FEATURE

JRPG vs WRPG, Mana Sebenarnya yang Terbaik?


oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Linear vs Bebas

Secara sekilas, beberapa seri JRPG memang menghadirkan jalan cerita yang linear, karena interaksi antar karakter dan tujuan yang harus mereka capai sudah ditentukan sepanjang jalannya cerita. Hal ini tentu tidak memberi gamer kebebesan untuk menentukan jalan cerita sendiri, tapi di sisi lain hal ini juga bisa memberikan keseluruhan jalan cerita yang lebih teratur dan nyata.

Untuk WRPG biasanya jalan cerita yang ada difokuskan pada tujuan final yang sudah bisa di ketahui sejak awal permainan. Jadi gamer bisa menentukan bagaimana jalan cerita bergulir kedepannya. Tapi hal ini juga bisa memicu rasa bosan yang lebih kuat, karena secara tidak langsung gamer sudah bisa menebak kemana arah jalan cerita akan berakhir nantinya.

Baca ini juga :

» [SPECIAL] 10 Seri JRPG Klasik yang Wajib Untuk Kamu Mainkan
» 15 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Final Fantasy XV!
» Sebelum Main Valkyrie Anatomia: The Origin, Ketahui Beberapa Informasi Penting Ini

Penyampaian Cerita

Kebanyakan seri WRPG memang tidak memiliki fokus yang lebih baik dalam penyampaian cerita jika dibandingkan dengan JRPG. Hal ini bisa dilihat dari game WRPG yang memiliki basis gameplay open world dengan banyaknya side-quest yang ada. Hal ini tentunya bisa membuat jalan cerita menjadi sesuatu yang kurang dominan dan terasa dikesampingkan.

Fokus utama ke jalan cerita adalah sesuatu yang sudah sangat melekat di genre JRPG, walaupun tidak menawarkan kebebasan yang lebih baik dari WRPG, genre ini selalu dapat menghadirkan perjalanan emosional lewat penyampaian jalan cerita yang lebih baik.

TAGS



(Total View : 23517)
rekomendasi terbaru



Latest feature

[SPECIAL] Diggie is Back!...

Semenjak kehadiran Angela memang sosok Diggie mulai pudar. karena...

7 Adegan Menegangkan Dala...

Sejak dulu, Captain Tsubasa merupakan anime sepak bola yang ...

[Diary Kru KotGa] Redupny...

Meta saat ini penggunaan Hand of Midas mulai berkurang, karena ma...

Most Popular Feature