NEWS

GeForce RTX 4090 Mendadak Hilang Dari Website Resmi NVIDIA China! Efek Pembatasan Export Amerika?

Aeprukmana   |   Minggu, 19 Nov 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Pembatasan ekspor AS terbaru telah diberlakukan, dan penjualan RTX 4090 di China berada di jalur terakhir sebelum kehabisan stok. Toko resmi NVIDIA tidak lagi mencantumkan model ini sebagai bagian dari seri RTX 4090 karena perusahaan tidak dapat mengirimkan GPU AD102 ini ke negara ini atau negara lain.

Pembatasan baru mulai berlaku pada tanggal 17 November, dan NVIDIA memastikan bahwa para gamer di China telah mengetahui hal ini. Kartu tersebut telah dihapus dari daftar pilihan dan tampaknya tidak lagi menjadi bagian dari seri RTX 40, menurut kategori produk di situs web. NVIDIA menghapus kartu tersebut dari daftar performa dan memastikan tidak ada jejaknya.

Baca ini juga :


» Nvidia Luncurin Fitur Baru Chat with RTX, Kamu Jadi Bisa Bikin ChatGPT Versi Sendiri!
» NVIDIA Merevolusi Dunia iCafe dengan Platform RTX yang Powerful
» NVIDIA GeForce RTX 4070 SUPER Sudah Terlihat Under MSRP di Eropa!
» Geekom Merinci Mini-PC Gamingnya Dengan Ryzen 8940HS dan Radeon RX 7600M XT
» CPU-Z 2.09 Menambahkan Dukungan Intel Arrow Lake dan AMD Hawk Point! Benchmark Bawaan Mendapatkan Pembaruan!


Sumber: NVIDIA China

Jelas bahwa penghapusan ini hanya berdampak kecil pada ketersediaan aktual di China. Kartu ini memang tidak lagi terdaftar di situs web resmi, tetapi masih tersedia di platform ritel China dengan harga yang jauh lebih tinggi. Kesempatan untuk membelinya dengan harga MSRP sudah tidak ada lagi, meskipun akhir penjualan belum dekat. Harga RTX 4090 diperkirakan akan naik dari sekarang, dan setidaknya sudah dua kali lipat lebih tinggi. NVIDIA menyediakan stok dalam jumlah besar, namun hal ini mengorbankan pengiriman ke wilayah lain dan mengakibatkan lonjakan harga global untuk RTX 4090.


Sumber: NVIDIA China


Sumber: NVIDIA China

Menariknya, meskipun berada di bawah peraturan yang sama, negara lain seperti Vietnam belum mengubah situs web mereka. Sebagai pengingat, pembatasan baru ini berlaku untuk China dan Kelompok Negara D1, D4, dan D5, yaitu: Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Belarus, Burma, Cambodia, Central African Republic, China, Democratic Republic of Congo, Cuba, Cyprus, Egypt, Eritrea, Georgia, Haiti, Iran, Iraq, Jordan, Kazakhstan, North Korea, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Lebanon, Libya, Macau, Moldova, Mongolia, Oman, Pakistan, Qatar, Russia, Saudi Arabia, Somalia, South Sudan, Republic of Sudan, Syria, Tajikistan, Turkmenistan, United Arab Emirates, Uzbekistan, Venezuela, Vietnam, Yemen, Zimbabwe.

NVIDIA kini akan meluncurkan kartu grafis RTX 4080 SUPER pada bulan Januari, yang berpotensi memberikan pilihan baru bagi para gamer kelas enthusiast. Opsi ini mungkin tidak akan menggantikan RTX 4090 sepenuhnya. Jika NVIDIA meluncurkan kembali RTX 4090 untuk wilayah-wilayah tersebut, GPU tersebut harus mengorbankan performanya dalam beberapa hal. NVIDIA telah melakukan hal ini sebelumnya dengan GPU Lite Hash Rate yang secara artifisial dibatasi oleh algoritma BIOS. Jadi, peluncuran kembali 4090 dalam bentuk baru belum sepenuhnya tidak mungkin dilakukan.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru