Feature

Rakit PC Gaming Setara Harga PlayStation 4 Pro, Lebih Baik yang Mana?

Ketika diminta untuk memilih perangkat apa yang paling diinginkan untuk bermain game kekinian, pasti kebanyakan gamer lebih memilih PC daripada konsol. Walaupun memang, beberapa orang juga tetap setia menggunakan konsol hingga saat ini. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi memang para pemuja PC gaming yang disebut dengan PC master race tengah menjamur.

Ketika bermain game menggunakan konsol, para gamer tidak perlu repot memikirkan spesifikasi apa saja yang akan dibeli, tinggal membeli konsol, lalu memainkannya di televisi ataupun monitor. Setelah itu, game yang dimainkan mendapatkan jaminan pasti lancar ketika memainkan game-game favorit yang ingin dimainkan.

Berbeda dengan konsol, para gamer yang menjadikan PC sebagai perangkat gaming utama perlu memikirkan spesifikasi PC apa yang akan dibelinya. Apakah dengan spesifikasi tersebut bisa memainkan dengan lancar? Apakah komponen dengan merk XXX sangat bagus untuk digunakan jangka panjang? Serta masih banyak lagi yang harus dipikirkan agar terbangun sebuah PC gaming impian.

Nah, pada artikel ini Kru KotGa akan memberikan sedikit perbandingan, kira-kira spesifikasi PC seperti yang bisa didapatkan ketika merakit dengan budget yang sama setara dengan harga PlayStation 4 Pro. Kira-kira spesifikasi PC seperti ya yang didapatkan dan apakah bisa menyangi performa PlayStation 4 Pro?

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
Berikut spesifikasi PC yang didapatkan:

  • Prosesor: AMD Ryzen 3 1200
  • Motherboard: ASUS Prime A320M-K
  • GPU: XFX Radeon RX 560D
  • Casing: Cube Gaming Weiss
  • PSU: FSP Hexa+ II 400W

Total: IDR 6.760.000

Sementara harga PlayStation 4 Pro yang beredar di berbagai toko online berkisar antara IDR 6.500.000 sampai dengan IDR 6.900.000.

Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan yang menyesuaikan. Motherboard AM4 dengan chipset terendah tersebut masih bisa melakukan overclock RAM untuk meningkatkan performa prosesor Ryzen tersebut. Kru KotGa rekomendasikan untuk meningkatkan kecepatan RAM hingga 3200Mhz atau minimal 2933Mhz. Berikut hasilnya ketika memainkan beberapa game terkini.

Sayangnya, PC seharga PlayStation 4 Pro belum bisa menyaingi peformanya. Mengingat PlayStation 4 Pro bisa memainkan game-game kekinian dengan framerate 60 FPS pada resolusi 1080p serta bermain di resolusi 4K dengan framarate di 30 FPS. Secara fungsi untuk memainkan game memang PlayStation 4 Pro diperuntukkan khusus untuk bermain game, berbeda dengan PC yang bisa digunakan untuk segala macam hal.

PlayStation 4 Pro hadir dengan peningkatan kemampuan pengolahan gambar dan juga mendukung kualitas gambar 4K atau UltraHD serta dukungan HDR. Dengan memacu performa dan arsitektur melalui CPU dan GPU, konsol ini memungkinkan untuk me-render game dengan gambar yang jauh lebih detail dan smooth. Selain itu, PS4 Pro juga mendukung 4K video playback untuk video streaming. Aplikasi Netflix dan video YouTube beresolusi 4K juga hadir untuk PS4.

Kalau untuk PC sendiri memiliki kelebihan dimana kamu bisa malakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti mengerjakan tugas kantor atau kuliah misalnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan upgrade setiap komponen satu per satu tanpa harus menjualnya semua untuk membeli yang baru, istilahnya bisa dicicil.

Untuk masalah selera memang tidak bisa disimpulkan bagaimana kebutuhan para gamer di seluruh dunia. Ada yang hanya ingin bermain game, ataupun juga melakukan berbagai aktivitas lainnya di perangkat gaming mereka. PC ataupun PlayStation 4 Pro itu sendiri memiliki kelebihannya masing-masing.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru