Mini Feature

Akankah Alternative GGO Tetap Populer Tanpa Menyandang Nama SAO?

oleh: VolkanKaya

Perjalanan Reki Kawahara dalam mengembangkan seri Sword Art Online hingga populer seperti sekarang tentunya tidak mudah. Dia pertama kali mengembangkan SAO sebagai seri light novel yang dulunya sempat ditolak saat mengikuti lomba, tapi akhirnya mulai diakui setelah karyanya yang lain, Accel World, berhasil memenangkan kompetisi novel pada tahun 2008 dan mulai mendapat permintaan untuk menulis karyanya yang lain. Karena SAO berhasil menunjukkan potensi yang menjanjikan, seri ini akhirnya mendapatkan adaptasi anime dan berujung pada kesuksesan besar.

Seri ini terus berkembang maju dan mendapatkan beragam lini produksi luas mulai dari kelanjutan novel, adaptasi game, aplikasi mobile, dan merchandise yang melimpah. Belum lama ini pihak studio juga menyiapkan kejutan tidak terduga lewat anime spin-off pertamanya yang berjudul Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online. Seperti yang bisa ditebak, latar ceritanya mengambil game Gun Gale Online yang juga menjadi fokus utama di season kedua SAO. Perbedaannya kali ini ada pada karakter, dimana seluruh pemeran utamanya benar-benar baru dan belum pernah muncul dalam seri original SAO. Termasuk juga digantikannya Kirito oleh LLENN sebagai karakter utama.

Setelah menonton beberapa episode, sebenarnya Kru KotGa tidak mengganggap seri spin-off ini sebagai sesuatu yang spesial karena memang berbeda dengan selera pribadi. Tapi jika dibandingkan dengan SAO, setidaknya Alternative GGO dapat menunjukkan kualitas yang lebih konsisten. Seri originalnya bisa dibilang cukup berantakan karena konsep permainan bertahan hidup dapat berubah menjadi kisah romansa antara Kirito dan Asuna yang terlalu dipaksakan. Lebih parahnya lagi, setiap karakter heroine lainnya juga menyimpan perasaan cinta kepada Kirito yang membuat seri originalnya tidak jauh berbeda dengan anime harem.

Alternative: GGO terbukti dapat menghilangkan semua kekurangan tersebut lewat eksekusi jalan cerita yang lebih solid. Setiap karakternya seperti Karen/LLENN dan Pitohou misalnya, dapat memberikan atmosfer berbeda dalam jalan ceritanya berkat pembawaan karakter yang penuh kejutan. Bicara soal kejutan, salah satu episode terbaru Alternative GGO menunjukkan sisi lain dari LLENN yang terlihat lebih tangguh dan brutal. Sesuatu yang sulit diprediksi tentunya jika melihat sosok karakternya yang terlihat imut. Lalu bagaimana dengan seri original SAO? Jujur saja, Kru KotGa sudah bisa menebak jalannya cerita dan konklusi akhirnya karena eksekusi plot yang terasa sederhana.

Baca ini juga :

» Menguak Alasan Kenapa Square Enix Masih Melupakan Final Fantasy VIII
» [VIDEO] 5 Adaptasi Game One Piece Terbaik Untuk Para Fans
» Pengalaman Setelah Memainkan Early-Access Ragnarok Rush
» 5 Game 'Moefikasi' Terbaik Untuk Mobile
» Dapatkan Hatsune Miku, Ini Dia 5 Alasan Memainkan ShinNaZuki!

Selain absennya Kirito dan tema harem dari seri spin-off ini, mungkin pengaruh lainnya yang paling dominan ada dari pergantian pengarangnya. Jika seri original SAO dikerjakan oleh Reki Kawahara, Alternative Gun Gale Online ternyata diambil alih oleh Shigusawa Keiichi yang jauh lebih berpengalaman dalam industri pernovelan. Walaupun hanya berganti pengarang saja, justru dari sinilah kualitas sesungguhnya dari seri ini dapat ditentukan. Kru KotGa kebetulan menemui satu video dari channel YouTube The Anime Man beberapa waktu lalu, dimana dia menjelaskan kalau Alternative Gun Gale Online adalah spin-off yang sangat buruk. Alasannya? Karena seri ini jauh lebih pantas untuk berdiri sendiri tanpa menyandang nama 'Sword Art Online.'

Pernyataan ini sesuai dengan judul artikel Diary kali ini, karena Kru KotGa sendiri juga merasa kalau Alternative Gun Gale online pantas diakui sebagai seri anime yang solid dan tetap mendapat popularitas walaupun tanpa menyandang nama SAO. Semua aspek dalam anime ini berhasil dieksekusi dengan baik mulai dari karakter, jalan cerita yang penuh kejutan dan emosional, sedikit keterikatan dengan SAO yang tidak hanya sebatas cameo, dan masih banyak daya tarik lainnya yang akan membuat kamu jatuh cinta dengan seri ini. Untuk menilai kualitasnya secara langsung, Kru KotGa sangat menyarankan kamu untuk menonton dan membandingkannya dengan seri original SAO. Apakah lebih baik atau lebih buruk? semua tergantung dari bagaimana kamu menilai kualitas faktor yang paling penting dalam anime.

Alternative Gun Gale Online sendiri baru menayangkan 6 episode, tapi kualitas yang ditawarkannya terlihat semakin baik dari waktu ke waktu. Karena masih termasuk dalam dunia Sword Art Online, sepertinya kemunculan karakter original adalah sesuatu yang kemungkinan besar akan terjadi. Jika memang iya, Kru KotGa tentunya berharap agar Kirito, Asuna, Sinon dan beberapa karakter lainnya dapat muncul juga. Ini adalah skenario yang sangat pas, karena disinilah perbandingan antara kedua seri tersebut dapat terlihat. Apalagi dengan jalan cerita yang dikarang oleh Keiichi, bisa saja sosok Kirito dan teman-temannya dapat memberikan impact jalan cerita yang kuat.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

5 Fakta Unik Superhero Ma...

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap DC, Vertigo, serta beberapa...

10 Aktor Mandarin Yang To...

Selain sinetron serta tentunya film dan seri televisi Hollywood, ...

[TGS 2018] Kru KotGa Nyob...

Game Show 2018 merupakan pameran game paling bergengsi yang akan ...

Most Popular Feature