Feature

Apakah Perubahan Dalam Anime Boruto Dianggap Sebagai Canon?

oleh: Culdesacc

Dalam beberapa episode terakhir Boruto, terdapat banyak perubahan yang lumayan mengejutkan banyak penonton. Boruto berhasil memenangkan pertarungan melawan Shikadai, dan Shikadai harus dengan berat hati dikalahkan oleh sahabatnya. Boruto berakhir harus menghadapi Shinki bersama dengan Sarada, dan akhirnya ketahuan curang di final. Tentu hal tersebut merupakan hal unik yang tidak ditemukan dalam konten asalnya, yaitu Boruto the Movie. Namun, apakah perubahan tersebut dianggap sebagai perubahan yang nyata dan diakui oleh sang pengarang, Masashi Kishimoto?

Baca ini juga :

» Fakta yang Telah Diketahui Dari Karakter Misterius, Kawaki
» Misteri Organisasi Kara yang Belum Terjawab di Boruto
» Apakah Boruto Mampu Melampaui Ayahnya, Naruto?
» Berbagai Teori Liar Naruto yang Terbukti Bohong!
» Pengalaman Mencoba Jump Force di C3 AFA 2018!

Bicara soal hal-hal yang menyimpang dari anime Boruto, tentunya kita ingat bahwa dalam anime Naruto dan Naruto Shippuden sendiri terlalu banyak episode filler yang terdapat dalam anime tersebut, seperti misalnya arc Bikochu di Naruto dan arc Sora di Naruto Shippuden. Karakter-karakter dan jurus yang muncul dalam arc tersebut tidak pernah disinggung lagi hingga sekarang dan hanya menjadi angin lalu. Rasengan yang bisa dilempar oleh Naruto pun tak pernah disinggung lagi karena di manga asalnya, Rasengan tidak bisa dilempar tanpa bantuan chakra alam, dan Sora hanya menjadi karakter tambahan yang kini dilupakan oleh banyak orang.

Versi manga dari Boruto sendiri juga salah satu yang mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah desain karakter yang sedikit lebih detail jika dibandingkan dengan animenya. Perubahan terbesar terdapat pada desain karakter Sarada yang menggunakan rok pendek dan sepatu hak tinggi, bukan sandal ninja seperti dalam versi animenya. Namun, perubahan desain sepertinya tidak terlalu berpengaruh pada cerita yang ingin disampaikan, jadi tidak terlalu banyak penggemar Naruto yang protes.

Sejujurnya, kru KotGa menganggap perubahan-perubahan yang terjadi dalam anime Boruto saat ini menunjukkan bahwa sutradara dan para staff anime Boruto semakin menyadari bahwa anime tersebut telah mencapai titik jenuh dan para fans butuh sesuatu yang baru dalam anime tersebut. Walau demikian, tentu keputusan untuk merubah sesuatu harus disetujui terlebih dahulu oleh sang komikus yakni Masashi Kishimoto. Semoga saja perubahan-perubahan ini dianggap sebagai informasi yang canon atau valid oleh sang mangaka.

Bagaimana menurut Kotakers, apakah perubahan ini merupakan perubahan ke arah yang lebih baik agar anime Boruto tidak membosankan, atau perubahan ini hanya akan dianggap sebagai informasi non-canon seperti filler kebanyakan?

(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru