Feature

[Diary Kru Kotga] Mau Ganti ISP Gara-Gara Internet Lemot? Pikir Lagi Deh!

oleh: Master-Fakry

Masalah terbesar pengguna internet di Indonesia adalah jaringan yang tidak stabil karena sering terputus. Bersamaan dengan itu, pihak customer service (CS) juga kadang suka sulit untuk diajak berkompromi, mulai dari solusi yang berbelit-belit sampai solusi yang berulang-ulang yang sudah kita hapal diluar kepala.

Dikarenakan permasalahan itulah, banyak dari pelanggan internet service provider (ISP) memutuskan untuk pindah ke penyedia layanan internet dari perusahaan lain. Namun apakah itu memberikan perubahan?

Pada artikel ini Kru Kotga tidak akan menyebutkan atau menyalahkan brand ISP tertentu, namun sebagai gantinya nama penyedia layanan itu disabarkan demi menjaga nama baiknya. Kru Kotga juga tidak mau mendapat masalah karena dugaan pencemaran nama baik.

Baca ini juga :

» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?
» [Diary Kru KotGa] Makin Sengit, Game Mana yang Bakal Meraih Gelar GOTY 2018?
Sebut saja Kru Kotga adalah pengguna layanan internet dari perusahaan A, sedangkan teman merupakan pelanggan dari perusahaan B, dan teman lainnya pelanggan dari perusahaan C. Ketika masalah internet muncul, terputus selama tiga hari misalnya, kemudian CS juga tidak memberikan solusi yang dibutuhkan, maka otomatis Kru Kotga dan kedua teman ingin berhenti dari penyedia layanan internet sekarang dan pindah ke ISP yang baru.

Sayangnya, perusahaan penyedia layanan internet di Indonesia cuma itu-itu saja, setidaknya yang paling murah ya cuma itu. Jadi kalau kamu cuma beralih ke penyedia yang baru doang, ujung-ujungnya akan kembali pada permasalahan yang sama. Ketika kita mau pindah dari penyedia internet A ke penyedia B, orang dari B justru berfikir kalau A lebih baik, begitu juga dengan pelanggan perusahaan C. Ibarat kata, cuma berputar di lingkaran setan.

Berdasarkan pengamaran Kru Kotga mengenai keluhan pengguna internet di Indonesia. Pembahasan yang diangkat cuma itu-itu saja, yaitu putus berkepanjangan, CS yang kurang gesit, dan kalau hujan sambungan internetnya down.


Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berlangganan atau pindah ISP, Kru Kotga sarankan untuk bertanya kepada komunitas atau orang yang pernah menggunakan layanan ISP yang ingin kamu gunakan. Lebih baik lagi kalau keterangan itu kamu dapat dari tetangga yang telah menggunakannya. Dikarenakan stabilitas internet di setiap tempat itu berbeda-beda.

Lagipula, jangan terburu-buru dalam menilai kinerja ISP. Mungkin saja, masalah internet yang kamu rasakan itu memang berasal dari gejala yang merata secara nasional sehingga memang semua penyedia jasa internet sedang bermasalah. Kalau hal itu yang sebenarnya terjadi, maka kamu harus bersabar sampai pihak terkait selesai memperbaiki kerusakan.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru