Review

Zenfone Max Pro M1, Gaming Lancar Gak Pake Mahal!

Halaman 3

Benchmark dan main game kekinian!

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dari suatu smartphone tentu saja pertama-tama adalah melakukan benchmark sintentis sebagai sebuah "gambaran" sejauh mana kemampuan smartphone tersebut. Pada pengujian benchmark sintetis ini kru KotGa menggunakan tiga software seperti 3DMark, AnTuTu, dan juga Geekbench 4.

3DMark adalah software untuk menguji sejauh mana kemampuan prosesor serta GPU ketika dicoba untuk memainkan game-game yang cukup berat. Entah itu yang mengandalkan efek fisik ataupun berbagai efek lainnya dan tersaji dalam bentuk score. Semakin tinggi, makan semakin cepat.

AnTuTu adalah software untuk menguji sejauh mana kehebatan smartphone ketika sedang rendering objek 3D, baik itu menggunakan single-core ataupun multi-core. Bukan secepat apa smartphone tersebut melakukan rendering, melainkan tersaji dalam bentuk score. Makin tinggi, makin cepat.

Geekbench 4 adalah software untuk menguji kemampuan prosesor dan juga memory. Pengujiannya dilakukan dengan berbagai aplikasi dan dilakukan menggunakan single-core ataupun multi-core. Tersaji dalam bentuk score. Makin tinggi, makin cepat.

Berikut hasil benchmark sintetis Zenfone Max Pro M1:
Baca ini juga :

» Review SanDisk® GamePlay microSD™ Card
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
Lantas, bagaimana kemampuan smartphone ini untuk memainkan game terkini? Kru KotGa sendiri sudah mencoba beberapa game yang "dianggap" berat oleh para gamer. Diantaranya adalah Honkai Impact 3, Black Desert Mobile, PUBG Mobile, dan juga War Song. Penasaran kan kira-kira kuat nggak ya smartphone "murah" ini mainin game tersebut? Berikut hasilnya:

Setelah mencoba memainkan beberapa game diatas, Kru KotGa tidak merasakan hambatan sedikitpun ketika menggunakan smartphone ini. Hanya saja, ketika memainkan Black Desert Mobile terkadang framerate drop di bawah 30. Untuk PUBG Mobile, Zenfone Max Pro M1 mampu memainkannya dengan settingan HD. Jika dtingkatkan di Ultra, terkadang framerate akan drop dan membuat tidak nyaman.

Overall, untuk main game MOBA atau memainkan game-game RPG dengan grafis menengah keatas seperti Unreal Engine 4, Zenfone Max Pro M1 cukup mudah menanganinya. Oh, ketika memainkan game-game berat diatas, ASUS Zenfone Max M1 masih cukup dengan suhu rata-rata di 32 derajat celcius di ruangan yang ber-AC. Jika diruangan tanpa AC, suhu akan meningkat sampai dengan 36 derajat celcius.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview