NEWS

SiliconMotion Memperkirakan Notebook Bertenaga SSD PCIe Gen5 Pertama Akan Diperkenalkan Pada Akhir 2024

Aeprukmana   |   Minggu, 10 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

SiliconMotion berharap bahwa notebook pertama yang menampilkan solusi penyimpanan SSD PCIe Gen5 generasi terbaru akan hadir pada akhir tahun ini.

Informasi ini datang dari manajer produk SiliconMotion, Liu Yaoren, yang menyatakan bahwa notebook pertama yang menampilkan solusi penyimpanan SSD PCIe Gen5 akan tersedia di toko-toko ritel pada akhir tahun 2024. Sepertinya hal itu juga menjadi alasan mengapa SiliconMotion ingin bergegas dengan IC SM2508 yang akan datang yang akan memungkinkan dukungan untuk perangkat penyimpanan yang lebih cepat.

SiliconMotion SM2508 adalah kontroler SSD PCIe Gen5 generasi terbaru yang akan menyaingi E26 dari Phison, menawarkan kecepatan transfer hingga 14 GB/s, 2,5 Juta IOPs, dan dukungan untuk 3D TLC/QLC NAND. Kontroler SSD kelas atas ini juga akan diikuti oleh solusi-solusi mainstream, namun tampaknya perusahaan akan berfokus pada segmen kelas atas terlebih dahulu, seperti halnya peluncuran pada PC (desktop).


Sumber: SiliconMotion

Baca ini juga :


» NVIDIA GeForce RTX 4070 SUPER Sudah Terlihat Under MSRP di Eropa!
» Geekom Merinci Mini-PC Gamingnya Dengan Ryzen 8940HS dan Radeon RX 7600M XT
» CPU-Z 2.09 Menambahkan Dukungan Intel Arrow Lake dan AMD Hawk Point! Benchmark Bawaan Mendapatkan Pembaruan!
» AMD FSR3 Dengan Frame Generation Kini Tersedia Untuk Call of Duty Modern Warfare III dan Warzone
» Rakit PC Gaming Gak Harus Mahal! Youtuber ini Buktikan PC 1 Jutaan Bisa Main Game!

Spesifikasi tambahan juga dikonfirmasi seperti Kontroler SM2508 yang menggunakan node 6nm dari TSMC dan menampilkan CPU ARM Cortex R8 dual-core untuk beban kerja komputasi di dalam kontroler. Kontroler memori ini juga akan beroperasi pada TDP 3,5W yang mungkin menjadikannya salah satu solusi paling efisien di luar sana dan menjadi alasan yang tepat untuk mengadopsinya pada notebook tanpa mengorbankan banyak performa. SSD PCIe Gen5 menawarkan kecepatan hampir dua kali lipat dari SSD Gen4 yang ada saat ini, namun memiliki kekurangan, yaitu output panas yang lebih tinggi sehingga akan menarik untuk melihat bagaimana para produsen notebook mengaturnya.

Sudah ada beberapa laptop seperti seri MSI 2023 yang hadir dengan SSD PCIe Gen5 yang kompatibel. Kamu bisa memasang SSD Gen5 ritel ke dalam slot tersebut, tetapi ingatlah bahwa sebagian besar solusi Gen5 hadir dengan heatsink besar yang mungkin tidak kompatibel dengan sasis notebook.

Mengenai produk, kita dapat mengharapkan beberapa produk Intel Meteor Lake dan Raptor Lake Refresh kelas atas yang juga akan diluncurkan pada musim gugur ini untuk memanfaatkan solusi penyimpanan generasi berikutnya. Kedua perusahaan ini juga akan memamerkan produk terbaru mereka, termasuk notebook dan laptop generasi terbaru yang menampilkan SSD Gen5 di CES 2024, jadi nantikan informasi lebih lanjut pada saat itu.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru