NEWS

Tidak Lagi Aman, Para Hacker Sudah Menemukan Exploit Untuk Membajak Nintendo Switch

Fadhil Baladraf   |   Senin, 01 Jan 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Perusahaan manufaktur konsol seperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo memang sangat membenci pembajakan. Walaupun terkadang dapat meningkatkan angka penjualan konsol, tapi pembajakan dapat memberi pengaruh kepada developer game yang untuk merilis proyek terbaru mereka di konsol tersebut. Belum lagi hal ini juga dapat membuat harga diri dari tiap manufaktur menjadi buruk karena implementasi sistem keamanan yang masih lemah.

Nintendo Switch, yang merupakan konsol hybrid oleh Nintendo ini berhasil mendapatkan kesuksesan dari rilis game eksklusif fenomenal dan angka penjualan tinggi, sayangnya mungkin tidak akan aman lagi dalam waktu dekat. Salah satu ajang conference perkumpulan para hacker yang belum lama ini diadakan di Jerman, memberikan sebuah kejutan tidak terduga dari tim hacker yang berhasil menemukan exploit untuk membajak Nintendo Switch.

Baca ini juga :

» Baru Beberapa Jam Rilis, Emulator Nintendo Switch Suyu yang Gantiin Yuzu Kena Takedown!
» 3 Game “Wah” Ini Akan Mewarnai 22 Maret Kamu
» Channel Youtube NoahJ456 Dapat Strike Karena Video CoD Mod Pokemon yang Diupload 7 Tahun Lalu
» Sequel Dari Super Mario Bros. Movie Bakal Hadir di Tahun 2026!
» Nuzu dan Suyu Bangkit Dari Bangkai Kekalahan Yuzu

Seperti yang dikutip oleh Wololo, cara kerja pembajakannya sendiri adalah dengan mengakses celah dari NVIDIA Tegra Chip yang ada dalam Nintendo Switch itu sendiri. Syarat untuk menggunakan program homebrew yang akan dirilis nantinya adalah dengan mempertahankan firmware versi 3.0. Dengan menggunakan versi fisik dari game Pokken Tournament DX, maka akses untuk firmware yang dibutuhkan akan tersedia.

Video demonstrasi untuk menunjukkan detail lebih lanjut dan prosedurnya sendiri sudah diblokir saat ini. Walaupun masih belum ada kejelasan pasti mengenai kapan ekploitasi ini akan disebar ke public, salah satu anggota tim hacker dengan nama Plutoo berjanji kalau program homebrew nantinya akan segera tiba. Jika nantinya Nintendo Switch memang berhasil dibajak secara penuh, apakah Kotakers akan tetap mendukung developer dengan membeli game original atau justru malah sebaliknya?

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru