PDA

View Full Version : Keberadaan Naga


Bahamut_Zero
04-05-2009, 07:18 PM
Naga merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan bangsa China. Hal ini dapat dilihat dari budaya China yang hampir semuanya berhubungan dengan hewan legenda ini. Sebaliknya, para peneliti telah lama meyakini bahwa naga hanyalah merupakan mahkluk khayalan semata yang hanya hadir dalam legenda-legenda klasik.

Namun sebuah penemuan pada tahun 1996 seolah menjawab keragu-raguan para ahli. Para arkeolog di China berhasil menemukan fosil naga ini di Desa Guanling, Kota Anshun, China. Penemuan ini membuktikan bahwa hewan yang dikeramatkan ini a pernah ada.

Dalam bingkai ilmu pengetahuan, naga merupakan reptil yang hidup di samudra pada masa Triasik sekitar 200 juta tahun yang lalu. Naga merupakan makhluk amfibi, ia banyak menghabiskan waktunya di air dan terkadang berjalan ke daratan. Naga merupakan legenda yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat China. Hewan dari masa lalu ini, sering hadir dalam kisah-kisah masa lalu China dan dianggap sebagai makhluk yang istimewa. Orang Mandarin juga meyakini bahwa mereka adalah titisan dari naga.

Hal inilah yang membuat penemuan pada tahun 1996 ini di sambut baik masyarakat. Fosil naga yang ditemukan di Desa Guanling itu dilengkapi dengan sepasang tanduk di atas kepalanya. Wujud dari naga ini menyerupai hewan legenda yang sering terdapat dalam legenda. Fosil ini dalam kondisi baik dengan Panjangnya keseluruhan mencapai 7,6 m, kepalanya 76 cm dan lehernya 54 cm. Tubuhnya memiliki panjang 2,7 m serta lebar 68 cm, dan buntutnya 3,7 m.

Kepala naga ini berbentuk segitiga, dengan lebar mulut 43 cm. Bagian terlebar di kepala naga ini mencapai 32 cm, kedua tanduknya, dengan bentuknya yang simetris menjulang dari bagian terlebar tersebut dan berukuran 27 cm. Tanduknya berbentuk agak sedikit melengkung serta condong ke samping, sehingga semakin membuat fosil tersebut menjadi seperti naga dalam legenda. Fosil itu pada akhirnya dipamerkan pada tahun 2007 di Xinwei Ancient Life Fossils Museum di Anshun, Guizhou, China.

Tak pelak lagi, penemuan ini benar-benar mengegerkan masyarakat. Karena ini adalah pertama kalinya bagi China untuk menemukan sebuah fosil “naga” yang dilengkapi sepasang tanduk. Penemuan ini menyajikan bukti tentang kemungkinan naga memiliki tanduk. Penemuan fosil ini memberi informasi ilmiah yang penting bagi manusia untuk melacak asal-usul legenda naga di China.

Penemuan di Yunnan dan Sungai Liachoe



Legenda Naga

Legenda Naga

Naga merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan bangsa China. Hal ini dapat dilihat dari budaya China yang hampir semuanya berhubungan dengan hewan legenda ini. Sebaliknya, para peneliti telah lama meyakini bahwa naga hanyalah merupakan mahkluk khayalan semata yang hanya hadir dalam legenda-legenda klasik.

Namun sebuah penemuan pada tahun 1996 seolah menjawab keragu-raguan para ahli. Para arkeolog di China berhasil menemukan fosil naga ini di Desa Guanling, Kota Anshun, China. Penemuan ini membuktikan bahwa hewan yang dikeramatkan ini a pernah ada.

Dalam bingkai ilmu pengetahuan, naga merupakan reptil yang hidup di samudra pada masa Triasik sekitar 200 juta tahun yang lalu. Naga merupakan makhluk amfibi, ia banyak menghabiskan waktunya di air dan terkadang berjalan ke daratan. Naga merupakan legenda yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat China. Hewan dari masa lalu ini, sering hadir dalam kisah-kisah masa lalu China dan dianggap sebagai makhluk yang istimewa. Orang Mandarin juga meyakini bahwa mereka adalah titisan dari naga.

Hal inilah yang membuat penemuan pada tahun 1996 ini di sambut baik masyarakat. Fosil naga yang ditemukan di Desa Guanling itu dilengkapi dengan sepasang tanduk di atas kepalanya. Wujud dari naga ini menyerupai hewan legenda yang sering terdapat dalam legenda. Fosil ini dalam kondisi baik dengan Panjangnya keseluruhan mencapai 7,6 m, kepalanya 76 cm dan lehernya 54 cm. Tubuhnya memiliki panjang 2,7 m serta lebar 68 cm, dan buntutnya 3,7 m.

Kepala naga ini berbentuk segitiga, dengan lebar mulut 43 cm. Bagian terlebar di kepala naga ini mencapai 32 cm, kedua tanduknya, dengan bentuknya yang simetris menjulang dari bagian terlebar tersebut dan berukuran 27 cm. Tanduknya berbentuk agak sedikit melengkung serta condong ke samping, sehingga semakin membuat fosil tersebut menjadi seperti naga dalam legenda. Fosil itu pada akhirnya dipamerkan pada tahun 2007 di Xinwei Ancient Life Fossils Museum di Anshun, Guizhou, China.

Tak pelak lagi, penemuan ini benar-benar mengegerkan masyarakat. Karena ini adalah pertama kalinya bagi China untuk menemukan sebuah fosil “naga” yang dilengkapi sepasang tanduk. Penemuan ini menyajikan bukti tentang kemungkinan naga memiliki tanduk. Penemuan fosil ini memberi informasi ilmiah yang penting bagi manusia untuk melacak asal-usul legenda naga di China.

Penemuan di Yunnan dan Sungai Liachoe

Fosil Naga

Fosil Naga

Penemuan lainnya terjadi di Provinsi di dekat sebuah desa di Fuyuan, China baratdaya pada tanggal 22 Januari 2007. Penduduk setempat menemukan fosil naga berukuran kecil yang telah melekat pada lempengan batu di dalam sebuah gua di atas sebuah bukit.

Para petani di desa itu telah melakukan penggalian fosil sejak tahun 2000 untuk mencari “sisa-sisa” dari legenda naga karena terinspirasi oleh penemuan naga yang dipamerkan di Guizhou. Para petani melakukan itu untuk menambah penghasilan dengan menjual fosil tersebut kepada para peneliti.

Sebelumnya, untuk membuktikan keberadaan naga itu, para arkeolog China melakukan ekskavasi sejak tahun 1983 di beberapa lokasi yang diyakini pernah ditinggali oleh peradaban China kuno. Ekskavasi pertama dilakukan di sekitar Desa Niuheliang, di kaki Gunung Merah (Red Mountain). Tepatnya, berada di lokasi lembah Sungai Liachoe. Dari beberapa temuan membuktikan, bahwa di daerah ini pernah ditinggali sebuah peradaban kuno yang cukup maju ribuan tahun silam.

Pada penggalian pertama, para arkeolog menemukan dua potongan batu giok berbentuk seekor naga. Giok naga ini diukir secara halus, berwarna hijau transparan. Penemuan pertama ini, menurut para arkeolog sangat berharga. Dari bukti itu terlihat peradaban ribuan tahun silam memang sudah mengenal budaya ukiran yang sangat halus dan tak kalah indah dengan hasil pahatan zaman sekarang

Penggalian hingga tahun 2003 itu melibatkan puluhan arkeolog dari Research Institute of Lioning Province, dan telah menyelesaikan pekerjaan pada 16 situs. Mereka mengaduk-aduk situs pada areal 1.576 meter persegi. Menggali enam kuburan kuno yang diduga adalah kuburan para pimpinan masa itu.

Dari hasil penggalian itu, ditemukan 479 potong bukti-bukti yang mengarah tentang keberadaan ular naga, dalam bentuk fosil rahang dan bagian tubuh lainnya yang diduga merupakan bagian tubuh dari seekor ular besar. Termasuk tiga potong patung naga yang terbuat dari batu giok halus, yang ditemukan dari kuburan kuno. Konon temuan giok patung naga itu, hampir sama dengan temuan hasil ekskavasi di Desa Sanxingtala pada tahun 1970. Desa ini masuk dalam wilayah Kota Cipeng di Monggolia Dalam.

Profesor So Bingqi, seorang arkeolog terkenal di China dan merupakan Ketua Asosiasi Arkeolog **** mengungkapkan, temuan terbaru itu masih harus diteliti lebih jauh. Terutama dengan uji karbon, untuk menentukan umur binatang purba itu dan merekonstruksi seluruh bentuk fisiknya.

Penggalian dilakukan lebih dalam lagi, untuk mencari bagian fosil lainnya yang bisa membuktikan, apakah fosil itu merupakan binatang melata biasa atau memang seekor naga yang diduga hidup lebih muda beberapa ribu tahun dari zaman binatang purba Dinosaurus, T-Rex, Brontosaurus dan binatang-binatang purba lainnya.

Namun dari ukuran tubuh, yang bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan sejenis dinosaurus, diduga kuat temuan itu memang adalah sejenis ular pemangsa. Karena terlihat dari taringnya yang sangat tajam yang mengarah ke dalam, seperti halnya pada binatang pemangsa lainnya yang ditemukan lebih dahulu seperti T-Rex.

Bangsa dan Negara yang Memiliki Kisah Naga :

• China : disebut Long, berbentuk ular dengan empat kaki yang berkuku
• Vietnam : disebut Rong
• Jepang : disebut Ryu, memiliki tiga kuku tajam
• Korea : disebut Yong ( naga langit) , Yo (naga laut) dan Kyo (naga gunung)
• Siberian : disebut Yilbegan - India : dikenali Vyalee dan banyak diukir di kuil

Selatan India.
• Germanic/Scandinavian : disebut Lindworm, berbentuk ular besar yang berkaki dua.
• Wales : disebutY Ddraig Goch, naga merah yang tertera pada bendera negeri itu.
• Hungarian : disebut Zomok, berbentuk ular yang tinggal dalam paya dan sering

memangsa khinzir atau biri-biri. Sárkánykígyó, berbentuk ular berkepak.

Sárkány, naga berbentuk manusia yang memiliki banyak kepala.
• Slavic : disebut Zmey, Zmiy dan Zmaj , menyerupai naga Eropa tetapi memiliki

banyak kepala, dapat menyemburkan api.
• Romanian : disebut Balaur, memiliki sirip, berukuran besar dan berkepala banyak.

Chuvash: disebut Vere Celen, Amerika- Meso-amerika: disebut Amphitere,Inca: disebut Amaru, Brasil: dikenali sebagai Boi-tata.

flame7651
04-05-2009, 07:24 PM
weh keren!
ni wa nemu potonya fossil ntu
http://www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg
hamper g percaya pertama liatnya

Shynkai
04-05-2009, 07:27 PM
^

buset, kyk replika fosil aja di jurasic park...

wah ternyata bentuk naga sesungguhnya lebih mirip jenis wyvern ya ? drpd naga2 kek liong gitu ( memanjang )

btw kok naga plg terkenal di Chin@ ?

flame7651
04-05-2009, 09:26 PM
huuh
pertama liat amper g percaya
bner2 bagus keadaan fossilnya
padahal dah 200 juta tahun umurnya
hahaha

tapi klo penjelasan ilmiahnya gw bisa nerima
hahaha
mank masi banyak misteri dunia ini
wokokok

artikel aslina di sini (http://www.weirdasianews.com/2007/06/29/real-dragon-fossils-on-display-in-china/)

gugukandmiaw
04-05-2009, 09:52 PM
gw baca di situ ada khinzir...

kinzir kan patkai, kok disebut biribiri

-Ucr-Venom-Ex-
04-06-2009, 05:25 PM
weh keren!
ni wa nemu potonya fossil ntu
http://www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg
hamper g percaya pertama liatnya

asli apa rekayasa tuh?

:wah:

Saiya
04-06-2009, 08:29 PM
wa sih ga peduli tuh mo asli ato ukan.......



yg pasti yg namanya naga ntuh keren.......
coba skarang ada......mantab tuh....



tapi kayanya yg namanya naga dulu ntuh ada deh....:rolleyes:

Renamon
04-06-2009, 08:59 PM
weh keren!
ni wa nemu potonya fossil ntu
http://www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg
hamper g percaya pertama liatnya

sayap na kok ga ad. btw itu tangan ape kaki...???

tpi aneh katanya naga2 di chinna panjang2 badanya...

Saiya
04-06-2009, 09:07 PM
nah.......malah kta wa itu yg bikin keren.....




ktanya naga macemnya banyak...
apa lagi klo di liat d game2 ato film2 yg da yg namanya naga...
makin bikin penasaran aja,mantab lah...:D

flame7651
04-07-2009, 10:48 AM
mana ada sayapnya kalo mank binatang amphibi bneran
hahaha

winona
05-09-2009, 07:27 AM
weh keren!
ni wa nemu potonya fossil ntu
http://www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg
hamper g percaya pertama liatnya

tu fosil kok masih ada kulitny?:hmm:

Shynkai
05-09-2009, 07:31 AM
^
bkn nya itu tulang yah ?

kok gw liat kayka tulang gitu

noisyheaven
05-09-2009, 07:40 AM
coba ke gramed gitu, ada discovery channel bahas tentang naga ini, kemaren gw nonton di VCD, gw sewa di rental. di ceritain dari awal , keren de...

ntuh naga di temukan dalam goa es kalo ga salah

Shynkai
05-09-2009, 07:45 AM
kira2 penyebab naga punah apa ya ?

trus kalo misalnya naga sampai sekarang masih ada, gimana ya @_@

noisyheaven
05-09-2009, 07:49 AM
wahh td gw ke TKP, koq beda ama yg di vcd ya?? baru yach? wkowkowkwo

gw nonton filmnya, naga terakhir itu ada di rumania.. naga bersayap... punah karena di buru karena sering memangsa ternak penduduk...

kalo beneran masih ada. bentuknya pasti bukan seperti dulu lagi.... pasti udah berevolusi de

yaya666
05-09-2009, 08:16 AM
yg dimaksud ts tuh naga china (liong) atau naga eropa (dragon)....
bedanya dragon ama wyvern apa y???

noisyheaven
05-09-2009, 08:20 AM
kalo dari film discovery channel yg gw tonton, sebenarnya tuh sama semua jenis naga... cuman mengalami evolusi.... di negara masing2 dmn mereka tinggal gitu dee

ulquiorraespada
05-09-2009, 11:39 AM
Kalau Di Indonesia.. Naga dipanggil Komodo.

noisyheaven
05-09-2009, 11:50 AM
eit jgn salah, ada beberapa ilmuan percaya kalo naga itu berevolusi jadi komodo... percaya ga percaya aja de

noisyheaven
05-09-2009, 11:54 AM
eh kalo gw perhatikan bener deh naganya sama kek yg gw nonton di discovery channel, itu bukan tulang all, emang kulit berserta daging2nya.... penemuan ini heboh banget. fosil ini ditemukan di dalam goa es, terperangkap didalamnya.. jadi badanya ga membusuk dan menjadi tulang, sperti halnya ditemukannya fosil bayi mamoth di rusia, dalam keadaan utuh(masih lengkap dengan kulit dan daging)

sekarang sedang dipakai untuk penelitiain, kalo pengen detailnya ke website discovery channel aja, disana kita bisa lihat langsung proses endoscopy yg ingin melihat isi di dalam tubuh bayi mamoth tsb

ulquiorraespada
05-10-2009, 02:00 PM
eit jgn salah, ada beberapa ilmuan percaya kalo naga itu berevolusi jadi komodo... percaya ga percaya aja de

bisa aja Komodo adlh naga yg berevolusi?

noisyheaven
05-10-2009, 03:44 PM
bisa aja bro... wong kita yg namanya ilmu kek gini ga ada yg pasti, smua bisa aja... contohnya... http://guidesmedia.ign.com/guides/9846/images/magikarp.gifmagicarp
ber evolusi jadi
http://www.pokemondungeon.com/pokedex/images/gyarados.jpg girados/?? KWKWOKWOKWOKWOKW

ulquiorraespada
05-10-2009, 03:59 PM
hwauawuhawuhawuha campurin dunia poke2 wakwkawkawka

noisyheaven
05-10-2009, 04:04 PM
huakakakakak gw sendiri aja ngakak... eh benaran kalo soal evolusi susah di bilang ada yg perubahannya biasa2 aja, paling tambah kecil atau gmn.. bahkan ada yg extreme berubahnya.. contohnya aja hewan jaman dulu.. bayangkan aja.. ikan sampe punya kaki haiyaa

apalagi naga <----------> komodo?? mirip banget x,

and lagian jgn salah juga.. ga smua naga bisa terbang... naga **** di percaya oleh ilmuan ga bisa terbang.... mereka hanya sering berada di pohon2... and orang **** doloe sering melihatnya melilit pada batang pohon2 bambu. jadi dikiranya terbang....

ulquiorraespada
05-10-2009, 04:10 PM
hueh.. lama2 bisa kembali ke jaman dolo nieh.:wah::wah:

fakta : Species hewan jaman dulu Dengan species hewan yang Class nya sama dengan species di masa kini, sudah mengecil hampir separuh

Mammoth--->Gajah
dllllllllllll. ah

noisyheaven
05-10-2009, 04:15 PM
koq dll?? owkowkowkw masa TS malas?? ayo cari lagi broo semangat!!!!

tapi gw yakin bnyk binatang jaman doloe yg blom punah... dibawah kulit bumi.. pasti ada suatu tempat.. yakin gw...

ulquiorraespada
05-10-2009, 04:16 PM
Buseed TS nya kaga gw!! si bahamut tuh TS!! hwahwhawh salah tuh.. dah phie_kund!:gg::gg::gg:

noisyheaven
05-10-2009, 04:18 PM
eh? nyhauahuahuahuha habis loe yg sering nongol sih, jadi kiraen loe ts nya kwkwkw sorry2 deh wokwowkowko

ulquiorraespada
05-10-2009, 04:19 PM
huwauhuahuahua iya ya! yg tertarik malah gw.. wakakakaka!!!

yaya666
05-10-2009, 10:37 PM
kalo naga yg bisa nyemburin api ato es itu jg dulunya beneran ada???

noisyheaven
05-11-2009, 07:34 AM
kalo yg nyembur api emang bener ada bro, naga eropa terkenal sebagai penyembur api. dari hasil penelitian para ilmuan, di dalam ternggorokan naga itu, terdapat cairan yang mudah terbakar... yang sampai sekarang masih misteri... lalu dengan cara menggosokan gigi mereka hingga membuat percikan api...

katanya gigi mereka terdapat batu yang biasa terdapat pada korek api..

kalo yang es @___@ keknya ga mungkin... tapi dari discovery channel tentang naga, diceritakan biasa naga jantan sering kali meniupkan hawa dingin ke sarang telur mereka untuk memperoleh anak naga betina...

ulquiorraespada
05-11-2009, 12:28 PM
Jd, penyembur api ato pun penyembur hawa dingin itupun bisa dijelaskan secara logika dan kimia.

noisyheaven
05-11-2009, 12:45 PM
yupp.. banyak banget malahan yg bisa dijelaskan secara ilimiah...

ada lagi ga?? ts nya blom nongol2 juga nie, loe aja lanjutin wkwkwkwk

ulquiorraespada
05-11-2009, 01:54 PM
wegh.. nanti TS 8 turunan loh wakakakakaakakakakka

noisyheaven
05-11-2009, 03:19 PM
TS 8 turunan TS singkatan dari apaan bro?? tewass??

ulquiorraespada
05-11-2009, 09:57 PM
Maksudnya, TS nya ganti2

Dari Bahamut -> Gw -> Elo nanti.. wakwkawkakw:heh::heh::heh:

yaya666
05-12-2009, 08:22 AM
mana nih tsnya..
dah bikin thread langsung kabur...

trus gimana kalo yg katanya kita minum darah naga, bisa hidup abadi..
itu mang benar ga??

noisyheaven
05-12-2009, 11:42 AM
oooww ituu gw pernah dengar juga bro... tapi dari 1 buku gw baca... itu katanya cuma test keberanian doloe... ga benar... kalo loe bisa selamat lawan naga aja udah bener2 panjang umur huhuehueuh

yaya666
05-12-2009, 05:59 PM
gw dengarnya dikomik petualangan doraemon, nobita di dunia mimpi....

ulquiorraespada
05-12-2009, 08:21 PM
hoyoh.. bararti mandi kringat naga bisa mati 2x? hehehe

Bahamut_Zero
05-13-2009, 07:17 AM
Pada ngomongin gw ye--" gw da jrg ol dsini--"
Naga yg gw bawa di bahas dsini ttg hewan purba yg legenda bukan dari film yg aneh2--"
Kalo soal nyemburin api emg bisa diterima dengan logika kok dengan cara energi panas yg ada di dalam tubuhnya diubah
Naga itu termasuk filum chordata

Hewan purba punah karena seleksi alam sebagian bertahan dengan evolusi
Intinya gk mungkin hewan purba yg bentukny sama ky dulu msh hidup sampai sekarang karena kondisi bumi udah berubah
Begitu juga dengan naga..

Kalo mnrt pendapat gw si naga itu bisa jadi meninggalkan bumi/ bervolusi menjadi hewan yg lebih sederhana

yaya666
05-13-2009, 01:16 PM
TSnya dah datang.....

ulquiorraespada
05-14-2009, 12:01 PM
eh soal naga yg diketemuin di china tuh gimana kabarnya?

ivaan
05-17-2009, 04:00 PM
dulu gw sih mikir nya naga hidup nya jaman batu sampe sekarang soal nya dulu gw suka buku tentang naga:p

izanagi_no_ookami
05-20-2009, 08:36 AM
wah kalo naga ada jaman karang kan rame lah, pesawat jadi mungkin ga diperluin karena manusia naik naga semua :swt::swt:

noisyheaven
05-20-2009, 08:50 AM
eh soal naga yg diketemuin di china tuh gimana kabarnya?

ya gw juga penasaran nie. sampe sekarang blom ada konfirmasi lbh lanjut dari ilmuan sananya...

DNAngel
05-22-2009, 03:13 PM
klo gw sih gk mau pikirin yg w tau kalo naga yg paling keren tuh wyfern bisa nyemburin bola api gitu KEREEENNNNNN!!!!!!:pif:
OH IYA JGN LUPA KLIK NAGA GW SAPA TAU TAR BENER IDUP KLUAR DARI KOMPI WKWKWKWKWK:heh:

ZeKe_
05-27-2009, 12:01 PM
tanya nih klo Ying dan Yang ntu naga juga g????

Bahamut_Zero
05-27-2009, 03:29 PM
Ying dan Yang itu bukannya lambang dari ajarannya Taoisme yang artinya keabadian antara kejahatan dan kebenaran
Setau gw Yin dan Yang itu bukan naga

R e f f a s
05-27-2009, 05:26 PM
naga kan ada.. tuh komodo :swt:

svenatomicCohen
05-27-2009, 06:21 PM
Naga,yg.katanya.ditemukan.di.china.itu.udah.lama.s ekali.
Yg.nemukan.arkeolog.ingriss.kalo.gk.salah.
Itupun.hanya.gigi.doang.dan.ukuran.giginya.itu.bes ar.sekali.musti.dipegang.ama.12pria.dewasa.
Jadi.byk.yg.mengira.itu.adalah.fosil.dari.gigi.nag a.

DNAngel
05-28-2009, 07:04 PM
@reffas
kodomo naga juga bukan?????http://thumbs.ebaystatic.com/pict/320375357086.jpg

R e f f a s
05-28-2009, 07:24 PM
@reffas
kodomo naga juga bukan?????http://thumbs.ebaystatic.com/pict/320375357086.jpg

waw, ngelawak tapi ga lucu :wah:

DNAngel
06-09-2009, 06:31 PM
biar kk aq pelawak pemula wkwkwkwkwk:ho::ho::ho::ho::ho::ho:

yaya666
07-10-2009, 07:00 PM
waw, ngelawak tapi ga lucu :wah:

loh...
bukannya emang komodo itu naga???? CMIIW.......

KMozART
07-10-2009, 11:56 PM
loh...
bukannya emang komodo itu naga???? CMIIW.......

komodo itu 1-1nya dinosaurus yang masih ada sampe detik ini~

diablo destroyer
07-12-2009, 09:17 AM
saya naga lho,asli lho....

ShinJiro
07-12-2009, 11:47 AM
saya naga lho,asli lho....

apa-apan tuh. ngepost yg g penting.

RYUZAKI
07-19-2009, 08:45 AM
weh keren!
ni wa nemu potonya fossil ntu
http://www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg
hamper g percaya pertama liatnya

wah keren tuh pasti dapet dari gogle:eek:

alfin
07-19-2009, 02:40 PM
perhatiin dulu, mana ada naga mati dirumah, siapa yang kuat ngangkat nya? pasti fosil nya ancur :an:

DeeDee
07-29-2009, 04:35 PM
Kakak Kalo Kucing itu Siapanya Naga ... ?
Kok diliat" Kaya Naga ... ada Kumisnya ....
Ada Cakar Maut nya ...

Apa Ya ... ?

Afian_Fireblaze
01-19-2010, 03:28 PM
Kakak Kalo Kucing itu Siapanya Naga ... ?
Kok diliat" Kaya Naga ... ada Kumisnya ....
Ada Cakar Maut nya ...

Apa Ya ... ?

klo kucing tuh cucunya naga wkwkwkwkwkkwkwk...............

Afian_Fireblaze
01-19-2010, 03:30 PM
jgn2 Rathalos beneran ada............
hehehehehe......

4nu9y
01-19-2010, 03:41 PM
weh keren!
ni wa nemu potonya fossil ntu
http://www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg
hamper g percaya pertama liatnya

Masih ada daging'nya tuh gan?

ramdhani94
01-20-2010, 08:44 PM
klo kucing tuh cucunya naga wkwkwkwkwkkwkwk...............

loch kucing bknnya cucunya harimau y...?

splatt_Ltblue
01-25-2010, 04:33 PM
jgn2 Rathalos beneran ada............
hehehehehe......

ntah knapa lama liat rathalos rasanya tuh makluk emanx bener2 ada, sama si rathian... mwahahhaha....

tp menurut g sich ada kemungkinan naga itu ada, yg namanya mitos toh gimanapun pasti ada dasarnya, lagian dalam ilmu pengetahuan masih banyak hal yg lom di jelajahi ma manusia, kalo di bidang lain dah susah cari species baru, di dragonologi kemungkinan masih terbuka lebar lhoo.... hayoo sapa yg mau jadi dragonolog, sapa tau ketemu naga beneran... wahahhaa... :no1::no1: Ogopogo naga bukan ya?

si_idunk_dikg
01-26-2010, 08:42 PM
jgn2 Rathalos beneran ada............
hehehehehe......

beneran ada... rathian juga...
buktinya evolusi dari mahluk purba yang satu ini sampai sekarang belum ter putus nie spoiler nya
rathaloshttp://sites.google.com/site/monsterhunteroutpost/_/rsrc/1247736328182/home/video-tutorials/rathalos-videos/rathalos.png?height=351&width=420rathianhttp://images1.wikia.nocookie.net/monsterhunter/images//6/68/Rathian.png
evolusinya
http://www.sinarharapan.co.id/feature/hobi/2003/1112/hobi1.jpg
wkwkwkw
Ngawur Mode : On

yaya666
01-27-2010, 01:56 AM
beneran ada... rathian juga...
buktinya evolusi dari mahluk purba yang satu ini sampai sekarang belum ter putus nie spoiler nya
rathaloshttp://sites.google.com/site/monsterhunteroutpost/_/rsrc/1247736328182/home/video-tutorials/rathalos-videos/rathalos.png?height=351&width=420rathianhttp://images1.wikia.nocookie.net/monsterhunter/images//6/68/Rathian.png
evolusinya
http://www.sinarharapan.co.id/feature/hobi/2003/1112/hobi1.jpg
wkwkwkw
Ngawur Mode : On

padahal dah serius ngebacanya...
ujung2nya becanda doang...
wkwkwkwkwkwkwkwk... kena dah

Afian_Fireblaze
01-27-2010, 09:34 AM
loch kucing bknnya cucunya harimau y...?

iye naga sama harimau kawin............eh jd kucin deh
wkwkwkwkwkwkwk:heh::heh:.........JUST KIDDING MAN

Afian_Fireblaze
01-27-2010, 09:39 AM
ntah knapa lama liat rathalos rasanya tuh makluk emanx bener2 ada, sama si rathian... mwahahhaha....

tp menurut g sich ada kemungkinan naga itu ada, yg namanya mitos toh gimanapun pasti ada dasarnya, lagian dalam ilmu pengetahuan masih banyak hal yg lom di jelajahi ma manusia, kalo di bidang lain dah susah cari species baru, di dragonologi kemungkinan masih terbuka lebar lhoo.... hayoo sapa yg mau jadi dragonolog, sapa tau ketemu naga beneran... wahahhaa... :no1::no1: Ogopogo naga bukan ya?

wah boleh jg tuh jd dragonolog..........
ogopogo paan tuh bro???:confused:

Afian_Fireblaze
01-27-2010, 09:42 AM
beneran ada... rathian juga...
buktinya evolusi dari mahluk purba yang satu ini sampai sekarang belum ter putus nie spoiler nya
rathaloshttp://sites.google.com/site/monsterhunteroutpost/_/rsrc/1247736328182/home/video-tutorials/rathalos-videos/rathalos.png?height=351&width=420rathianhttp://images1.wikia.nocookie.net/monsterhunter/images//6/68/Rathian.png
evolusinya
http://www.sinarharapan.co.id/feature/hobi/2003/1112/hobi1.jpg
wkwkwkw
Ngawur Mode : On

ahahahahaha......
ada2 ja u bro......masa The Great Rathalos n' Rathian disamain sama ayam blekok.......wkwkkwkwkwkkwk:heh::heh:

ninyam
11-11-2010, 09:11 AM
:wah: mna nii gmbr fosil nya kog gk da kyak nya

katabijak28
02-22-2012, 02:59 PM
boongan gan, naga cuma mitos aja..

kupu-kupu
08-10-2012, 02:01 PM
sampe sekarang naga masih hidup cuman gak bisa terbang dan bikin galau anak abg.
naga zaman sekarang = buaya darattttt:eek:

framdani86
09-06-2012, 02:43 PM
keberadaan naga sekarang sudah mengkhawatirkan, disebabkan adanya kenaikan bbm terus menerus