NEWS

Seorang Perempuan Mengklaim Karakter Seraphine Terinspirasi dari Dirinya! Ini Respon Riot Games!

Bimo Mahardika   |   Jumat, 13 Nov 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Seorang perempuan bernama Stephanie menuduh bahwa karakter League of Legends baru, yaitu Seraphine memiliki penampilan dan nama yang didasarkan pada dirinya. Inti dari tuduhannya adalah hubungan singkat yang dia miliki dengan seorang karyawan Riot pada tahun 2019, seorang karyawan yang dia percaya menggunakan detail dari dirinya untuk karakter tersebut.

Riot membantah tuduhan tersebut. "Seraphine dibuat secara independen oleh Riot Games dan tidak didasarkan pada individu manapun," tulis perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke PC Gamer. "Selain itu, mantan karyawan tersebut telah meninggalkan Riot lebih dari setahun yang lalu dan berada di departemen dan peran yang tidak memiliki masukan apapun ke dalam proses desain kreatif."

Dalam postingan Medium yang diterbitkan hari ini, Stephanie membagikan screenshot pesan teks dan menceritakan momen dari hubungan singkatnya dengan "John", nama yang dia gunakan untuk mengaburkan identitas mantan karyawan Riot. Stephanie mengatakan bahwa dia dan John bertemu langsung dua kali, dan mengobrol serta bermain League of Legends selama tiga bulan pada tahun 2019. Selama hubungan singkat itu, John diduga mengemukakan ide untuk skin karakter League of Legends favoritnya, Ahri, yang didasarkan padanya. Ketika dia mengunjunginya untuk tur markas Riot di Los Angeles, dia juga memberikan karya seni oleh ilustrator Riot yang menggambarkannya sebagai Ahri, yang menurutnya "aneh" mengingat betapa singkatnya mereka saling kenal. Selain itu, dia mengatakan bahwa John menyiratkan bahwa dia dapat mempengaruhi proyek KD/A.

Tak lama setelah kunjungan Stephanie ke Riot HQ, dia membatalkan rencana masa depan untuk bertemu John dan menyatakan kepadanya bahwa dia bergerak terlalu cepat. Pada saat itu, "dia mengakhiri banyak hal dan memblokir saya," tulisnya.

Baca ini juga :

» Selain #TOSDULU, Kolaborasi RRQ & EVOS Juga Hadirkan T-Shirt Keren!
» Masih Unbeaten, AP Bren dan ECHO Esports Jadi yang Terkuat di Minggu Awal MPL PH Season 13!
» Mengkeren! Pro Player Overwatch Korea Main Piano Saat Sedang Spawn Pada Pertandingan Penentuan!
» Kembali Ciptakan Meta Baru, Freya Goldlane Akhirnya Hadir di MPL PH Season 13!
» Bangga dengan Talenta Indonesia, Coach Justin Kaget Bahwa Esports Indonesia Miliki Banyak Prestasi!


Sumber: Stephanie/Riot

Ketika September tahun ini tiba, Stephanie teringat akan sesuatu yang dikatakan John pada 2019: Kejutan K/DA akan terungkap pada hari ulang tahunnya. Pada hari itu, ilustrasi Seraphine telah diposting ke akun Twitter. Bagi Stephanie, semua itu bukanlah sekadar kebetulan.

Karakter berambut merah muda terlihat mirip dengan Stephanie. Berpose dengan kucing dalam ilustrasi yang mirip dengan foto Stephanie dengan kucingnya, yang katanya dia kirim ke John pada tahun 2019. Stephanie juga mencatat bahwa gambar karakter tersebut terlihat mirip dengan karya seninya sendiri, berasal dari Piltover dan Zaun, wilayah dalam pengetahuan League of Legends yang dia tulis dalam esai - esai yang dia bagikan kepada John.

Dari pernyataannya, jelas bahwa Stephanie tidak menikmati kemiripan Seraphine dengannya. "Saya merasa sangat jijik tentang itu, sampai-sampai saya tidak bisa memainkan salah satu videogame favorit saya," tulisnya. "Selain itu, sungguh mengerikan memiliki champion yang mirip dengan Anda, memiliki begitu banyak karakteristik, dan memiliki nama yang hampir sama dengan Anda."

Mengenai sudut hukum apa yang bisa dia kejar, profesor hukum Universitas Negeri Michigan Brian Kalt mengatakan dalam email ke PC Gamer bahwa kasus tersebut kemungkinan akan melibatkan "gugatan hak publisitas, juga dikenal sebagai perampasan kesamaan," yang "melindungi nama Anda atau kemiripan dari gangguan atau eksploitasi yang tidak beralasan. "

Apa pun yang terjadi di arena hukum, jika itu terjadi di sana, mudah untuk memahami mengapa Stephanie percaya bahwa Seraphine setidaknya sebagian didasarkan padanya. Berdasarkan kejadiannya, karyawan Riot yang dia kencani mengisyaratkan bahwa dia dapat menempatkan aspek dirinya ke dalam permainan sebagai isyarat romantis (berlebihan dan tidak diinginkan), dan kemudian, setahun kemudian, Riot merilis karakter dengan karakter serupa. Nama, kacamata, rambut, dan bentuk wajahnya. Seraphine benar-benar terlihat seperti Stephanie lebih dari sekedar pilihan warna rambut.

Tapi ada juga kemungkinan itu murni kebetulan. Jika kemiripan tersebut disengaja, tampaknya akan sangat sulit untuk dibuktikan kecuali seseorang (mantan karyawan Riot) yang diduga harus bertanggung jawab, menegaskan bahwa Stephanie adalah inspirasi langsung bagi Seraphine.

Sumber: PC Gamer

*

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru