Review

Black Desert Online, MMO Menawan dan Penuh Potensi

Halaman 2

Gameplay Kelas Atas dan Ragam Aktifitas Menarik Untuk Diselami

Kesuksesan terbesar dari Black Desert Online sendiri adalah pengalaman tanpa adanya batasan yang ditawarkannya. Tidak ada variasi misi yang cukup serius dan dungeon berbahaya untuk dijelajahi. Jadi, setiap pemain bisa mengikuti quest dan ragam aktifitas selayaknya pemain dengan level tinggi sekalipun. Ekplorasi dan crafting juga cukup rewarding, karena game ini memberikan kesempatan terbuka bagi setiap pemain untuk mendapatkan nama dan popularitas dalam kelompok.

Kamu bisa melakukan ragam aktifitas dasar untuk bertahan hidup seperti berternak, memancing, bekerja di ladang, hingga merawat kuda. Terdengar cukup menyimpang dari ekpektasi memang, tapi unsur kehidupan nyata dari game ini bahkan bisa disamakan dengan anime ber-genre Isekai. keseluruhan sistem yang ditawarkan akan menjadi lebih kompleks seiring berjalannya waktu, jadi tidak heran jika beberapa pemain merasa sedikit frustasi.

Beralih ke sistem combat, Black Desert Online menawarkan variasi kontrol yang sama dari setiap class. Hanya saja, posisi dan cara bermainnya saja yang harus disesuaikan. Contohnya seperti class ranged yang Kru KotGa pilih, dimana mengatur jarak adalah hal yang harus diperhatikan. Tapi karena kemudahan dalam mengeksekusi kombo jarak dekat hingga jauh dengan normal dan special attack, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan mekanisme gameplaynya.

Baca ini juga :

» EA Sports FC 24
» Persona 5 Royal PC Ver
» FIFA 23
» Diablo Immortal
» Predator Helios 300

Grinding dan Menjalin Interaksi, Kunci Utama Untuk Tetap Berada di Posisi Puncak

Grinding adalah tradisi utama dari setiap game MMORPG, karena aktfifitas inilah yang menjadi kunci untuk mendapatkan akses ke setiap konten. Kamu memang tidak perlu meningkatkan level karakter secara signifikan, tapi jika melakukan grinding dengan kelompok pemain lain, maka nantinya kamu akan mendapatkan bonus XP dan reward yang lebih menggiurkan.

Melakukan ragam aktifitas seperti side quest, raids, eksplorasi, hunting, hingga daily sim tentunya akan terasa jauh lebih seru dengan kelompok bermain. Tapi dibalik jalinan kerjasama, kamu juga harus tetap berkompetisi untuk berada di posisi puncak. Menjalani side-quest secara individu maupun kelompok pastinya tidak lepas dari sosok Black Spirit yang terus memandu perjalananmu sejak awal permainan, bahkan kamu juga bisa memanggilnya kapan saja untuk upgrade equipment seperti senjata dan armor.

Jika kamu sudah bekerjasama dan menjalin hubungan baik dengan satu kelompok tertentu, Guild Warfare mungkin bisa menjadi tantangan terbesar selanjutnya untuk dicoba. Dalam Guild Warfare, kamu bisa bergabung dalam kelompok guild yang lebih besar dan ikut serta dalam pertempuran dengan kelompok guild lainnya. Jika berhasil menang, kelompokmu bisa merebut resource dan mendapatkan reward menarik. Tapi perlu diingat, kalau kontribusi tiap pemain tetap memegang peranan krusial untuk meraih kemenangan.


Kesimpulan

Konsep dunia fantasi dengan tambahan aspek kehidupan nyata dalam Black Desert Online adalah pengalaman yang terasa biasa jika dilihat dari luar, namun berhasil melebur dengan sangat sempurna disaat yang bersamaan. Mulai dari karakter hingga latar dunia dalam game ini digambarkan dengan wujud paling menawan dari game MMORPG manapun sejauh ini.

Sistem grinding yang repetitif memang cenderung membuat pemain menjadi frustasi dan cepat bosan, tapi dengan ragam aktifitas menarik yang terus berkembang seiring berjalannya permainan setidaknya dapat menutupi semua kekurangan tersebut. Menawan, kompleks, seru, dan adiktif, inilah yang membuat Black Desert Online terasa spesial. Jika kamu masih merasa bingung dengan konsep MMORPG yang luar biasa, kamu bisa membaca panduan Black Desert Online berbahasa Indonesia di sini.

Kesimpulan Review: Black Desert Online

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Kualitas grafis dan desain karakter menawan
  • Sistem kombat manual yang responsif
  • Segudang aktifitas untuk dilakukan
  • Konten PvP yang aktif dan menantang
  • (-) KEKURANGAN
  • Keseluruhan sistem yang masih membingungkan
  • Gender class character tidak bisa diganti
  • Harus sering melakukan aktifitas grinding yang terasa repetitif

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview