Release Date28 March 2013
ESRB RatingEveryone 10+
GenreRole-Playing Game
Publisher
WebGame Indonesia

Developer
-Unknown-

Console
KOTAK GAME RATING
70
PLAYER RATING
96
BERI RATING
Review

Tale of New Gokong

oleh: Master-Fakry, 11 April 2013

Review

Tale of New Gokong adalah game berbasis web ber-genre MMORPG yang diterbitkan oleh Webgame di Indonesia. Game itu sudha memasuki tahap Open Beta pada tanggal 28 Maret 2013. Tale of New Gokong bercerita tentang perjalanan gamers untuk mengambil Kitab Suci di wilayah barat.

Saat memulai game, gamers diminta untuk memilih satu sari tiga bangsa yang tersedia yaitu panglima, dewa atau raksasa. Panglima adalah manusia yang memegang teguh keadilan dan pemberani, dengan kemampuan terbaiknya adalah pada pertahanan dan jumlah stamina yang sangat tinggi.


Tiga jenis bangsa


Perjalanan menuju ke barat dimulai

Kemudian bangsa dewa, mereka murid para dewa di kayangan yang turun ke bumi, dengan pedang untuk menyelamatkan dunia. Mereka unggul dalam serangan jarak jauh dan kemampuan pendukung yang sangat tinggi. Terakhir adalah bangsa raksasa, mereka adalah murid dari para raksasa. Mereka memiliki tujuan untuk memberantas ketidak adilan yang tersebar di muka bumi. Kemampuan mereka ada di kekuatan semangat dan daya hancur yang besar.


Grafis 2D yang detail


Fitur dungeon yang penuh tantangan


Bergabung dengan sau dari tiga perkemahan besar

Tale of New Gokong memiliki fitur yang sangat lengkap, sama seperti game MMORPG yang berbasis client. Namun, dengan mengurangi kualitas grafis agar lebih ringan ketika dimainkan di web browser. Walaupun seperti itu, grafis Tale of New Gokong termasuk sudah sangat bagus untuk game berbasis web. Gerakan karakter serta efek skill saat bertarung terlihat sangat atraktif dan penuh aksi. Selain itu, gerakan monster saat menyerang juga mempu mengimbagi atraksi dari karakter, sehingga gamers tidak akan bosan melihat pertarungan yang terjadi.


Hadiah setelah menyelesaikan quest


Auto-routing dan hunting saat menjalankan quest


Monster boss di dungeon

Tale of New Gokong sangat mengandalkan quest dalam mengembangkan karakter. Terdapat banyak quest pada game ini, setiap quest juga dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu quest utama, quest sampingan dan quest harian. Sangat persis dengan game MMORPG zaman sekarang, namun dengan penampilan yang lebih sederhana. Untuk memanjakan gamers dalam menjalankan quest, pihak pengembang menyediakan fitur auto-routing, auto-hunting dan auto-potion sehingga gamers tidak perlu repot untuk mengurusi karakter saat menjalankan quest. Gamers juga bisa bertarung di dalam dungeon untuk mengalahkan monster boss, demi mendapatkan item langka.


Roh untuk memperkuat status karakter


Perjalanan ke Neraka

Tales of New Gokong menyediakan fitur pet dan tunggangan yang keren. Gamers bisa meningkatkan kemampuan pet dengan cara fusion atau dengan melakukan pelatihan dengan membayar sejumlah uang. Kemudian, tunggangan yang bisa gamers gunakan juga beraneka macam seperti awan kinton, burung raksasa, rusa bahkan ikan mas koki yang sangat besar.


Naik awan kinton


Naik rusa sambil menjalankan quest


Pet fusion


Meningkatkan kemampuan pet

Untuk memperkuat karakter, terdapat fitur untuk melakukan penempaan terhadap senjata dan armor. Penampilan karakter juga dipengaruhi oleh senjata dan armor yang digunakan, semakin bagus kualitas senjata dan armor maka penampilan karkater gamers pun akan menjadi lebih baik. Lalu ada fitur gelar yang akan membuat karkater menjadi lebih berkarisma.

Pada game ini juga terdapat fitur untuk mengurai equipment yang fungsinya untuk mendapatkan materian yang dibutuhkan dalam pembuatan equipment yang lebih baik. Hal ini lebih baik dilakukan, daripada membuang equipment yang sudah tidak digunakan.


Proses penguraian equipment

Hal unik yang terdapat pada Tale of New Gokong adalah terdapat lokasi bernama Pantai Emas, sebuah tempat dimana gamers bisa berinteraksi dengan menggunakan emoticon tertentu seperti ciuman, menjahili karakter lain dan beberapa lainnya.


Berinteraksi dengan karakter lain

Pada review ini, gamers akan mendapatkan misi untuk mengiringi para gadis cantik yang ingin bepergian ke suatu tempat. Misi ini bisa diulang setiap harinya pada waktu tertentu. Lumayan untuk menambah perolehan EXP dan tembaga.



Mengiringi Jacqueline

Sayangnya pada game ini terdapat kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu fatal, namun cukup menganggu ketika bermain. Proses loading (pemuatan) map belum selesai dengan sempurna, namun gamers sudah bisa masuk ke dalam map tersebut, sehingga tampilan karakter, monster dan latar belakang belum dimuat secara sempurna.


Tampilan belum termuat secara sempurna

Kesimpulan Review: Tale of New Gokong

70KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Fitur auto-routing dan hunting yang sangta memanjakan
  • Gerakan karakter saat bertarung dan efek skill sangat keren untuk ukuran game berbasis web
  • Gameplay sangat mendalam
  • Jalan cerita sangat menarik
  • (-) KEKURANGAN
  • Grafis sangat tergantung dari koneksi internet
  • Penerjemahan kurang bagus
  • Permainan kurang menantang karena terlalu mudah

Itulah review yang sudah kru KotGa buat setelah memainkan Tale of New Gokong. Game ini sangat mudah, memiliki jalan cerita yang mendalam, fitur yang lengkap serta gafis yang sangat bagus untuk ukuran game berbasis website. Dikarenakan fitur auto-routing yang sangat memanjakan gamers, hingga level 35 saja kru KotGa tidak begitu merasakan kesulitan dalam memainkan game ini.

Tale of New Gokong merupakan game berbasis web yang sangat direkomendasikan untuk Kotakers yang ingin merasakan petualangan seru, namun dengan suasana santai.

Situs resmi: Tale of New Gokong

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
alt
Most Popular Previews
Belum ada Preview