Release Date24 May 2012
ESRB RatingEveryone
GenreAction
Publisher
Kiloo Games

Developer
Kiloo Games, Sybo Games

Console
KOTAK GAME RATING
90
PLAYER RATING
90
BERI RATING
Review

Subway Surfers

oleh: Romyweezer, 14 March 2013

Subway Surfers

Subway Surfers adalah game bergenre free running yang dikembangkan oleh Kiloo Games bekerja sama dengan Sybo Games, yang diluncurkan pertama kali untuk platform iOS pada musim semi 2012, tepatnya tanggal 24 Mei 2012, secara gratis di Apple Store. Setelah sukses di perangkat berbasis iOS seperti iPod, iPhone, dan iPad (dengan software iOS 4.3 ke atas), saat ini Subway Surfers juga sudah dapat dimainkan menggunakan perangkat Android dan juga tablet Kindle. Dalam game yang gameplay-nya "mirp" dengan Temple Run ini, gamers diajak untuk terus berlari di sepanjang jalur kereta, sambil menghindari berbagai macam rintangan seperti gerbong kereta, penghalang jalan, tembok pemisah jalur kereta, dan semacamnya, sambil mengumpulkan koin serta item-item khusus yang dapat meningkatkan kemampuan karakter.


Kru KotakGame (KG) memiliki kesempatan untuk mencoba Subway Surfers di perangkat Android. Saat ini versi terbaru dari game yang memiliki ukuran file sebesar 23,35 MB (di Google Play) ini sudah mencapai versi 1.8.1, yang di-update pada tanggal 6 Maret 2013. Subway Surfers sendiri menceritakan tentang kisah Jake, Tricky dan Fresh yang terpaksa harus melarikan diri (setelah mencorat-coret tembok/membuat gravity di stasiun kereta) dari kejaran seorang inspektur bersama seekor anjingnya. Oiya update terbaru menghadirkan fitur "World Tour Rome" yang pastinya akan menambah seru pengalaman bermain Subway Surfers.


Agar tidak sekedar membayangkan saja, lebih baik Kotakers lihat dulu trailer game Subway Surfers pada video di bawah ini:


Subway Surfers menawarkan kepada pemain tempo gameplay yang cukup cepat, grafis HD penuh warna, dan juga keinginan untuk terus mendapatkan poin tertinggi agar bisa mengalahkan peringkat teman lainnya yang terhubung dengan akun Facebook di leaderboard. Pada game versi terbaru ini, ada satu misi menarik yang ditambahkan oleh sang pengembang, yaitu mengumpulkan telur sebanyak 100 butir untuk ditukar dengan hadiah menarik. Kru KG saat ini sedang mencoba mengumpulkan telur-telur yang tersebar di sepanjang jalur kereta, sambil menyelesaikan misi utama dan tantangan harian.


Permainan dimulai dengan menyentuh layar yang bertuliskan "tap to play". Segera setelah itu, karakter kita harus langsung menghindari kejaran inspekstur dan anjingnya. Kontrol game Subway Surfers terbilang cukup mudah, pemain hanya perlu menggesekkan jari ke kiri untuk bergerak ke arah kiri, gesek ke kanan untuk bergerak ke arah kanan, gesek ke atas untuk melompat, dan gesek ke bawah untuk menghindari penghalang yang tidak dapat dilompati. Jika kita ketukkan jari ke layar sebanyak dua kali, maka papan seluncur/Hoverboard milik Jake (sang karakter utama) akan keluar secara otomatis. Jika kita membeli item sekali pakai di "Shop", kita hanya perlu menyentuh ikon item tersebut di layar untuk mengeluarkannya saat sedang berlarian. Papan seluncur sendiri sangat berguna saat kita sedang berada dalam keadaan terdesak. Jika tertabrak rintangan saat sedang menggunakan papan seluncur, maka karakter kita masih dapat meneruskan aksinya. Oiya, papan seluncur ini tidak didapatkan secara gratis, kalian harus membelinya dengan harga 300 koin di menu "Shop".


Sama seperti hampir seluruh game gratisan lainnya, selain kadang diganggu oleh iklan online (kru KG sering mengalaminya di game versi Android), pemain juga dapat membeli koin (uang in-game) dengan uang asli untuk membeli berbagai item spesial dan juga untuk melakukan upgrade. Sebenarnya koin juga bisa didapatkan secara gratis dengan cara mengumulkan saat sedang menjalankan misi, namun tentu lebih mudah jika membeli koin tersebut dengan uang tunai kan? Selain mudah, pembelian koin tentunya juga akan memberikan pemasukan kepada sang pengembang, mengingat game ini dirilis tanpa dibanderol harga alias gratis.


Selain Jake, ada 15 karakter yang bisa pemain dapatkan dan gunakan di dalam game. Tidak hanya karakter game, pemain juga dapat mengoleksi 15 papan seluncur yang disediakan oleh sang pengembang. Bentuk dari papan seluncur ini pun sangat beragam, mulai dari bentuk standar sampai bentuk seperti mesin jet dan api. Selain untuk melakukan upgrade dan juga membeli item-item spesial, koin juga dapat dipakai untuk "melewati" misi. Jadi bagi gamers yang tidak sabar dalam menyelesaikan misi, kalian sepertinya harus rajin mengumpulkan koin ataupun membeli dengan uang asli.


Menurut kru KG, daya tarik dalam Subway Surfers adalah soal mengalahkan skor teman di leaderboards dan juga mengumpulkan papan seluncur serta karakter yang lucu-lucu. Namun tentu saja untuk mendapatkan itu semua bukanlah perkara mudah, kalian harus rajin bermain dan jangan sering-sering tertabrak oleh penghalang, karena jika sering tertabrak tentu saja skor kalian sulit untuk bertambah. Jadi kesimpulannya, game ini sangat tepat dijadikan "teman" bermain saat kita sedang banyak waktu luang ataupun sangat pas bagi gamers yang senang bersaing dalam soal skor dengan gamers lainnya. Tunggu apa lagi? Unduh sekarang juga Subway Surfers di perangkat mobile milik Kotakers!

Kesimpulan Review: Subway Surfers

90 KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Grafis sedap dipandang mata
  • Misi sangat beragam
  • Karakter tambahan cukup banyak
  • Kontrol mudah dimengerti
  • Terkoneksi dengan akun Facebook
  • (-) KEKURANGAN
  • Belum bertemu kekurangannya

App Store: itunes.apple.com/app/subway-surfers/id512939461
Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kiloo.subwaysurf
Kindle: http://www.amazon.com/Subway-Surfers-Kindle-Tablet-Edition/dp/B009UX2YAC
Situs Resmi: http://kiloo.com/games/subway-surfers
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183