, tipe karakter dibagi 3 yaitu Tanker, penyerang dan Support. Tanker adalah tipe yang paling banyak menerima damage, tidak takut untuk maju di barisan terdepan. Kalau tipe penyerang adalah karakter yang sangat agresif dan responsif dalam memberikan damage pada musuh. Setelah itu, karakter tipe Support berada dalam barisan belakang musuh dan memberikan support pada grup.

Berikut ini adalah tipe-tipe karakter serta penjelasannya secara umum, yaitu:

1. Fighter / Warrior / Paladin / Knight
Memiliki serangan, life point dan pertahanan yang tinggi. Ini adalah karakter paling seimbang dibandingkan dengan karkater lainnya karena kemampuannya rata-rata. Walaupun seperti itu biasanya Fighter bertipe melee (serangan jarak dekat) menjadi mayoritas di MMORPG. Tetapi jarak serang yang pendek dan kecilnya kemampuan menghindar menjadi kekurangan tersendiri dari karakter ini.




2. Magician / Wizard / Sorcerer
Karakter ini bisa menghasilkan serangan magic tertinggi dan skill debuff (efek negatif) lebih banyak jika dibandingkan dengan karakter lainnya. Walaupun memiliki serangan magic yang sangat kuat, profesi ini memiliki kekurangan yaitu defense dan life point yang sedikit. Tetapi kekurangan tersebut bisa diatasi dengan bergabung bersama grup yang terdiri dari karakter serangan fisik.


3. Ranger / Hunter / Archer
kemampuan dalam menyerang dari jauh adalah kelebihannya. Kekurangan karakter ini adalah damage yang dihasilkan kecil. Walaupun seperti itu, kecepatan serangan dan geraknya lebih cepat daripada karakter lain.




4. Rogue / Assassin / Stalker
hampir sama seperti Fighter tetapi memiliki pemampuan menghindar lebih baik dan kemampuan magic yang cukup mematikan. Walaupun seperti itu, life point dan pertahanannya kecil. Lalu ada juga kemampuan lain dari tipe ini yaitu kemampuan untuk meracuni atau status negatif yang membengaruhi kemampuan lawan. Di beberapa MMORPG, karakter ini ada yang memiliki kemampuan untuk mencuri dan berubah menjadi binatang.


5. Supporter / Priest / Druid
Hampir tidak bisa mengalahkan lawan atau karakter lain sedirian. Walaupun mereka memiliki serangan magic yang damage-nya kecil (hanya bagus untuk hunting). Tetapi dengan kehadiran karakter support dalam grup, mebuat kemampuan karakter lain menjadi lebih baik. Tipe support memiliki kemampuan untuk meningkatkan serangan, pertahanan dan penyembuhan (healing).


6. Forger / Blacksmith / Alchemist
Hampir sama seperti Fighter dan Rogue tetapi karakter ini emiliki serangan yang lebih besar dengan jumlah life point lebih sedikit dari keduanya. Kelebihan utamanya adalah bisa membuat perlengkapan yang dibutuhkan oleh karakter lain seperti senjata, helm, kostum, sepatu, jubah, aksesori dan potion (Alchemist). Keahlian lain dari Forger adalah memiliki skill khusus untuk berdagang. Senjata andalannya adalah palu (hammer) atau gada (mace).


-***-

Masing-masing karakter memiliki fungsi tersendiri. Sehingga dalam sebuah grup, setiap karakter akan menutupi kekurangan karakter lainnya. Misalkan Fighter bertugas mengumpulkan monster, kemudian Magician menyerang dengan serangan area atau jarak jauh sedangkan Supporter memastian life point anggota grup dalam keadaan aman. Bagaimana dengan Rogue dan Ranger? Karakter Rogue bisa berfungsi menggantikan Fighter, sedangkan Ranger bisa berfungsi menggantikan Magician. Grup Kotakers akan lebih sempurna jika memiliki anggota dari berbagai profesi.

TAGS



(Total View : 40453)
rekomendasi terbaru



Latest feature

5 Fakta Unik Superhero Ma...

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap DC, Vertigo, serta beberapa...

10 Aktor Mandarin Yang To...

Selain sinetron serta tentunya film dan seri televisi Hollywood, ...

[TGS 2018] Kru KotGa Nyob...

Game Show 2018 merupakan pameran game paling bergengsi yang akan ...

Most Popular Feature