Review

SNES Classic

Halaman 2

Kelengkapan

SNES Classic hadir dalam kemasan yang cukup ringkas, kelengkapan yang disertakan didalamnya meliputi kabel HDMI untuk sambungan konsol ke monitor dan TV HD, dua kontroler, dan konsolnya sendiri. Konsol ini juga hanya memiliki dua port yang terdiri dari HDMI dan sambungan DC untuk powernya. Selain itu dua kontroler yang disertakan juga dikhususkan untuk kamu agar bisa bermain dengan teman.

Desain dari kontroler juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibanding seri pendahulunya, dan sambungan kabelnya juga cukup panjang agar kamu bisa mengatur jarak dengan lebih leluasa. Mulai dari kontroler dan konsolnya sendiri juga didesain dengan beban yang ringan, tapi memiliki kualitas bahan platik yang solid.

Konsol SNES ini hanya memiliki sambungan HDMI, jadi sebelum membeli kamu harus pastikan apakah monitor dan TV yang kamu miliki juga mensupport HDMI atau tidak. Dengan adanya support HDMI, kualitas grafis 16-bit yang ditawarkan disetiap game juga terlihat lebih cerah dan detail.

Tampilan Antar Muka dan Menu

Tampilan antar muka dan menu yang ada dikonsol ini disajikan dengan cukup sederhana. Jika dibandingkan dengan konsol pendahulunya, SNES Classic ini juga memiliki tampilan menu yang tidak jauh berbeda. Dimana kamu dapat langsung mengakses koleksi game yang sudah diatur dalam satu menu, kamu juga bisa mengatur beberapa setting sederhana untuk sistem dan melihat panduan penggunaan sederhana untuk mengakses tiap fitur yang ada.

Sayangnya kamu akan cukup kesulitan untuk mengganti game yang akan dimainkan tanpa adanya semacam akses shortcut. Sehingga menggeser tombol reboot yang ada pada konsol, adalah satu-satunya opsi yang harus dilakukan.

Baca ini juga :

» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» The Super Mario Bros. Movie
» ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE
» Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400QA

Game yang Tersedia

Tidak perlu menggunakan catridge fisik lagi, karena SNES Classic sudah hadir bersama dengan 21 game yang sudah diimplementasikan langsung kedalam konsol. Beberapa game yang tersedia untuk konsol ini meliputi judul:

- Contra III
- Donkey Kong Country
- Earthbound
- Final Fantasy III
- F-Zero
- Kirby's Dream Course
- Kirby Super Star
- Mega Man X
- Secret of Mana
- Star Fox
- Street Fighter II Turbo
- Super Castlevania IV
- Super Ghouls'n Ghosts
- Super Mario Kart
- Super Mario RPG
- Super Mario World
- Super Metroid
- Super Punch-Out
- The Legend of Zelda: Link to the Past
- Yoshi's Island.

Selain list game diatas, Starfox 2 juga tersedia bersama dengan konsol ini. Cukup menarik juga tentunya, mengingat kalau game ini sempat dibatalkan perilisannya oleh Nintendo. Beberapa game dari list ini juga merupakan salah satu seri klasik terbaik yang bahkan diakui sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Namun sayangnya game JRPG klasik yang cukup legendaris seperti Chrono Trigger tidak dihadirkan untuk konsol ini. Walaupun begitu, list game yang dihadirkan ini sudah cukup baik, dan akan menawarkan kamu ratusan jam permainan yang seru dan penuh nostalgia.

Kesimpulan

Tidak bisa diragukan lagi, kalau Nintendo berhasil membawa kembali konsol legendaris yang sempat dilupakan ini dengan eksekusi yang manis. Dengan desain yang lebih praktis dan solid, hingga list game yang sudah diimplementasikan langsung ke dalam konsol, akan memberikan kamu kenangan Nostalgia indah yang sesungguhnya.

Namun ada beberapa kekurangan juga yang perlu diperhatikan, seperti akses menu dan mengganti pilihan game yang masih harus menggunakan tombol reboot. Dan beberapa game klasik lainnya seperti Chrono Trigger yang tidak dihadirkan dalam list game yang tersedia. Terlepas dari kekurangan ini sendiri, SNES Classic ini berhasil menjadi rilis ulang konsol klasik terbaik hingga saat ini.

Kesimpulan Review: SNES Classic

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Desain yang lebih praktis dan ringan
  • Kualitas bahan yang solid
  • Kumpulan lengkap list game klasik terbaik
  • (-) KEKURANGAN
  • Akses menu dan mengganti pilihan game yang masih harus menggunakan tombol reboot
  • Beberapa game klasik fenomenal lain yang tidak disertakan

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview