Feature

[Diary Kru KotGa] Vehicular Combat, Dulu Populer Sekarang Meredup

Dari seluruh konsol game yang ada di dunia ini, gak bisa disangkal sama sekali bahwa Sony dengan Playstation 1 nya yang paling berkesan hingga saat ini. Salah satu faktor utama yang bikin konsol yang dirilis pada tahun 1994 silam ini sangat begitu memorable adalah kumpulan library gamenya yang super duper banyak nan klasik.

Mulai dari game bergenre "waras" sampai yang tidak waras juga ada. Berbicara mengenai game yang "jadul" dan cukup gila di zamannya. Salah satu genre yang paling mencolok pada zaman tersebut genre Vehicular Combat. Sebagai gamer yang bergelut pada zaman kejayaan PS1 dulu, kru KotGa merasa sangat terhibur dengan mekanisme gameplay "gila" yang ditawarkan pada genre tersebut.

Sebut saja judul seperti Twisted Metal yang benar-benar menjadi hits di kala itu. Coba tanyakan kepada gamer yang tumbuh pada awal tahun 2000an, dijamin deh semua pasti tahu apa itu game Twisted Metal beserta keseruan yang ditawarkannya.

Twisted Metal sendiri hadir di PlayStation 1 dengan berbagai versi dimana seri perdana rilis pada tahun 1995. Setiap karakter Twisted Metal memiliki cerita dan latar belakang. Secara konsep, Twisted Metal hadir dengan nuansa gelap dan mencekam layaknya sebuah game battle-royale. Setiap kendaraan yang dihadirkan memiliki kemampuannya masing-masing yang unik dan berbeda serta memiliki latar belakang cerita.

Baca ini juga :

» [Diary Kru KotGa] Serunya Main Ragnarok M Eternal Love
» [Diary Kru KotGa] Masih Ingat dengan Kombo Lost Saga yang Legend Ini?
» [Diary Kru KotGa] Pantaskah Untuk Investasi Smartphone Gaming Saat Ini?
» [Diary Kru KotGa] Pengalaman Kru KotGa Meliput GameStart Asia 2018 Singapore
» [Diary Kru KotGa] Tekken 7, Button Masher vs Combo Dealer
Disisi lain, sang pesaing yaitu Vigilante 8 hadir dengan genre yang sama dengan konsep yang sedikit berbeda. Hasilnya? sama-sama laku keras kok, karena pada zaman itu genre vehicular combat sangat digemari dikalangan gamer berbagai usia. Yang jadi pernyataan, kemana genre tersebut sekarang? Kok meredup?

Twisted Metal sebenarnya mendapatkan seri reboot pada tahun 2012 yang dikembangkan oleh Eat Sleep Play dan di rilis oleh Sony Computer Entertainment, eksklusif untuk PlayStation 3. Secara garis besar, seri reboot tersebut memiliki potensi untuk menghidupkan genre vehicular combat. Sayangnya, tidak adanya "hype" dan hasil penjualan membuktikan bahwa genre tersebut sudah tidak terlalu diminati. Apalagi, sang kreator - David Jaffe mengundurkan diri dari tim setelah perilisan Twisted Metal 2012.

Sebenarnya, ada satu judul game bergenre yang cukup menarik, yaitu Carmageddon: Max Damage yang hingga saat ini masih eksis dan telah dirilis diberbagai platform diantaranya untuk Xbox One, PlayStation 4 dan juga PC. Sayangnya, game tersebut juga tidak cukup diminati. Dilansir dair halaman SteamCharts, Carmageddon: Max Damage hanya memiliki 20an pemain aktif yang online setiap harinya.

Baca ini juga :

» [Diary Kru KotGa] Serunya Main Ragnarok M Eternal Love
» [Diary Kru KotGa] Masih Ingat dengan Kombo Lost Saga yang Legend Ini?
» [Diary Kru KotGa] Pantaskah Untuk Investasi Smartphone Gaming Saat Ini?
» [Diary Kru KotGa] Pengalaman Kru KotGa Meliput GameStart Asia 2018 Singapore
» [Diary Kru KotGa] Tekken 7, Button Masher vs Combo Dealer
Lantas, apakah game bergenre vehicular combat sudah benar-benar mati dan tidak diminati oleh para gamer? Sepertinya untuk menguji hal tersebut perlu adanya publisher "besar" yang berani untuk merilis game sejenis Twisted Metal atau Vigilante 8. Mengingat semenjak tahun 2012, hanya developer indie yang berani merilis game bergenre vehicular combat.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru