FEATURE

Tips dan Trik Para Master MMORPG


oleh: Master-Fakry,

Menentukan Status Karakter

Bagian yang sangat menantang ketika bermain MMORPG adalah ketika merancang status karakter, walaupun di beberapa games status sudah diatur secara otomatis oleh sistem. Kru KotGa akan memberitahukan status yang umum terdapat dalam game tersebut berserta fungsinya. Keterangan dan fungsi status pada artikel ini tidak dikhususkan hanya untuk satu game saja, tetapi MMORPG secara umum.

Kemampuan gamers untuk menjadi yang terbaik tidak selamanya tergantung dari rancangan status. Ada banyak faktor yang menjadikan karakter menjadi hebat, seperti peralatan yang digunakan dan kekompakan grup dalam bekerjasama dalam pertarungan.

Berikut ini adalah status utama yang terdapat pada MMORPG, yaitu:

1. Strength
Damage karakter tipe melee sangat berganung terhadap status ini. Dalam beberapa game online, Strength juga memiliki fungsi untuk meningkatkan berat maksimal yang bisa dibawa dan defense karakter. Status ini sangat penting untuk karakter Fighter, Rogue dan Forger. Status ini biasanya mempengaruhi sub-status seperti Attack / ATK.


2. Agility
Status ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan menghidar dari serangan musuh. Sangat cocok untuk Rogue dan Ranger. Karena status ini juga memiliki pengaruh terhadap kecepatan serangan dan Flee (kemampuan menghindar) karakter.

Di game Rohan Online, agility (AGI) menjadi status utama Dhan (sejenis Rogue / Assassin) untuk mendapatkan damage kritikal terbesar sedangkan di game tersebut kecepatan serangan tidak dipengaruhi olehnya.

3. Vitality / Health / Toughness
Berfungsi untuk menentukan berapa banyak life point dan pertahanan fisik yang dimiliki karakter. Ini adalah status yang wajib diambil oleh para Fighter untuk bertahan dari segala serangan lawan. Karakter yang meninvestasikan banyak status poin untuk status ini akan menjadi karakter dengan ketahanan yang luar biasa. Julukan bagi karakter dengan Vitality (VIT) yang tinggi adalah Tanker atau sebagian gamers Indonesia meyebutnya BADAK. Status ini juga penting untuk Supporter.

Di game Ragnarok Online, salah satu job yaitu Paladin membutuhkan status ini untuk menghasilkan serangan terbesar dari skill Martyr's Reckoning karena VIT adalah status utama untuk meningkatkan jumlah life point yang menjadi acuan skill tersebut.

4. Dexterity
Serangan jarak jauh dari Ranger tergantung dari status ini. Status ini dibutuhkan oleh semua karakter untuk menentukan kemungkinan serangan mengenai musuh, kecuali Magician. Tetapi untuk tipe Magician status ini berfungsi untuk menentukan cast (waktu untuk mengeluarkan skill) karena jika cast terlalu lama, karakter tersebut akan mudah dikalahkan oleh lawan.

Status seperti ini sangat cocok untuk karakter yang mengandalkan serangan jarak jauh, seperti Hunter, Archer atau Sniper. Karena status ini mempengaruhi sub-status Hit, Accuracy dan besarnya kerusakan yang dihasilkan dari serangan jarak jauh.

5. Intelligence
Ini adalah status utama untuk menentukan besarnya damage karakter Magician. Sepertinya tidak mungkin seorang Fighter menginvestasikan status point-nya ke status ini kecuali pada game Ragnarok Online. Karena dalam game tersebut, Intelegence (INT) juga berfungsi untuk menentukan berapa banyak spell point (SP) yang pada game DoTA disebut sebagai Mana.

Karakter yang mengandalkan serangan magic harus mengambil status ini, seperti Magician, Druid dan Wizard.


6. Wisdom / Physic
Game keluaran terbaru biasanya memunculkan Wisdom sebagai status untuk memperbanyak mana. Karena pada game zaman dulu, mana sudah bisa didapatkan dari status Intencegence. Hanya saja Wisdom menjadi acuan dari beberapa skill tipe Supporter untuk memberikan efek terbaik.

Kalau damage tipe Magician berasal dari Intelligence, maka di beberapa game online, Wisdom-lah yang menjadi acuannya. Karakter yang cocok untuk status ini adalah Druid, Priest atau yang berprofesi sebagai penyembuh karena status ini mempengaruhi besarnya jumlah Mana yang dimiliki karakter.

7. Luckiness / Charisma
Hanya sedikit game online yang menggunakan status ini, salah satunya adalah Ragnarok Online. Status ini berfungsi untuk mendukung status lainnya karena Luckiness berfungsi untuk meningkatkan damage seran jarak dekat, jarak jauh, magic, penghindaran dan menangkal status negatif yang mungkin diterima dari skill karakter lain.

Hampir semua karakter membutuhkan status ini untuk menyeimbangkan sub-statusnya dan meningkatkan pertahanan terhadap debuff yang diberikan oleh musuh. Walaupun penting, status ini tidak diambil terlalu banyak.

-***-

Sering kali ketika ada gamers yang lebih mengert melihat status Kotakers, mereka akan memberikan komentar mengenai hal itu. Terkadang ada yang sembarangan berkata status karakter Kotakers adalah salah kemudian melanjutkan dengan kalimat yang menyatakan bahwa karakter yang sudah dibuat tidak akan bisa bertahan dalam kejamnya dunia MMORPG. Bahkan ada juga yang menyarankan agar menghapus karakter yang dianggap gagal tersebut, lalu membuat lagi yang baru dengan rancangan status yang lebih baik.


Jangan tanggapi saran semacam itu. Acuhkan saja mereka dan teruslah memainkan karkater tersebut. Status yang dianggap gagal bukan berarti tidak bisa bersinar di akhir permainan, cukup gunakan senjata dan perlengkapan yang sesuai maka dengan ini akan memaksimalkan kemampuan karakter. Membuat karakter baru hanya membuang banyak waktu dan tenaga Kotakers.

TAGS



(Total View : 41470)
rekomendasi terbaru



Latest feature

Ini Dia Build High Wizard...

Dalam Ragnarok M Eternal Love, Mage adalah salah satu Job yang me...

[SPECIAL] Dua Hero Specia...

Berlomba-lomba mengeluarkan hero special yang memberikan kesan kh...

Cyduk Mank! Bakar dan Tar...

Diketahui Roxi adalah hero Warior sekaligus Tank di Arena of Valo...

Most Popular Feature