Feature

Mengapa Belakangan Ini Judul Anime Semakin Panjang?

oleh: Culdesacc

Kotakers yang sering menonton anime pasti sering menyadari bahwa dalam beberapa tahun terakhir, judul anime yang muncul sering kali sangat panjang sampai-sampai kita tidak perlu menonton untuk tahu tentang apa anime tersebut. Seperti contoh saja, 'Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai' (There's no way my little sister can't be this cute! / Oreimo), 'Moshi Koukou Yakyuu no Joshi Manager ga Drucker no 'Management' wo Yondara' (What if the Female Manager of a High-school Baseball Team Read Drucker's Management / Moshidora) atau 'Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka' (Is it Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon / Danmachi) hampir semua dari judul anime tersebut menjelaskan sinopsis secara garis besar.

Sebenarnya, kenapa sih belakangan ini judul dari sebuah anime menjadi semakin panjang?

Baca ini juga :

» Awas Maksiat! 7 Game Mobile Yang Gak Boleh Kalian Mainin Sebelum Buka Puasa Edisi 2022!
» Nyesel Kalau Gak Nonton! Ini Dia 7 Rekomendasi Anime Baru Yang Akan Rilis di 2022
» Sembari Menunggu Arcane Season 2, Ini Dia Deretan Anime Yang Harus Kamu Tonton Kalau Kamu Suka Arcan
» Mau Jadi Tanjidor? Ini Dia Deretan Game Adaptasi Anime Yang Gak Akan Ngecewain!
» Udah Pernah Maenin Belom? Ini Dia 7 Rekomendasi Game JRPG Yang Keren Dan Asik Di Steam!

Sebagian besar dari anime belakangan ini berasal dari adaptasi Light Novel yang populer, seperti misal sebut saja Sword Art Online atau beberapa judul lainnya. Untuk menarik pembaca baru agar mereka tertarik untuk novel karangan sang penulis, biasanya judul panjang digunakan sebagai 'pemancing' agar calon pembaca tertarik dengan hanya membaca judul dari Light Novel tersebut.

Dalam sebuah interview dengan Kotaku, penulis dari Light Novel 'Dakara Boku wa H ga Dekinai' (That's Why I Can't Have Ecchi) Pan Tachibana mengatakan bahwa tidak ada jaminan seorang calon pembaca akan membaca sinopsis sebuah Light Novel secara keseluruhan. Karenanya, judul yang panjang digunakan sebagai 'sinopsis tambahan' agar memancing calon pembaca untuk tertarik dan berujung membeli Light Novel tersebut.

Selain itu, berkembangnya industri Light Novel di Jepang juga menyebabkan para penulis Light Novel untuk menghalalkan segala cara agar Novel mereka menjadi sebuah sensasi dan berbeda dari Novel lainnya. Karena itu, nama yang panjang dan digunakan agar Novel yang mereka tulis semakin mencolok jika dibandingkan yang lainnya.

Walau cara tersebut membantu penjualan, tentunya seiring dengan berjalannya waktu pembaca dan penonton akan mulai capek ketika harus melihat list anime baru dengan judul yang amat panjang. Bahkan sampai pusing dan bingung menyebutkan judul sebuah anime yang mereka ingin rekomendasikan dengan nama yang sangat panjang seperti 'Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai' (AnoHana).

Jadi, apakah menurut Kotakers judul anime yang semakin panjang ini menolong penonton baru untuk mengetahui cerita dari anime tersebut dalam garis besar, atau judul panjang tersebut justru menghilangkan rasa penasaran penonton karena sudah mengetahui garis besar dari anime tersebut?

(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru