Feature

[Diary Kru KotGa] Alasan Mengapa Saat Ini Rakit PC Gaming Bukan Saat yang Tepat

Ketika diminta untuk memilih perangkat apa yang paling diinginkan untuk bermain game kekinian, pasti kebanyakan gamer lebih memilih PC daripada konsol. Walaupun memang, beberapa orang juga tetap setia menggunakan konsol hingga saat ini. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi memang para pemuja PC gaming yang disebut dengan PC master race tengah menjamur.

Akan tetapi jika kamu saat ini sedang berencana untuk merakit PC gaming dalam waktu dekat, tampaknya kamu akan menempuh berbagai kesulitan nih Kotakers.

Alasan utamnya karena terbatasnya stok hardware yang disediakan oleh pihak distributor, terutama komponen seperti prosesor, RAM, dan juga GPU. Usut punya usut, ternyata kelangkaan komponen tersebut dikarenakan "lampu merah" atau yang biasa disebut Red Line. Sekedar informasi untuk kamu, Red Line adalah dimana pihak terkait menahan suatu barang karena adanya ketidak sesuaian.
Hal tersebut dikarenakan saat ini pemerintah semakin ketat dalam menangani barang impor. Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengungkapkan bahwa saat ini banyak terjadi praktik tidak sehat oleh importir berisiko tinggi. Dikarenakan red line, barang yang masuk tidak sebanyak dulu, dan permintaan akan komponen PC tersebut lebih banyak.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
Udah barang yang berhasil masuk sedikit, komponen seperti VGA telah diborong oleh para miner yang tiba-tiba muncul, mulai dari yang udah berpengalaman sampai dengan yang baru mau mulai. Tidak bisa dipungkiri lagi meskipun koin digital seperti Bitcoin, Zcash dan Ethereum semakin terperosok, masih banyak para penambang yang masih berusaha hingga saat ini.

Barang yang tersedia sangat terbatas, permintaan banyak, tentu saja harga barang akan menjadi naik sesuai dengan hukum permintaan. Beberapa komponen yang berasa kenaikan harganya adalah prosesor, RAM dan juga GPU.

Kru KotGa ambil contoh prosesor sejuta umat untuk kere-kere hore saat ini, yaitu Intel Pentium G4560, sebelum masalah ini terjadi, prosesor tersebut hanya dibanderol dengan harga IDR 810.000 akan tetapi saat ini kamu harus merogoh kocek sekitar IDR 1.050.000 untuk mendapatkannya. Jikalau pengalaman kru KotGa dulu membeli RAM Corsair DDR4 Vengeance RGB PC21000 16GB cukup merogoh kocek sekitar IDR 1.985.000, saat ini RAM tersebut telah dijual dengan harga IDR 2.260.000.
GPU atau yang biasa disebut juga VGA, adalah komponen PC yang paling parah terkena imbasnya. Terutama pada varian RX 470/480, RX 570/580 dan juga GTX 1060 yang menjadi favorit para penambang koin digital. Harga GPU tersebut bissa naik sekitar 25% hingga 50%. Tidak hanya disitu, hal tersebut berimbas juga pada varian dibawah dan diatasnya seperti GTX 1050 Ti yang saat ini mengalami kenaikan harga sekitar 10% dan juga GTX 1070 yang juga ikutan naik harganya.
Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
Nah, itu beberapa alasan yang menurut kru KotGa bahwa saat ini bukan saat yang tepat untuk merakit atau membangun suatu PC gaming. Jika kamu sultan, hal yang sudah kru KotGa sebutkan diatas tidak akan berpengaruh. Mungkin kamu bisa menunggu hingga beberapa bulan kedepan hingga keadaan kacau ini kembali normal atau mungkin mau beralih ke konsol? Semua itu terserah kamu.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru