Mini Feature

[Diary Kru KotGa] Mengintip Tren Virtual Youtuber Anime yang Semakin Marak dan Populer

oleh: VolkanKaya

Menyusul popularitas dari berbagai kalangan gamer yang sudah semakin marak di Youtube, beberapa tim kreatif mulai menerapkan konsep baru dimana sebuah program A.I dapat menjadi seorang entertainer yang dapat bersaing. Salah satu yang mempopulerkan tren terbaru ini adalah virtual youtuber bernama Kizuna A.I, yang hingga saat ini masih menjadi bahan spekulasi dari banyak pihak.

Bagaimana tidak, karena mulai dari tingkah laku hingga reaksi yang diperlihatkannya benar-benar terlihat sangat nyata dan cerdas. Hanya saja, program A.I ini memiliki wujud waifu anime yang pastinya dapat mengundang banyak gamer untuk menontonnya. Karena terbukti sebagai strategi promosi yang lebih efektif, beberapa pihak lain akhirnya juga mengikuti langkah yang sama dengan membuat virtual youtuber mereka sendiri.

Tidak hanya dirancang untuk bersaing dalam merebut kepopuleran dengan Kizuna A.I, tapi virtual youtuber ini juga memberikan nuansa baru yang lebih unik dan dapat membuat gamer cepat terbiasa dengan tren ini. Salah satu pesaing terberatnya sendiri saat ini adalah virtual youtuber buatan Exys Inc yang bernama Yua Fujisaki, dan juga Luna Kaguya yang baru saja memulai debutnya bulan lalu.

Selain kedua virtual youtuber tersebut, ada juga pesaing lainnya yang tidak kalah menariknya yaitu Mirai Akari. Virtual youtuber ini juga memulai debutnya belum lama ini, tapi sudah berhasil mendapatkan 350.000 subscriber dan 23 juta total view video di YouTube. Jika dibandingkan dengan gamer esport dan livestreamer, sepertinya virtual youtuber memang berhasil mendapatkan tingkat popularitas tinggi dalam waktu singkat.

Baca ini juga :

» [Diary Kru KotGa] Gimana Sih Memilih Anime Yang Bagus Untuk Ditonton?
» [Diary Kru KotGa] Mengintip Tren Game Adaptasi Anime yang Semakin Marak
» [SPECIAL] 7 Anime yang Belum Jelas Kelanjutan Season Terbarunya
» Apa yang Sebenarnya Terjadi Jika Kamu Memulai Petualangan Dalam Sebuah Dunia Fantasi?
» [Diary Kru KotGa] .Hack vs Sword Art Online, Mana Sebenarnya yang Terbaik?

Tidak hanya gamer, tapi ada juga beberapa virtual youtuber yang melakukan ragam aktifitas lainnya. Salah satu contohnya sendiri meliputi video cover song dari Aoi Fuji, fox daughter menggemaskan dari Virtual Kitsune Musume, video let's play unik dari Shiro dan Reiden Kasuka, waifu dengan wujud separuh kucing dari Narakyatto, hingga wujud virtual youtuber zombie dari Zombi-ko.

Agar tidak terkesan monoton dan dapat memberikan daya tarik yang lebih berbeda, beberapa tim pengembang akhirnya juga membuat virtual youtuber karakter pria, dimana virtual youtuber Bacharu adalah yang pertama kali mempopulerkannya. Lebih uniknya lagi, virtual youtuber ini memiliki wujud seekor kuda dengan pembawaan sifat layaknya seorang komedian. Menyusul Bacharu, belum lama ini Kite Amashita juga memulai debutnya sebagai virtual youtuber dengan sosok husbando yang pertama.

Walaupun tren yang unik ini baru dimulai tahun lalu, tapi pengaruhnya dalam perkembangan Youtube sebagai media sosial benar-benar sangat kuat. Terlepas dari spekulasi mengenai apakah program ini benar-benar memiliki kecerdasan atau tidak, fakta kalau tren ini sangat efektif dalam mendapatkan popularitas tinggi dengan cepat memang sesuatu yang sulit disangkal. Jadi bagaimana dengan Kotakers sendiri, apakah virtual youtuber adalah sosok entertainer baru yang memang menarik saat ini?

Thumbnail artwork by arohaJ - Pixiv

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

[SPECIAL] Ini Dia, Bocora...

Mau tahu bocoran combo-combo untuk 7 karakter Dragon Ball Fighter...

[Diary Kru KotGa] Masa-Ma...

Diary Kru KotGa kali ini akan membahas tentang pengalaman Kru ...

[SPECIAL] Highlights MPL ...

Hari pertama Minggu kedua Mobile Legends : Bang Bang Professional...

Most Popular Feature