Review

Super Bomberman R

oleh: Cralizer77

Halaman 2

Dalam game Super Bomberman R ini menawarkan kualitas grafis 3D layaknya sebuah game yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine 4. Paduan elemen grafis 3D dan 2D yang dikemas dalam bentuk yang "imut dan lucu" membuat gamer akan ingat kembali franchise Bomberman yang pernah ditayangkan pada salah satu stasiun televisi.

Pada game ini sendiri menawarkan beberapa mode yang bisa dirasakan oleh gamer, diantaranya Story Mode yang menawarkan lebih dari 50 level yang bisa dimainkan serta bisa dimainkan bersama teman atau sendirian. Selain itu, terdapat Battle Mode, dalam mode ini menawarkan fitur multiplayer mode hingga delapan pemain dalam satu stage bersamaan. Selain itu, kamu juga bisa bermain dengan gamer lainnya dengan fitur Online Mode.

Gameplay nostalgia yang ditawarkan juga sangat mudah untuk diingat kembali, sehingga bagi kalian gamer yang sudah berumur mungkin tidak perlu lagi adanya merasakan tutorial ketika memainkan game ini. Untuk memainkan Super Bomberman R ini sangat mudah karena kamu hanya memainkan salah satu karakter bomber dan meletakan bom pada objek blok atau pada area yang ingin dihancurkan, ketika meletakannya bom maka tugas selanjutnya adalah mejauhi bom tersebut. Begitu seterusnya hingga berhasil mengalahkan seluruh musuh dan melewati setiap stage-nya.

Tentunya fitur power-up yang muncul ketika blok berhasil diledakan menjadi ciri khas yang terdapat pada Super Bomberman R, karena kalian dapat meningkatkan kemampuan dari karakter bomber itu sendiri mulai dari jarak daya ledakan bom yang diletakan, meletakan bom lebih dari satu, meningkatkan kecepatan berlari, atau memungkinkan gamer untuk dapat mengambil dan melemparkan bom kearah yang dikehendaki.

Meskipun gameplay-nya terlihat sangat mudah, akan tetapi untuk memainkan game Super Bomberman R memerlukan konsentrasi, kecekatan dan strategi untuk berhasil menyelesaikan setiap stage, mulai dari menghancurkan blok untuk membuka jalan dan membunuh setiap musuh yang berlalu lalang di jalan tersebut. Sering kali hilangnya konsentrasi ketika bermain, justru membuat blunder termakan oleh bom yang terpasang sendiri.

Tantangan dan keseruan baru akan terasa ketika kalian mencoba merasakan bermain dalam Battle Mode, bersama teman atau keluarga. Karena musuh utama kalian bukan hanya karakter monster yang berlalu lalang, tetapi karakter bomber lainnya yang dimainkan oleh manusia. Elemen kompetitif yang sangat seru terdapat dalam game mode ini, karena salah satu konsep yang diusung oleh Switch adalah membagikan kesenangan dengan orang terdekat, dan Super Bomberman R memang menjadi salah satu jawabannya.

Game Super Bomberman R ini telah menjadi serial Bomberman yang cukup menarik, sejak tidak lagi dikembangkan oleh Hudson Soft, karena pengembangan game ini sendiri dilakukan oleh tim Konami bersama HexaDrive.

Seluruh elemen yang terdapat dalam game Super Bomberman R ini dapat dimainkan dengan sempurna pada konsol hybrid Switch, tidak ditemukan kendala apapun ketika memainkannya pada saat handheld mode ataupun TV mode, terlebih fitur Online Mode yang bebas lag ketika dalam keadaan koneksi internet benar-benar lancar.

Baca ini juga :

» The Super Mario Bros. Movie
» Review Mario + Rabbids Sparks of Hope
» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West

Kesimpulan

Dibalik berhasilnya Super Bomberman R mengembalikan kesan nostalgia untuk para gamer diseluruh dunia, nyatanya game ini justru tidak mendapatkan antusias yang begitu besar layaknya The Legend of Zelda: Breath of the Wild maupun 1-2-Switch. Karena Konami mengemas Super Bomberman R sama seperti jaman dulu namun hanya dengan tampilan yang lebih kece dan juga penambahan beberapa fitur saja.

Harga yang ditawarkan juga sangat fantastis, yakni USD 49.99 atau sekitar IDR 600 ribuan untuk sebuah game klasik yang mendapatkan pengembangan kembali. Jika disandingkan dengan game The Legend of Zelda: Breath of the Wild yang memiliki harga hampir sama, justru terlihat sangat menyimpang. Banyak gamer pengguna Switch mengatakan bahwa harga dari Super Bomberman R tidak masuk akal dan justru memilih untuk membeli atau menunggu game lainnya.

Dari sisi Story Mode dalam Super Bomberman R ini sendiri tidak begitu buruk, karena Konami membuat single player campaign dalam game ini sangat menarik dengan terdapat serangkaian planet yang harus dilewati, masing-masing planet memiliki delapan stage dengan dua stage terdapat karakter bos. Tingkat kesulitan yang ditawarkan pada setiap stage sangat berbeda-beda, sehingga pertempuran untuk tiap stage sangat terasa dalam mode ini.

Ketika melirik pada bagian Battle Mode, keluhan biasanya terjadi pada saat menekan tombol meletakan bom, entah karena grogi atau memang sensitifitas dari Joy-con itu sendiri justru banyak dijumpai beberapa pemain membuat blunder bunuh diri.

Pengambilan sudut pandang dari atas memang menjadi ciri khas dari Super Bomberman, namun dengan adanya fitur zoom in dan zoom out membuat gameplay menjadi lebih menarik. Karena kalian dapat melihat indahnya kualitas detail dari latar lokasi seperti rerumputan hijau, balok es, dan sebagainnya.

Mungkin dengan harga sekitar USD 10 atau USD 20, game Super Bomberman R bisa menjadi game yang cukup diminati akan tetapi Konami bersama Nintendo memberikan kebijakan lain sehingga harga untuk game klasik yang dihidupkan tersebut menjadi kurang mendapatkan perhatian oleh para pengguna Switch dan cenderung menunggu datangnya diskon atau menunggu beberapa game lainnya yang lebih bernilai.

So, itulah ulasan Kru KotGa mengenai Super Bomber R untuk Switch, sampai jumpa diulasan berikutnya ya!

Kesimpulan Review: Super Bomberman R

75KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Gameplay klasik hadirkan kesan nostalgia
  • Pengaturan offline dan online yang flesibel
  • Bikin ketagihan
  • Banyak level yang tingkat kesulitan berjenjang
  • (-) KEKURANGAN
  • Mahal

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview