Mini Feature

[Diary Kru KotGa] Nostalgia Gurren Lagann, Gambarkan Potensi Manusia Dengan Penuh Semangat

oleh: Culdesacc

Dalam setiap tahunnya, pasti ada anime yang dianggap berhasil dikenang oleh para otaku sebagai anime bagus yang dapat mewakili anime-anime lainnya. Tak hanya kualitas animasi ataupun karakter waifu yang dikenang, penceritaan menjadi hal terpenting yang dapat menjadi nilai jual sebuah anime papan atas.

Kali ini, kru KotGa akan membahas salah satu anime yang berhasil membuat darah dan semangat kru KotGa mendidih penuh semangat, yakni Tengen Toppa Gurren Lagann. Tengen Toppa Gurren Lagann (Heaven-Piercing Gurren Lagann, atau Gurren Lagann) merupakan anime mecha besutan Gainax yang ditayangkan pada tahun 2007 silam. Berbeda dari Evangelion yang memiliki cerita yang kelam, Gurren Lagann sebaliknya. Anime ini menggunakan background dengan penuh warna dan karakter-karakter yang ekspresif. Pesan yang disampaikan juga lebih positif dan simple jika dibanding dengan Evangelion.

Gurren Lagann berkisah tentang umat manusia yang tinggal dibawah tanah tanpa sinar matahari. Untuk bertahan hidup, tiap desa harus mencari sumber daya dan melakukan ekspansi dengan menggali lubang. Seorang tukang bor muda yang memiliki rasa percaya diri rendah bernama Simon menemukan sebuah kunci berbentuk bor, dan sebuah robot misterius yang nantinya akan diberi nama Lagann.

Sosok abang dari Simon, yaitu Kamina adalah seorang pemuda dengan kepribadian yang optimis dan positif. Kamina pernah pergi ke permukaan bersama dengan ayahnya, dan bermaksud untuk pergi ke permukaan untuk kembali bertemu dengan ayahnya. Namun, tak ada yang percaya dengan Kamina. Hanya Simon dan tim Gurren yang percaya bahwa permukaan itu nyata.

Baca ini juga :

» [Diary Kru KotGa] Apakah Elemen Romansa Akan Merusak Sebuah Anime Action?
» 7 Seri Anime yang Paling Cocok Diadaptasikan Menjadi Game Next Gen
» Akankah Alternative GGO Tetap Populer Tanpa Menyandang Nama SAO?
» [SPECIAL] Inilah 7 Karakter Anime Terpanas!
» [SPECIAL] 7 Anime Bertema Musik yang Wajib Ditonton!

Pada saat Simon dan Kamina berusaha untuk menjebol langit-langit dengan bor yang mereka miliki, desa mereka dihancurkan oleh sesosok robot misterius yang jatuh dari langit dan seorang perempuan bernama Yoko yang melawan robot bernama Ganmen tersebut. Setelah berhasil mengalahkan Ganmen tersebut dan pergi ke permukaan bersama abangnya Kamina, Simon dan Kamina bergabung dengan Yoko untuk melawan Beastmen, sosok monster yang menguasai permukaan Bumi.

Perjuangan Simon, Kamina dan tim Gurren dalam melawan Ganmen mulai dilihat oleh orang banyak setelah Kamina mencuri sebuah Ganmen bernama Gurren dari seekor beastmen dan berhasil mengalahkan jendral Beastmen, Viral dengan robot hasil gabungan Lagann dengan Gurren, yaitu Gurren Lagann.

Melihat sepak terjang Kamina, banyak umat manusia yang termotivasi dan akhirnya bergabung dalam pertarungan manusia melawan Beastmen. Sayangnya, perlawanan manusia dalam pimpinan Kamina harus berhenti karena ia tewas dalam pertarungan melawan jendral Beastmen yang menyerang secara tiba-tiba.

Kamina berpesan pada Simon untuk 'Percayalah pada dirimu yang percaya pada dirimu, bukan pada diriku yang percaya pada dirimu'. Kalimat tersebut menjadi semacam 'mantra' bagi Simon, dan kepercayaan dirinya kembali setelah ia berhasil mengalahkan Ganmen dengan menggunakan Gurren Lagann dan jurus yang diturunkan oleh abangnya, yaitu Giga Drill Break.

Dengan menggunakan simbolisasi dua robot yang bergabung menjadi satu, dan bergabung lagi untuk berubah menjadi bentuk yang lebih kuat lagi, Gurren Lagann mampu menggambarkan potensi manusia dalam anime robot berdurasi 24 menit ini. Anime ini juga menggambarkan apabila manusia berbondong-bondong bersatu untuk saling membantu, maka hal sesulit apapun akan dapat diterobos layaknya bor menembus tembok tebal.

Elemen robot yang bergabung menjadi satu juga menjadi nilai penting dalam Gurren Lagann dan membuat anime ini memiliki salah satu robot terbesar yang ada dalam sejarah anime. Dimulai dari robot kecil bernama Lagann, kemudian bergabung dengan Gurren sehingga menjadi Gurren Lagann. Memulai arc kedua, Gurren Lagann bergabung dengan kapal raksasa Arc-Gurren untuk menjadi Arc-Gurren Lagann. Menjelang pertarungan terakhir, Arc-Gurren Lagann bergabung dengan kapal induk Cathedral Terra untuk menjadi Chou-Ginga Gurren Lagann (Super Galaxy Gurren Lagann) dan akhirnya, menggabungkan semua robot tersebut hingga menjadi Tengen Toppa Gurren Lagann.

Jika kamu penasaran dengan seberapa besar Tengen Toppa Gurren Lagann, kamu bisa langsung melihat video ini.

Kru KotGa sendiri sangat merekomendasikan anime Tengen Toppa Gurren Lagann kepada Kotakers yang membutuhkan tontonan ringan, menghibur dan juga memiliki nilai yang dapat dipetik. Selalu ingat bahwa sesulit apapun masalah, dengan percaya pada diri sendiri kamu akan dapat menembus masalah tersebut. Row row fight the power!

(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

[SPECIAL] Martis Cupu? 5 ...

Sejak kemunculan pertamanya di original server, Martis bisa dibil...

Mengenal John Marston, Ka...

Mungkin Kotakers pernah memainkan game yang satu ini di konsol Pl...

[SPECIAL] Mengenal Lebih ...

Kali ini Kru KotGa akan membahas perubahan DOTA 2 di patch...

Most Popular Feature