Feature

[Diary Kru KotGa] Rakit PC Gaming Hemat-Hemat Cihuy Edisi Februari 2017



Membangun sebuah pc gaming memang bisa menjadi sangat mahal, tapi bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkannya dan tidak harus yang terlalu mewah bukan? Entah itu mulai dari entry-level, mainstream, sampai dengan hardcore sekalipun. Pada artikel ini, kru KotGa menganggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker.

Sebagaimana yang kru KotGa sampaikan diatas, Pada artikel kali ini kru KotGa akan memberi panduan merakit PC gaming hemat-hemat cihuy untuk kalangan entry-level yang dibangun dengan tujuan untuk bermain game e-sports kekinian ataupun untuk menemani pekerjaan sehari-hari kalian hanya dengan budget 6 jutaan. Seperti apa sih spesifikasi nya? Yuk simak artikel nya.

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakit PC Paling PAS MANTAB Cuma 7 Jutaan Untuk Gaming Kekinian
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
1. Motherboard



Mempunyai durability yang mumpuni serta garansi 3 tahun yang diberikan oleh Asus menjadi pertimbangan utama kru KotGa memilih Asus H110M-E. Mendukung prosesor hingga core i7 dan juga dukungan update BIOS yang diberikan Asus sehingga bisa menggunakan prosesor ber-arsitektur kaby lake. Harga nya yang cukup terjangkau dengan fitur dan durability tinggi yang dimiliki sangat pantas motherboard ini dipilih untuk kalangan entry-level.
Harga : IDR 980.000

2. Prosesor



Intel Pentium G4560 memiliki kecepatan 3,5 Ghz, terdapat 2 buah inti core dengan teknologi hyper-threading yang berbeda dari generasi pentium sebelumnya, tentu membuat prosesor ini semakin powerful. Ditambah lagi TDP prosesor ini yang sangat kecil hanya 54 watt saja serta support memory tipe DDR3L dan DDR4 menjadikan processor lebih responsif, lebih efisien, lebih kencang dan bertenaga daripada generasi pentium sebelumnya.
Harga : IDR 820.000

3. RAM



Untuk komponen RAM, kru KotGa memilih Crucial DDR4 Ballistix Sport LT 8GB KIT 2400Mhz, disatu sisi harga nya yang murah, frekuensi pada ram tersebut juga sudah cukup besar jika kalian ada rencana untuk membeli motherboard yang lebih mumpuni dengan chipset Z170 ataupun Z270
Harga : IDR 600.000

4. VGA



Nah, ini adalah bagian yang paling sensitif dan paling sering dipertanyakan, kali ini kru KotGa memilih XFX Radeon RX 470 4GB DDR5 - Triple X Edition, memiliki performa jauh diatas GTX 1050 ti serta sedikit lebih unggul dari GTX 970, tentu dengan harga yang murah, vga ini juga sudah dibekali Dual Fan serta Backplate yang akan melindungi PCB supaya tidak bengkok serta menambah kesan "mahal" vga ini.
Harga : IDR 2.605.000

5. SSD



Untuk komponen SSD, kru KotGa memilih Sandisk SSD Plus 120GB disamping harganya yang murah, rasanya sudah cukup dengan kapasitas tersebut hanya untuk menyimpan beberapa koleksi game seperti DOTA 2 ataupun Overwatch. Untuk kedepannya kalian bisa menambahkan Hardisk agar kapasitas penyimpanan lebih lega.
Harga : IDR 695.000

6. Power Supply



Power supply adalah jantung dari PC kalian, jadi tidak bisa sembarangan memilih power supply. Untuk komponen power supply, kru KotGa memilih Enermax NAXN 500W yang sudah memiliki sertifikasi 80 Plus. Untuk urusan kualitas, power supply ini sudah cukup untuk menampung semua hardware yang kru KotGa sebutkan diatas.
Harga : IDR 540,000

7. Casing



Casing yang sangat cocok buat kalangan entry-level, kru KotGa memilih Cube Gaming Weiss, selain bentuk nya yang minimalis dan futuristak dengan kaca samping full acrylic. Banyak fitur yang ditawarkan juga seperti psu cober, slot card reader, serta USB 3.0 dengan harga yang sangat murah.
Harga : IDR 405,000

Budget yang sedikit untuk kalangan entry-level, lalu bagaimana performa saat main game? Nah, setelah kru KotGa melakukan riset dan juga pengalaman teman menggunakan spek tersebut, game seperti DOTA 2 dan juga Overwatch serta GTA V dan Battlefield 1 dapat dimainkan dengan sangat lancar. Yuk langsung aja lihat hasil benchmark nya.



Dengan settingan high menggunakan resolusi 1080p untuk game kompetitif seperti DOTA 2 dapat dijalankan dengan sangat lancar hingga mencapat 90 FPS+. Tidak lupa juga game lainnya seperti Overwatch, Battlefield 1, serta GTA V dapat dijalankan dikisaran 60 FPS keatas. Dengan budget total IDR 6,645,000 tentunya sudah sangat nyaman untuk kalian gamer biasa yang belum terlalu hardcore gamer kru KotGa rasa sudah cukup.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru