Feature

[Diary Kru KotGa] Rakit PC Gaming "Low Budget" Saat Harga Hardware Sedang Naik

Tidak bisa dipungkiri lagi memang para pemuja PC gaming yang disebut dengan PC master race tengah menjamur. Tentu hal yang paling diutamakan adalah kemampuan diatas rata-rata dari segi performa dan kualitas visualisasi saat bermain game jauh lebih bagus dibandingkan konsol yang dibataskan oleh pihak developer hingga Steam yang sering mengadakan diskon besar-besaran setiap beberapa bulan sekali.

Disamping kelebihan tersebut, tampaknya saat ini ada beberapa kendala jika kamu ingin membangun sebuah PC gaming. Mengapa? Alasan utamanya karena terbatasnya stok hardware yang disediakan oleh pihak distributor, terutama komponen seperti prosesor, RAM, dan juga kartu grafis. Tentu saja alasan tersebut bukan tanpa alasan lho Kotakers.
Selain pemerintah semakin ketat dalam menangani barang impor hingga menumpuknya barang sehingga terjadi redline, saat ini Samsung dan SK Hynix sebagai manufaktur memori GDDR5 mengaku sudah tidak berfokus pada kartu grafis desktop saja tetapi juga membuat teknologi RAM standar untuk mengatasi meningkatnya permintaan dari pasar enterprise dan mobile.

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakit PC Paling PAS MANTAB Cuma 7 Jutaan Untuk Gaming Kekinian
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
Lantas, apakah saat ini bisa merakit sebuah PC gaming dengan budget yang ngepas aka low budget? Tentu saja bisa. Beberapa waktu lalu, kru KotGa diminta tolong oleh seorang teman untuk membuat racikan PC gaming dengan budget yang sangat ngepas, tepatnya sekitar IDR 4.000.000. Pada saat meminta hal tersebut, ia sudah memiliki monitor dan periferal gaming lainnya.

Berikut spesifikasi yang kru KotGa sarankan:

  • Prosesor: AMD Bristol Ridge A8-9600 (Radeon R7 Series)
  • Motherboard: ASRock A320M-HDV
  • RAM: Gloway DDR4 Game-X PC19200 Dual Channel 8GB (2X4GB)
  • HDD: WDC 320GB
  • PSU: XFX XT Series 400W
  • Casing: VenomRX Squadron Full Tempered Glass

Total: IDR 4.200.000
Tentu saja pemilihan spesifikasi PC tersebut bukan tanpa alasan. Selain upgradable, mengapa kru KotGa sarankan menggunakan prosesor AMD A8-9600 dimana prosesor APU tersebut sudah termasuk IGP Radeon R7. Secara garis besar, itu sudah sangat cukup untuk memainkan game kekinian seperti DOTA 2, Paladins, ataupun Fortnite Battle Royale. Apalagi jika kamu masih menggunakan monitor 768p.

Untuk kedepannya jika ingin upgrade, kamu tinggal menambahkan kartu grafis yang lebih powerful yang tentu saja disesuaikan dengan budget ataupun kemampuan power supply. Mungkin Nvidia GTX 1050 Ti adalah kartu grafis yang tepat. Nah, jika ingin upgrade prosesor, kamu tidak perlu mengganti motherboard, hanya perlu mengganti AMD A8-9600 dengan AMD Ryzen kedepannya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru