NEWS

ROG Strix G35CA, Desktop Gahar dengan Intel Core Generasi ke-13

Aeprukmana   |   Rabu, 13 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Memiliki gaming rig yang gagah perkasa merupakan dambaan seluruh gamers. Umumnya, khususnya mereka yang punya cukup modal, akan merakit PC-nya sendiri. Tapi kalau buat yang nggak mau repot, mereka bisa minta toko atau teman untuk rakitkan. Opsi lain, beli gaming desktop branded yang sudah jadi.

Laptop gaming branded harganya memang lebih mahal dari laptop gaming rakitan dengan spesifikasi sama. Tapi kelebihannya adalah, laptop gaming branded menawarkan solusi yang lebih mudah jika terjadi kerusakan. Cukup bawa ke service center resminya, atau minta teknisinya datang ke rumah untuk cek dan perbaiki kerusakan.

Salah satu contoh gaming desktop yang menawarkan performa tinggi dan kemudahan service adalah ASUS dengan produk ROG Strix G35CA. Sebagai sebuah komputer gaming desktop, ASUS ROG Strix G35CA harus memiliki tampilan yang futuristik. Ini sudah langsung terlihat dari desainnya yang memiliki banyak ciri khas ROG.

Komputer gaming ini memiliki ukuran yang cukup besar, namun ROG Strix G35CA memang bukan komputer sembarangan. Spesifikasinya yang sangat tinggi membuatnya memiliki bobot hingga 15Kg. Namun demikian, mengangkatnya PC desktop ini masih cukup mudah karena terdapat pegangan di bagian atasnya.

Tengok ke bagian bodi depan dan atas, terlihat lubang udara yang cukup banyak. Ini memastikan ASUS ROG Strix G35CA memiliki sirkulasi udara yang lebih dari cukup. Di sisi lain, suara bising mungkin akan terdengar saat komputer beroperasi pada performa terbaiknya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, PC desktop yang satu ini sudah dilengkapi dengan sistem pendinginan yang lebih dari memadai, termasuk pendinginan berbasis watercooling dari ASUS ROG. Tidak perlu khawatir untuk urusan maintenance. Anda cukup memastikan bahwa Anda membersihkannya secara berkala karena dari debu.

Untuk showcase, pada panel sisi kiri PC desktop bahan yang diguankan adalah material acrilic, tetapi tetap menampilkan beberapa unsur desain ROG. Dengan material tersebut, pengguna dapat melihat komponen yang terpasang dengan jelas, begitu juga dengan efek RGB yang sudah menjadi bagian dari ciri khas komputer gaming ROG.

Saat dinyalakan, hampir semua komponen terlihat mengeluarkan efek RGB, dan pengguna dapat melakukan kustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate.

Untuk PC desktop branded, tidak disarankan untuk membuka dan melakukan upgrade komponen. Salah satu alasannya adalah karena komponen sudah dipasang dengan presisi. Selain itu, beberapa komponen terpasang dengan penyangga yang lebih banyak dan memiliki desain yang unik, seperti kartu grafis yang ditempatkan secara vertikal.

Hal ini juga berlaku untuk PSU. Berbeda dari biasanya yang terletak di bagian bawah secara horizontal, ASUS ROG Strix G35CA memasangnya secara vertikal dan di belakang motherboard. Ini tentunya menawarkan solusi terbaik untuk mencegah suhu panas dari power supply bercampur dan menambah panas yang dihasilkan oleh prosesor dan kartu grafis.

Main Spec.

ROG G35CA

CPU

Intel® Core™ i9-13900KF Processor 3.0GHz (36M Cache up to 5.8GHz)

Chipset

Intel® Z790 Chipset

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR5-4800MHz (4x DDR5 U-DIMM slot up to 64GB)

Storage

1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Serial ATA

6 x SATA 6.0Gb/s ports

Expansion Slot

1x PCIe® 3.0 x 1, 1x PCIe® 5.0 x 16, 1x PCIe® 4.0 x16 (when using vertical graphic card, other PCle 4.0 x16 slots are not available), 4x M.2 connector for storage

Graphics

NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 10GB DDR6X with LHR : 3x DP, 2x HDMI

NVIDIA® GeForce RTX™4080 16GB DDR6X : 3x DP, 2x HDMI

Front IO Port

1x Headphone, 1x MIC in, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-C

Rear IO Port

1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x HDMI 2.1b, 1x Display port 1.4, 5 x Audio jacks, 4x USB 2.0 Type-A, 4x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2*2 Type-C, 1x SPDIF

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Audio

High Definition 7.1 Channel Audio

Power Supply

850W power supply (80+ Gold, peak 900W)

Dimension

27.90 x 43.30 x 50.10 cm / 15kg

MSRP

Rp66.999.000 / Rp80.999.0000

Warranty

3 years on-site service

Sebagai komputer gaming, ASUS ROG Strix G35CA menyediakan antarmuka yang sangat lengkap. Di bagian depan casing terdapat dua port USB-C dan USB-A masing-masing, serta port jack audio 3,5mm terpisah untuk mikrofon dan headset.

Tombol daya ditempatkan di tengah panel depan dan memiliki ukuran yang cukup besar. Satu hal unik adalah adanya dua port SSD SATA model hot swap. Anda dapat memasang SSD tambahan tanpa perlu mematikan komputer, dan dapat mencabutnya dengan cepat.

ASUS mengklaim fitur ini untuk mendukung aktivitas yang menekankan pada kecepatan seperti esports. Selain itu, terdapat penyangga headset di bagian atas, menunjukkan bahwa komputer gaming ini cocok diletakkan di atas meja.

Fitur eksklusif terakhir dalam paket penjualannya adalah ROG Keystone, sebuah komponen kecil yang mirip dengan kunci dan dapat menyimpan profil pencahayaan RGB, dan secara otomatis aktif ketika dipasang pada perangkat yang mendukungnya.

Bagaimana dengan kinerjanya? Seperti yang telah dijelaskan, ASUS ROG Strix G35CA memiliki spesifikasi terbaik untuk komputer gaming saat ini. Ini telah mengadopsi prosesor Intel Core i9-13900KF.

Hanya satu jenis prosesor yang digunakan, dan disertai dengan pilihan VGA antara GeForce RTX 3080 dan RTX 4080. Kapasitas RAM tersedia dalam pilihan 16GB dan 32GB, serta penyimpanan 1TB + 1TB menggunakan harrdisk dan SSD NVMe.

Motherboard menggunakan chipset Z790, dan PSU memiliki daya 850W. Untuk unit yang kami uji, menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3090. Tentu saja, kinerja yang ditawarkan sudah lebih dari cukup.

Untuk melengkapi kemampuan atau kinerjanya, dalam paket penjualannya sudah termasuk mouse dan keyboard ASUS. Selain itu, ada juga kabel HDMI yang memudahkan koneksi ke monitor yang sudah ada dan sebuah Wifi Antenna untuk memperkuat penangkapan sinyal. Hasil pengujian dapat dilihat di bawah ini.

Dapat dipastikan bahwa untuk game berat yang dirilis tahun lalu dan tahun ini, komputer ini mampu menjalankannya pada pengaturan grafis tertinggi.

Kesimpulannya, ASUS ROG Strix G35CA adalah komputer gaming yang istimewa. Selain memiliki spesifikasi kelas atas, ia juga memiliki desain dan fitur eksklusif yang hanya dapat ditemukan pada produk ASUS ROG. Anda tidak perlu khawatir tentang memeriksa spesifikasi setiap game yang ingin dimainkan.

Desainnya yang keren juga memungkinkan pengguna untuk memamerkannya kepada siapa saja yang mengunjungi ruangan. Untuk versi dengan kartu grafis RTX 4080, harganya di Indonesia mencapai Rp80.999.000, yang mungkin terasa fantastis. Apakah itu mahal? Menurut para pecinta game enthusiast dan penggemar ASUS ROG kelas berat, mungkin tidak.

Baca ini juga :


» Predator Gaming Indonesia Menjadi Official Partner Valorant Champions Tour Pacific 2024
» ASUS Buka Pre-Order Tiga Laptop AI di Indonesia
» AI Semakin Berkembang Di Tanah Air! ASUS Luncurkan 2 Laptop AI Untuk Pasar Indonesia!
» Apple Perkenalkan macOS Sequoia di WWDC 2024! Banyak Fitur Baru! Ada Fitur Gamingnya Juga!
» Intel Innovation 2024: Pembaruan Penting tentang Arrow Lake dan Produk Baru Lainnya

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru