Feature

[Diary Kru KotGa] Mana Lebih Kuat: Aquaman atau Mermaid Man?

oleh: Master-Fakry

Salah satu superhero dari DC Comics yang akan diangkat ke layar lebar adalah Aquaman yang mana superhero tersebut akan direpresentasikan oleh aktor Jason Momoa sekaligus pemeran Khal Drogo di serial TV Game of Thrones.


Aquaman oleh Jason Momoa

Aquaman merupakan superhero yang memiliki kekuatan yang dahsyat, khususnya jika ia berada di dalam air. Kemampuan yang dimiliki antara lain dapat berkmunikasi dengan makhluk laut dengan cara telepati, mampu bernapas di dalam air, kekuatan fisik yang mampu bertahan dari tekanan tinggi dan suhu dingin pada kedalaman tertentu di kedalaman samudra (kemampuan yang membuatnya juga kebal terhadap tembakan), berenang dengan kecepatan tinggi hingga 3.000 meter per detik, kekuatan manusia super, dan loncatan sangat tinggi. Tidak ketinggalan juga senjata Trident, tombak bermata tiga, yang memiliki kekuatan mistis.


Aquaman

Kelemahannya adalah menjadi lemah jika terlalu lama berada di darat. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh Aquaman jika ia berada di air, namun ketika berada di darat kurang begitu menonjol. Hanya saja pada seri terbaru komik tentang Aquaman, dikisahkan bahwa Aquaman besar di darat sehingga kelemahan tersebut pun otomatis hilang darinya.

Aquaman juga menjadi superhero yang tergabung dalam kelompok pahlawan yang dinamakan Justice League bersama Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Green Lantern dan beberapa lainnya. Selain Aquaman, tokoh yang tidak kalah hebat ketika berada di air adalah Mermaid Man, superhero asal Bikini Botton, pada film animasi SpongeBobs SquarePants ini merupakan salah satu yang terbaik di samudra.


Mermaid Man: Muda (kiri) - Tua (kanan)

Kemampuan yang dimiliki Mermaid Man kebanyakan datang dari kostum yang ia kenakan, antara lain berenang dengan cepat untuk membuat pusaran air, water ball bertekanan tinggi, kekuatan super dan mampu bertahan di bawah air dalam waktu yang sangat lama.

Selain kemampuan yang Kru KotGa sebutkan sebelumnya, Mermaid Man juga didukung oleh perlengkapan mutakhir lain seperti Mermarang (boomerang), invicible boat (kapal yang tak terlihat) dan sabuk super mutakhir dengan beragam fungsi. Tidak ketinggalan juga kemampuan untuk mengontrol makhluk laut yang mana kemampuan tersebut merupakan gabungannya dengan side kick-nya, Bernecle Boy, dengan menyatukan cincin yang mereka kenakan.

Tidak kalah dengan Aquaman yang tergabung dalam Justice League, Mermaid Man juga tergabung dalam kelompok superhero bernama International Justice Lodge of Super Acquaintances (IJLSA) bersama tokoh film SpongeBob SquarePants lainnya antara lain The Quickster oleh SpongeBob, Captain Magma oleh Squidward, The Elastic Waistband oleh Patrick, Miss Appear oleh Sandy, dan Pi-Right Ponderer.


IJLSA

Mermain Man memiliki markas rahasianya sendiri yang dinamakan Mermalair dengan fungsi untuk menyimpan segala persenjataan dan peralatan mutakhirnya, sekaligus juga sebagai tempat untuk bersembunyi dari musuh-musuhnya seperti Dirty Bubble, Man Ray, Sinister Slug, Atomic Flounder, dan Jumbo Shrimp yang mana para penjahat tersebut tergabung dalam sebuah kelompok bernama Bad Guy All Together For Book Club (BGATFBC).

Kelemahan yang dimiliki Mermaid Man adalah saat ini, di setiap episode SpongeBob SquarePants, ia diceritakan sebagai seorang veteran superhero alias sudah pensiun dari aksi kepahlawanan ketika masih muda dulu. Setelah pensiun, Mermaid Man tinggal di Shady Shoals Rest Home, Bikini Bottom, bersama dengan Bernacle Boy. Pada usia tuanya itu, Mermaid Man memiliki masalah kesehatan seperti tulang rapuh dan pendengaran yang kurang jelas.

***

Setelah mengetahui kekuatan dari Aquaman dan Mermaid Man, coba Kotakers ambil kesimpulan, manakah superhero yang lebih kuat!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru