NEWS

Diluar Nalar! Laptop Ini Pakai CPU 64 Core, GPU NVIDIA RTX 4080 Desktop, dan Sudah Pakai Liquid Cooling!

Aeprukmana   |   Selasa, 19 Dec 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Pembuat laptop asal China telah menyusun konfigurasi unik yang menawarkan CPU AMD EPYC 64 Core, GPU Desktop NVIDIA RTX 40 dan liquid cooling.

Laptop ini hadir dengan dua konfigurasi CPU AMD EPYC yang berbeda, yaitu EPYC 7713 dan EPYC 9554, keduanya merupakan chip 64-core yang masing-masing berbasis arsitektur Zen 3 dan Zen 4.

Dimasukkannya CPU server ke dalam segmen laptop merupakan sesuatu yang tidak standar di pasar laptop karena mengintegrasikannya merupakan pencapaian tersendiri karena harus berhadapan dengan masalah seperti konsumsi daya yang tinggi dan temperatur yang lebih tinggi. Belum lagi mekanisme pendinginan yang akan dibutuhkan untuk mendinginkan CPU raksasa Team Red yang memiliki TDP hingga 350W, tetapi produsen telah menyertakan solusi yang menarik.

Baca ini juga :


» ASUS Luncurkan Kipas Case TUF Gaming TR120 ARGB
» Dilema Dualisme AI: Potensi Disalahgunakan Sama Besar dengan Manfaatnya!
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Tessen Mobile Controller
» Tingkatkan Produktivitas Dengan Dual Layar! Review ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU)
» Predator Gaming Indonesia & HMNS Perfume Luncurkan Predator Triton Neo 16 Body Spray Limited Edition


Sumber: wccftech


Sumber: wccftech

Terlepas dari penyertaan CPU EPYC AMD, laptop ini juga dilengkapi dengan GPU tingkat desktop NVIDIA GeForce RTX 4080, yang sekali lagi merupakan sesuatu yang cukup mengejutkan untuk perangkat ini, mengingat faktor bentuknya. Spesifikasi tersebut tidak hanya membuat laptop ini menjadi laptop berperforma tinggi, tetapi juga memiliki kekurangan, yaitu ukurannya.

Dari gambar yang muncul, laptop ini jauh lebih besar dan lebih tebal daripada laptop pada umumnya, dan hal ini dapat dibenarkan mengingat laptop ini memiliki spesifikasi yang canggih. Memiliki CPU berorientasi server & GPU desktop yang terintegrasi ke dalam laptop bukanlah sesuatu yang kita lihat setiap hari, dan akan menarik untuk melihat respons seperti apa yang kita lihat dari konsumen.

Sebagai pelengkap, laptop ini dilengkapi dengan mekanisme pendinginan yang "khas", untuk mendinginkan laptop yang sangat besar dan komponen di dalamnya. Laptop ini dilengkapi dengan sistem pendingin cairan split built-in pertama di dunia, yang menggunakan radiator dan bukan heatpipe untuk meningkatkan pembuangan panas dari solusi pendingin konvensional. Produk ini dilengkapi dengan water pump dan water reservoir built-in untuk memastikan komponen laptop tetap dingin.

Laptop ini berukuran 420mm x 325mm x 46MM, relatif lebih besar daripada laptop generasi saat ini di pasaran, tetapi siapakah kita untuk memperdebatkan hal ini ketika memiliki mekanisme pendinginan yang dirancang untuk desktop kelas atas yang sempit di dalam laptop? Perangkat ini hadir dengan layar 17,3 inci beresolusi 2,5K dengan kecepatan refresh 240Hz (dapat diupgrade ke 4K 120Hz), dan gamut warna dengan nilai 100% sRGB. Perangkat ini juga menyertakan layar monitor 3,5 inci yang didedikasikan untuk memberi tahu konsumen tentang berbagai parameter, seperti suhu.

Produk ini tentu saja ditujukan untuk desain workstation dan menawarkan pengganti desktop yang masih bisa lebih mudah dibawa-bawa daripada memindahkan desktop/workstation lengkap dengan perangkat keras yang serupa. Produk ini dapat dibawa dalam tas laptop berukuran 17 inci menurut para penciptanya. Belum ada kabar mengenai harga, namun perusahaan ini sedang menggalang dana untuk laptop ini di Taobao, jadi kita mungkin akan mendapatkan informasi lebih lanjut dalam waktu dekat.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru