Review

Clash of Clans: New World

oleh: Cralizer77

Halaman 2

Supercell memang telah memiliki dua game yang booming yaitu Clash of Clans dan juga Clash Royale, dimana keduanya mengadopsi gameplay yang berbeda. Clash of Clans telah dirilis pertama kali pada tahun 2012 lalu, Supercell telah menghadirkan sejumlah update guna memanjakan para player-nya. Berjalannya waktu, Supercell akhirnya juga merilis Clash Royale pada tahun 2016. Menariknya, setelah perilisan game tersebut, popularitas Clash of Clans kian menurun.

Melihat penurunan jumlah player, akhirnya Supercell ingin memadukan sistem yang dimiliki Clash Royale dalam Clash of Clans. Seperti yang kalian ketahui, bahwa Clash Royale memiliki sistem gameplay yang real-time, sedangkan Clash of Clans tidak ada.

Nah, pada update kali ini kalian merasakan "war" secara real-time dengan player lain. Tidak hanya itu, mode gameplay yang ditawarkan juga berbeda, pada dunia baru ini kalian tidak akan bisa memilih musuh yang diinginkan, karena pemilihan musuh sudah automatis yang tentunya akan menambah tantangan bermain dari bermain Clash of Clans biasa.

Setelah kalian selesai melakukan update untuk Clash of Clans, kalian akan dapat melihat sebuah perahu rusak yang berada ditepian pantai. Ketika kalian memperbaiki perahu tersebut maka kalian akan dibawa pada sebuah tutorial yang khas Clash of Clans.

Kalian akan kembali disuguhkan dengan sebuah Builder Hall pada sebuah map yang berbeda, area tersebut sangat gelap dan hanya bagian Builder Hall serta sekitarnya yang terang.

Sistem building dalam dunia baru ini hampir mirip dengan dunia COC sebelumnya, namun yang membedakannya terdapat beberapa bangunan-bangunan baru yang bisa kalian buat. Selain itu, uniknya kalian bisa melihat setiap trops yang memiliki kemampuan yang sangat unik, untuk bisa mendapatkannya kalian cukup meng-upgrade dan me-research setiap trop yang ingin kalian gunakan. Semakin tinggi level trops yang kalian miliki, maka trops tersebut juga memiliki kemampuan yang unik.

Dalam dunia baru ini kalian tidak akan merasakan kehebatan spell potion, yang dibutuhkan dalam game ini adalah strategi dadakan. Karena kalian akan menebak kelemahan layout Builder Hall lawan dengan menggunakan trops yang telah dibangun.

Setiap kalian menyerang, maka player juga akan menyerang Builder Hall kalian, sehingga untuk menentukan pememang tergantung dari jumlah persen atau bintang yang didapatkan. Untuk mengumpulkan Gold atau Elixir sangat sulit, sehingga kalian harus berhasil mengalahkan lawan agar mendapatkan Gold dan Elixir. Namun tiap harinya terdapat fitur reward, dimana untuk mendapatkannya kalian harus berhasil memenangkan pertandingan sebanyak tiga kali.

Pada dunia baru, terdapat beberapa bangungan yang misterius diantaranya Battle Machine, Gem Mine, dan Clock Tower. Ketiga bangunan misterius tersebut memiliki keunikan masing-masing yang bisa kalian gunakan untuk pertempuran dan memberikan pengalaman bermain yang lebih seru.

Kesimpulan

Pada update dunia baru untuk Clash of Clans merupakan strategi jitu yang diterapkan oleh Supercell guna memanggil kembali para pemain veteran untuk merasakan gameplay baru yang lebih menantang. Layaknya game Clash Royale, dalam update dunia baru ini kalian benar-benar dituntut untuk menyusun strategi "dadakan" karena kalian tidak akan tahu seperti apa layout musuh yang dihadapkan dan juga pasukan yang telah disiapkannya untuk menyerang layout kalian.

Beberapa keunikan yang terdapat dalam dunia baru Clash of Clans diantaranya bangunan baru, trops yang memiliki kekuatan, dan gameplay yang seru. Namun keunikan yang dimiliki dunia baru tersebut tidak sebanding dengan beberapa kekurangan yang dimiliki, seperti kalian hanya bisa memiliki satu builder saja untuk meng-upgrade seluruh bangunan pada dunia baru dan juga memaksa kalian untuk menggunakan gem untuk bisa merasakan seluruh fitur yang ada didalamnya.

Sepertinya update dunia baru untuk Clash of Clans ini hanya untuk selingan semata, yang bisa kalian tinggal ketika memainkan desa sesungguhnya. Namun dengan update besar untuk Clash of Clans memberikan pengalaman yang unik, karena kalian dapat merasakan dua gameplay yang berbeda pada satu game.

So, itulah ulasan singkat mengenai update dunia baru untuk Clash of Clans, akankah kalian balik bermain kembali Clash of Clans setelah update dunia baru ini?

Kesimpulan Review: Clash of Clans: New World

85KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Banyak bangunan baru
  • Trops memiliki skill menarik
  • Battle Head to Head
  • Gameplay yang seru
  • (-) KEKURANGAN
  • Terlalu membutuhkan gem
  • Hanya selingan saja


(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview