Release Date10 June 2013
ESRB Rating17+
GenreOnline RPG
Publisher
TERACORD

Developer
Eden Entertainment

Console
KOTAK GAME RATING
75
PLAYER RATING
77
BERI RATING
Review

Closed Beta: Lune of Eden

oleh: Master-Fakry, 11 June 2013

Review

Lune of Eden (LOE) adalah game ber-genre Action MMORPG yang dikembangkan oleh Eden Entertainment dan diterbitkan oleh Teracord di Indonesia. LOE baru saja memasuki tahap Closed Beta (CBT) pada tanggal 10 Juni 2013 kemarin. Dengan fitur non-targeting, gamers bisa mengeksplorasi pertarungan dengan lebih nyata.

PERINGATAN
Lune of Eden direkomendasikan bagi gamers dengan usia minimal 18 tahun ke atas.


LOE termasuk game dengan grafis 3D yang sangat bagus dan detail, oleh karena itu dibutuhkan spesifikasi komputer yang bagus pula untuk menampilkan kualitas grafis yang sesungguhnya. Berikut ini merupakan spesifikasi minimal dan yang direkomendasikan untuk bermain LOE.

MinimalRekomendasi
CPUPentium 4 2 GhzPentium Quad Core
OSWindows XP atau 7
HDD Free3 GB5 GB
RAM1 GB2 GB
VGAGeForce 6800GeForce GTS 250
Direct X9.0c

Gamers bisa melihat kualitas grafis yang ada di LOE pada trailer-nya. Selain kualitas grafis, dalam trailer itu juga ditunjukkan beberapa adegan dimana karakter sedang melakukan pertarungan dengan monster. Gerakan bertarung pada game ini sangat variatif. Yuk kita lihat trailer-nya di bawah ini.


Saat membuat karakter, terdapat 4 pilihan profesi dengan kemampuan yang berbeda yaitu Duelist, Chain Sword, Battle Mage dan Rune Warrior. Uniknya, setiap karakter memiliki serangan jarak dekat dan jarak jauh tersendiri, sehingga setiap karakter bisa bertarung dengan lebih mandiri.


Sayangnya, profesi karakter terikat oleh gender lock, tetapi bentuk dari setiap bagian tubuh bisa disesuaikan dengan keinginan seperti rambut, wajah, kostum dan beberapa lainnya. Pada review ini, kru KotGa memilih sebagai karakter Duelist karena penampilannya mirip Dante di game Devil May Cry.


Setelah mencapai level 40, karkater bisa berubah menjadi kelas kedua yang ditandai dengan munculnya ikon ganti profesi yang terletak di kanan layar. Gamers tidak perlu repot untuk quest untuk berubah profesi karena bisa langsung memilih profesi setelah klik ikon yang muncul itu. Jangan sampoai salah pilih profesi, karena pemilihannya tidak bisa diulang.





Ada banyak quest yang menantang di LOE. Terdapat fitur auto-routing yang bisa membantu gamers untuk menuju lokasi monster atau NPC yang berkaitan dengan quest. Selain itu, gamers juga bisa melakukan auto-routing dengan membuka map (tombol M) kemudian klik kanan ke lokasi yang dituju.

NPC yang menyediakan quest ditunjukkan dengan simbol "!" di atas kepalanya, setelah quest berakhir maka NPC yang untuk melapor akan menunjukkan simbol "?". Gamers bisa melihat map untuk melihat lokasi NPC tersebut.


NPC penyedia quest


NPC untuk melapor quest

Saat bertarung, gamers tidak bisa mengklik musuh (target) untuk menyerang tetapi langsung klik kiri (serangan jarak dekat) atau kanan (serangan jarak jauh) untuk menyerang. Jika gamers pernah bermain Dragon Nest, seperti itulah cara bertarungnya (tidak auto-target). Khusus untuk serangan klik kanan, gamers membutuhkan sejumlah SP setiap kali menyerang. SP akan kembali terisi secara otomatis dalam beberapa waktu.

Setiap karakter bisa menunggangi Mount untuk mempercepat kecepatan berjalan dengan bentuk yang berbeda-beda. Misalnya saja Duelist, pada awal permainan profesi tersebut mendapatkan Mount berupa motor di dalam inventory karakter (tombol B) sedangkan untuk Battle Mage mendapatkan Naga, berbeda pula Mount untuk Chain Sword dan Rune Warrior. Sayangnya, karakter akan turun secara otomatis dari Mount apabila menerima serangan dari musuh.


Mount keren untuk setiap profesi

Menariknya pertarungan pada game ini adalah karakter bisa bertarung serta mengeluarkan kombo dalam keadaan melompat. Beberapa skill karakter juga mendukung pertarungan tersebut, karena ada skill yang menyebabkan musuh terpental ke udara. Pemandangan saat bertarung di udara merupakan gerakan yang menurut kru KotGa sangat keren.


Menyerang sambil lompat

Pertarungan di LOE bisa dilakukan di world map dan dungeon. Pertempuran di world map itu seperti hunting MMORPG pada umumnya jadi karakter berada di dunia luar (outdoor) sedangkan pertarungan dungeon berada di dalam ruangan (indoor). Untuk bisa masuk ke dungeon, gamers membutuhkan item tertentu sehingga ada saat dimana item tersebut habis dan gamers harus mencari item agar bisa masuk ke dalam dungeon lagi.


Bertarung di dungeon

Terdapat beberapa stage di dalam dungeon tersebut. Sebelum menuju ke stage berikutnya, gamers harus menghabisis seluruh monster yang berada pada stage tempat karakter berada. Stage paling terakhir didiami oleh boss yang cukup sulit untuk dikalahkan.

Untuk mengalahkan boss, gamers harus menggunakan Finisher move (tombol F) yang ditandai dengan munculnya tulisan Finisher di atas kepala boss. Jika dalam kurun waktu beberapa detik tidak menggunakan Finisher, maka HP boss itu akan bertambah beberapa persen dan gamers harus menyerang boss itu hingga muncul tulisan Finisher lagi. Gamers juga bisa menggunakan Finisher move pada saat melawan monster biasa.


Melawan boss di dungeon

Tombol yang akan sering digunakan oleh gamers adalah "R" untuk berbicara dengan NPC dan memungut item, "T" untuk gathering item dan "ESC" untuk memunculkan pointer mouse. "ESC" ini menjadi penting karena dalam keadaan normal, tidak ada pointer mouse yang muncul seperti game MMORPG pada umumnya. Oleh karena itu, apabila gamers ingin klik sesuatu di user interface, jangan lupa tekan "ESC" terlebih dahulu serta pastikan pointer mouse sudah muncul.

Musik yang disuguhkan membuat permainan menjadi lebih bersemangat. Pada menu option di dalam game, terdapat fitur Joypad sehingga gamers bisa bermain Lune of Eden dengan kontroler. Agar screenshot yang diambil menjadi lebih bagus dan terbebas dari user interface, gamers bisa menggunakan tombol "Delete".

Kesimpulan Review: Lune of Eden

85KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Variasi gerakan keren
  • Grafis 3D yang halus dan detail
  • Spawn monster cepat dan jumlahnya banyak
  • Skill karakter bervariasi
  • Kustomisasi karakter
  • Musik yang membuat semangat
  • Hack and slash yang penuh aksi
  • Auto-routing serta Mount yang sangat membantu pergerakan karkater
  • Terdapat efek blur keren saat menggunakan skill atau gerakan tertentu
  • Kemampuan profesi karakter yang mandiri (semuanya bisa PVP dengan baik), tidak ada yang ketergantungan terhadap karakter lain seperti tipe support atau tanker yang tergantung terhadap karakter DPS
  • (-) KEKURANGAN
  • Gender lock
  • Terlalu berlebihan jika mengatakan LOE game untuk usia 18+
  • Turun secara otomatis dari Mount ketika menerima serangan dari musuh

Itulah review yang telah kru Kotga buat setelah bermain Lune of Eden pada tahap CBT. game ini menampilkan aksi bertarung yang sangat nyata, salah satunya adalah tidak ada fitur auto-targeting sehingga serangan lawan bisa dihindari dengan melompat atau bergerak secara acak.

Jika Kotakers ingin memainkan game online Indonesia dengan grafis 3D yang keren serta penuh aksi dalam bertarung melawan musuh, khususnya PVP, Lune of Eden merupakan game online yang direkomendasikan.

Situs resmi: Lune of Eden Indonesia

(KotakGame)


Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724