Mini Feature

[Diary Kru KotGa] Pudarnya Clinkz di Layar DOTA 2 Pub

oleh: ClockWorange
Untuk Diary Kru KotGa kali ini, Kru KotGa ingin membahas popularitas hero yang dulunya sering digunakan, tapi sekarang mulai redup dan hilang. Hero yang Kru KotGa bicarakan yaitu Clinkz, hero yang satu ini sudah jarang sekali terlihat. Meskipun memiliki damage yang sangat tinggi untuk menghancurkan tower, dan membunuh hero lawan.

Clinkz berada di tempat yang menarik saat ini, meski menjadi salah satu hero paling sukses di high level pub, ia masih sepenuhnya diabaikan di scene kompetitif. EPICENTER XL baru-baru ini hanya memiliki tujuh hero yang tidak dipilih dan di ban, Clinkz adalah salah satunya.

Di high level pub, saat ini Clinkz memenangkan lebih dari 54% permainannya. Yang menarik, hampir tidak ada fluktuasi dalam winrate-nya antara 3k hingga 5k bracket. Meskipun hero ini direkomendasikan di safelane, penampilan offlane dan mid-nya hampir sama seringnya. Terlebih, mid Clinkz memiliki peluang sukses paling tinggi.

Sejarah Clinkz

7.07 mengubah hero ini secara signifikan, mengubah Strafe menjadi hybrid defensif dan ofensif. Banyak pemain masih menganggap perubahan ini sebagai nerf bagi hero dan mereka tidak sepenuhnya salah, meskipun Clinkz sekarang menjadi hero paling sukses ke-7 di tingkat Divine pub.

Versi Strafe saat ini sangatlah aneh bisa menjadi sangat tidak berguna, tapi bisa juga menjadi berguna di waktu tertentu.

Jumlah attack speed yang diberikan sangat mirip dengan apa yang didapat Windranger dari Focus Fire, tetapi pada cooldown yang jauh lebih pendek dan dengan durasi yang jauh lebih pendek. Aspek ofensif dari kemampuan ini memberi Clinkz kesempatan untuk membunuh hampir semua target dalam hitungan detik dengan relatif mudah, terutama di bawah pengaruh Death Pact dan Searing Arrows.

Bagian pertahanan dari skill ini tidak terlalu berdampak banyak, karena skill projectile tidak terlalu banyak. Menghindari empat auto attack dari musuh juga jarang berdampak pada hasil pertarungan.

Perubahan umum terbesar cara sang hero dimainkan saat ini adalah bahwa Strafe mendapatkan prioritas nomor 2 untuk dimaksimalkan. Jika sebelumnya sebagian besar pemain Clinkz memilih level yang lebih tinggi dari Skeleton Walk untuk mendapatkan peningkatan movement speed sebesar 44%.

Baca ini juga :

» [Diary Kru KotGa] Redupnya Meta Hand of Midas untuk Permainan Late Game DOTA 2
» [SPECIAL] 1 vs 5 Pakai Alpha? Tak Jadi Masalah by JessNoLimit
» [Diary Kru KotGa] Mengetahui Kapan Waktu yang Bagus Untuk Bunuh Lord, Turtle dan Turret
» 7 Rekomendasi Game PC Terbaik Minggu Ini
» [SPECIAL] Kembalinya Windranger di Meta DOTA 2 Saat Ini
Ultimate jelas harus diambil jika memang sudah tersedia dan Skeleton Walk memiliki value yang lebih rendah, setelah ditingkatkan untuk pertama kali.

Ketika memasuki pilihan talent, benar-benar tidak ada banyak hal yang berbeda. Clinkz adalah salah satu dari beberapa hero yang pada umumnya melewati level 10 talent dan lebih memilih meningkatkan ekstra poin ke skill.

Untuk level 15 mendapatkan extra damage untuk Searing Arrows adalah suatu keharusan, level 20 dengan 20 regen tambahan membuat dampak yang jauh lebih besar pada hasil dari permainan sementara pada level 25 ekstra 4 detik dan 4 tumpukan tambahan pada Strafe membuatnya jauh lebih baik.

Akhirnya, ada itemisasi dan masyarakat terbagi secara merata antara Scythe of Vyse dan Orchid / Bloodthorn + Nullifier combo. Hampir semua sukses Clinkz pergi untuk Medallion of Courage dan Power Treads dan beberapa memilih untuk membangun Desolator, tetapi ketika datang ke akhir permainan pilihan antara kedua opsi ini harus dibuat.

Di satu sisi, kombinasi Nullifier + Orchid awal akan menghasilkan output kerusakan yang jauh lebih tinggi untuk kemungkinan solo kill.

Alasan yang Memungkinkan Clinkz Tidak Lagi Digunakan

Hero ini cukup fleksibel, memiliki dampak dan kerusakan yang besar di meta. Dia tidak benar-benar memiliki counter yang begitu berpengaruh, sementara menjadi counter yang baik untuk item yang paling populer di pro circuit, "Helm of the Dominator". Dia juga bisa dimainkan sebagai pemecah-belah jika diperlukan.

Mungkin karena Clinkz tidak terlalu berguna, jika keadaan awalnya tidak begitu baik. Tidak seperti hero carry range yang lain, yang bisa dengan mudah memutar balik keadaan meskipun menghadapi awalan yang sulit, seperti Gyrocopter dan Shadow Fiend.

Mungkin itu adalah beberapa talenta level 10 terburuk dalam game. Tak satu pun dari mereka memberi Clinkz sesuatu yang ekstra untuk dikerjakan. Dia juga menggunakan tembus pandang sebagai alat inisiasi atau pelepasan, yang cukup tidak dapat diandalkan dengan tingkat permainan yang lebih tinggi.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

[SPECIAL] Diggie is Back!...

Semenjak kehadiran Angela memang sosok Diggie mulai pudar. karena...

7 Adegan Menegangkan Dala...

Sejak dulu, Captain Tsubasa merupakan anime sepak bola yang ...

[Diary Kru KotGa] Redupny...

Meta saat ini penggunaan Hand of Midas mulai berkurang, karena ma...

Most Popular Feature