Release Date25 May 2003
ESRB RatingTeen
Genre
Publisher
LYTO DATARINDO FORTUNA

Developer
Gravity

Console
KOTAK GAME RATING
86
PLAYER RATING
89
BERI RATING
Review

Monster Lucu di Labirin Bifrost - idRO

oleh: Master-Fakry, 16 March 2013

Review

Pada tanggal 13 Maret 2013 lalu, Ragnarok Online Indonesia (idRO) telah melakukan update besar yaitu Bifrost. Pada update ini, ada penambahan beberapa map baru yang terletak di New World, sebuah map yang berlokasi pada dimensi lain di Rune Midgard.

Pada update ini juga terdapat quest seru yang mengharuskan gamers untuk melewati sebuah labirin bernama Misty Forest Labyrinth, yang dihuni oleh monster berpenampilan lucu tetapi memiliki agresivitas tinggi, serta damage yang sangat tinggi (istilahnya adalah para Guardian). Jika tidak waspada, gamers bisa terjebak dalam situasi berbahaya yang merugikan diri sendiri dan anggota grup.


Misty Forest Labyrinth (kiri), Bifrost Field 01 (kanan)

Untuk menuju ke labirin itu, gamers harus ke Bifrost Field 01 terlebih dahulu dan berbicara dengan NPC Rapine Soldier yang ada disana (hanya ada 1 NPC). Untuk masuk ke dalam labirin, gamers harus berada dalam sebuah grup dan hanya ketua grup yang bisa memutuskan untuk memasuki labirin atau tidak.

Agar bisa masuk ke Bifrost Field 01, gamers harus bisa masuk ke Splendide terlebih dahulu. Caranya adalah selesaikan quest awal berjudul Onward to The New World setelah itu jalankan juga quest lainnya seperti New Surroundings.


Cara menuju ke Bifrost


Bicara kepada NPC lalu, tunggu giliran masuk


Misty Forest Labyrinth

Pada kesempatan ini, kru KotGa akan membahas mengenai data monster yang terdapat pada labirin tersebut, serta pengalaman kru KotGa saat menghadapinya.

  • Nama monster: Lost Dragon


    Level: 135
    Race: Dragon
    Element: Shadow 3
    Size: Besar
    HP: 608.920
    Attack: 1050 ~ 1580
    Defense: 60
    Hit: 428
    Flee: 423

    Monster ini termasuk MVP, karena setelah saya dan grup berhasil mengalahkannya, muncul simbol MVP di atas kepala karakter. Monster ini tidak sulit untuk dikalahkan jika gamers bekerjasama dengan baik. Menurut pengakuan beberapa teman, menghadapinya sendiri pun masih bisa menang.

    Berbeda dengan MVP kebanyakan, monster ini tidak memiliki slave (budak) namun, kerumunan monster yang ada dalam Misty Forest Labyrinth sudah cukup membuat kita kewalahan. Bagi karakter Job 4, menghadapi monster ini bersama anggota grup mungkin hanya membutuhkan waktu 1 ~ 5 menit (tergantung keterampilan gamers).

  • Nama monster: Pom Spider


    Level: 145
    Race: Serangga
    Element: Tanah 3
    Size: Sedang
    HP: 122.110
    Attack: 632 ~ 847
    Defense: 240
    Hit: 450
    Flee: 488

    Monster ini adalah yang paling banyak HP-nya di antara monster lain di Misty Forest Labyrinth. Selain itu, dia pun sering menggunakan skill Spider Web untuk menjerat musuh dan itu sangat mengganggu.

  • Nama monster: Angra Mantis


    Level: 144
    Race: Serangga
    Element: Tanah 2
    Size: Sedang
    HP: 91.720
    Attack: 579 ~ 756
    Defense: 175
    Hit: 514
    Flee: 472

    Gamers harus waspada ketika menghadapi monster ini karena dia sering mengeluarkan skill Sonic Blow dengan damage yang sangat besar dan bisa memberikan status stun kepada karakter.

    Hit dan flee monster ini juga snagat besar, sehingga agak sulit untuk dikalahkan dan dirancang untuk mengagalkan para petualang yang mencoba untuk pergi ke Mora Village. Jika gamers menghadapi kerumunan monster, usahakan untuk menghabisi monster ini terlebih dahulu.

  • Nama monster: Parus


    Level: 142
    Race: Brutal
    Element: Tanah 2
    Size: Kecil
    HP: 86.990
    Attack: 511 ~ 663
    Defense: 161
    Hit: 488
    Flee: 434

    Mungkin dari segi penampilan monster ini sangat lucu, pinguin berjalan di tengah hutan belantara. Namun gamers harus waspada ketika berhadapan dengannya karena monster ini cukup mengganggu dan dapat memberikan damage besar kepada karakter.

  • Nama monster: Creeper


    Level: 100
    Race: Tanaman
    Element: Tanah 1
    Size: Kecil
    HP: 1.000
    Attack: 0
    Defense: 0
    Hit: 300
    Flee: 270

    Ini hanyalah monster yang menghalangi portal untuk menuju tempat selanjutnya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika menghadapi monster ini. Hanya menerima 1 damage ketika menerima serangan dari musuh.

  • Nama monster: Little Fatum


    Level: 142
    Race: Demi-human
    Element: Wind 2
    Size: Kecil
    HP: 85.100
    Attack: 442 ~ 894
    Defense: 51
    Hit: 427
    Flee: 492

    Monster ini cukup jarang muncul di Misty Forest Labyrinth. Selain itu, menghadapinya pun tidak sulit, bukan monster yang memberikan ancaman besar untuk para Job 4. Namun, gamers harus tetap waspada karena teman-teman dari monster ini cukup berbahaya.

  • Nama monster: Miming


    Level: 140
    Race: Formless
    Element: Netral
    Size: Kecil
    HP: 81.200
    Attack: 430 ~ 652
    Defense: 120
    Hit: 421
    Flee: 468

    Monster ini adalah yang terlucu di Misty Forest Labyrinth, tetapi damage yang dibetikannya cukup mengganggu. Mungkin gamers akan tidak tega untuk menghabisinya karena penampilannya itu, namun jangan terlena karena dia termasuk monster yang berbahaya.

  • Nama monster: Nydhogg's Memory


    Level: 130
    Race: Formless
    Element: Netral 1
    Size: Kecil
    HP: 10
    Attack: 0
    Defense: 0
    Hit: 330
    Flee: 300

    Terdapat dua jenis warna untuk monster ini yaitu biru muda dan ungu. Dia hanyalah monster yang meramaikan petualangan di Misty Forest Labyrinth. Tidak ada yang perlu gamers khawatirkan ketika menghadapinya. Hanya menerima 1 damage dari setiap serangan yang diberikan oleh musuh.

-***-

Setelah mengetahui data monster, kru KotGa dapat menyimpulkan bahwa mayoritas monster berelemen Tanah sehingga elemen yang cocok digunakan untuk menyerang monster adalah Api. Setelah itu, elemen armor yang cocok untuk digunakan disini adalah armor elemen Tanah.

Waspadalah ketika menghadapi monster pada labirin ini karena mereka mampu menggunakan skill yang sangat menganggu bahkan mematikan. Bawalah ransum penyembuhan sebanyak mungkin dan pastikan HP karakter berada pada kondisi aman (warna hijau) karena MVP Lost Dragon bisa muncul di spot tertentu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kesimpulan Review: Ragnarok Online Indonesia: Update Bifrost

95KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Map baru
  • Monster menantang
  • Semakin banyak kombinasi equipment
  • (-) KEKURANGAN
  • Belum semua fitur diimpelemntasikan
  • Lag tanpa alasan yang jelas

Itulah review setelah update idRO beberapa waktu yang lalu. Walaupun game ini sudah termasuk tua, namun selalu update dan tetap menyenangkan.

Apa pendapat Kotakers mengenai monster pada update ini?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724