Release Date13 June 2013
ESRB RatingEveryone 10+
GenreEndless Runner
Publisher
Gameloft

Developer
Gameloft

Console
KOTAK GAME RATING
80
PLAYER RATING
87
BERI RATING
Review

Despicable Me: Minion Rush

oleh: Master-Fakry, 16 June 2013

Review

Ada satu film animasi yang kembali dijadikan game untuk perangkan iOS dan Andoid, yaitu Despicable Me. Game tersebut berjudul Despicable Me: Minion Rush. Peran utama yang dijadikan tokoh dalam game tersebut adalah Minion, anak buah dari Gru. Gru adalah penjahat super yang berubah menjadi sosok yang baik hati.


Minion adalah karakter dengan bentuk seperti biji kacang berwarna kuning, dengan tambahan mata, mulut, tangan, kaki serta pakaian. Agak sulit membedakan bentuk antara Minion satu dengan yang lain, kecuali jika mereka menggunakan kontum yang berbeda. Sebelum membaca review ini lebih lanjut, yuk kita lihat trailer-nya terlebih dahulu.


Minion Rush adalah game ber-genre endless runner yang dikembangkan serta diterbitkan oleh Gameloft. Game itu sudah diterbitkan ke App Store dan Google Play pada tanggal 13 Juni 2013. Agar bisa memainkan game ini, Kotakers membutuhkan koneksi internet tetapi jika sedang tidak ada update, Kotakers bisa memainkan game ini tanpa menggunakan internet. Namun lebih disarankan agar Kotakers menggunakan koneksi internet setiap kali memainkan Minion Rush.


Hubungkan dengan Facebook

Menghubungkan Minion Rush degan aku Facebook akan memberikan Kotakers bonus berupa 50 Token. Token adalah mata uang premium untuk membeli item di Shop. Kotakers juga bisa mendapatkan token gratis dengan melakukan apa yang diperintahkan.

Gameplay dari Minion Rush agak mirip dengan Subway Surfer, tetapi dengan banyak fitur berbeda serta kelucuan dari para Minion yang terkadang berprilaku menggemaskan dengan gaya bicaranya yang aneh. Selain itu, Minion itu juga seringkali menunjukkan ekspresi lucu yang tidak terduga.


Lintasan dan kesulitan bervariasi

Saat berlari, Kotakers bisa mengumpulkan banana sebanyak-banyaknya. Banana itu bisa digunakan untuk membeli power-up yang berguna saat permainan. Kotakers juga bisa upgrade power-up di Shop agar efeknya menjadi lebih baik. Games bisa mendapatkan power-up saat berlari atau membelinya pada saat adegan Minion mulai berlari.


Beli power-up

Permainan akan berakhir jika Minion menabrak rintangan atau terjatuh dari lintasan. Namun, Kotakers bisa kembali ke lintasan dan berlari lagi dengan menggunakan token, dimana jumlah token yang dibutuhkan selalu meningkat setiap kali Kotakers menggunakan kesempatan itu.


Tingkat kesulitan yang bervariasi membuat Minion Rush menjadi game yang sangat menantang. Kotakers tidak bisa menebak rintangan apa yang selanjutnya akan muncul, karena bentuk lintasan selalu berubah setiap kali Kotakers mulai bermain. Dikarenakan game ini bisa dihubungkan dengan akun Facebook, sehingga Kotakers juga bisa bersaing skor dengan teman yang sudah mengintegrasikan akun Facebook-nya dengan Minion Rush.

Upgrade power-up di Shop

Saat berlari di lintasan normal, terdapat 3 jenis lintasan yaitu kiri, tenah dan kanan. Kotakers bisa memindahkan mInion dari jalur satu ke jalur lain dengan swipe (mengusap) ke samping di layar sentuh, lompat ketika ada rintangan dengan swipe ke atas dan rolling dengan swipe ke bawah untuk menghindari rintangan yang tidak memungkinkan Minion untuk melewatinya dengan cara melompat.


Kendalikan Minon

Pada saat melewati lintasan tertentu, Minion hanya bisa dikendalikan dengan cara tilt (memiringkan) perangkat yang digunakan. Untuk penjelasan kontrol lebih lanjut, akan ada tutorial singkat saat awal bermain sehingga tidak perlu khawatir apabila Kotakers masih baru dalam memainkan Minion Rush.

Terdapat babak bonus setiap gamers mencapai target tertentu. Dalam babak bonus itu gamers harus mengalahkan boss, jika gamers gagal dalam babak bonus maka permainan akan berakhir. Namun, Kotakers masih bisa menggunakan token apabila ingin kembali ke dalam permainan.


Kalahkan boss di babak bonus

Minion Rush menggunakan istilah multipier (kali) untuk level karakter, semakin besar multilier yang dimiliki Minioon maka semain banyak skor yang bisa didapatkan. Multiplier bisa ditingkatkan dengan menggunakan skor yang didapatkan setiap kali berlari. Skor yang dibutuhkan untuk meningkatkan multiplier karakter akan selalu meningkat, tergantung dari jumlah multiplier yang dimiliki.


Hal yang menarik dan membuat game ini seru adalah sudut pandang yang atraktif. Pada situasi lintasan tertentu, sudut pandang yang tadinya dilihat dari posisi belakang Minion bisa berubah menjadi sudut pandang dari arah samping. Apabila memasuki babak bonus, sudut pandang dilihat dari arah depan. Selain itu, Kotakers juga bisa membelikan kostum yang tersedia di Shop untuk Minion.

Kesimpulan Review: Despicable Me: Minion Rush

80KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Gameplay yang seru
  • Tingkat kesulitan yang variatif
  • Power up dengan fungsi yang menarik
  • Fitur free token
  • Jalan cerita yang lucu dan tidak terduga
  • Tidak money oriented
  • Lintasan yang tidak membosankan
  • Suara lucu para Minion saat berlari
  • Kecepatan berlari meningkat sesuai dengan jarak yang telah ditempuh
  • (-) KEKURANGAN
  • Membutuhkan koneksi internet

Itulah keseruan Minion Rush yang kru KotGa rangkum dalam sebuah review. Ini adalah game mobile berkualitas yang penuh dengan keseruan. Sangat cocok bagi Kotakers yang ingin bermain untuk mengisi waktu senggang dengan game yang simpel, namun tetap menantang dan memiliki sisi humor yang tinggi.

Tertarik untuk memainkan Despicable Me: Minion Rush? Saat ini, Kotakers bisa mengunduhnya secara gratis pada alamat situs di bawah ini. Yuk kita lari sejauh-jauhnya bersama para Minion yang menggemaskan.

App Store: Minion Rush
Google Play: Minion Rush

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
alt
Most Popular Previews
Belum ada Preview