Review

ASUS ROG GX800, The Real Monster Gaming Machine

oleh: Master-Fakry

Hydro Overclocking Station

Water Cooling Lebih Bertenaga

Perlu diketahui bahwa cara kerja docking water cooling yang oleh ASUS disebut "Hydro Overclocking Station" ini masih sama seperti di GX700. Pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan komponen.

Setelah mendinginkan komponen, cairan panas yang telah mendinginkan akan dialirkan lagi keluar sistem dan kembali ke docking. Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator. Desain radiator water cooling dibuat seperti sistem pendingin pada sebuah mobil untuk pendinginan yang maksimal. Water cooling-nya pun sangat mudah digunakan, karena pengguna hanya tinggal mengaitkan konektor pada docking ke notebook.


Pendingin tersebut juga memiliki diameter 20 persen lebih besar karena menampung coolant (cairan pendingin) yang lebih banyak. Bobotnya sendiri mencapai 4,7 Kg.

Di dalam notebook terdapat sebuah fan yang cukup besar. Daya rotasi dari kipas tersebut dapat disesuikan untuk memberikan hasil yang maksimum. Tentu saja saat Anda menggunakannya untuk bermain game berat tanpa docking, harusnya menyetel fan-nya mentok diangka 100 persen. Namun hal ini akan menimbulkan suara yang cukup berisik.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
GX800 memiliki lubang pembuangan panas berada tepat di belakang notebook sehingga panas yang dikeluarkan tidak akan menggangu area sekitar tangan pengguna. Dua buah ventilasi yang terletak di kanan dan kiri perangkat berguna untuk menyaring udara yang masuk.

Kelengkapan Port Input/Output

"The Real Monster Gaming Machine" ini memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz. Kemudian ada 2 port USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 port USB 3.0 Type A, headphone jack, microphone jack, antena Wifi eksternal, 2-in-1 card reader, port LAN port dan Kensington lock.



Dual Array Microphone

Untuk mendukung online multiplayer yang membutuhkan real-time video chat, ASUS juga memberikan fitur dual array microphones yang dapat menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview