NEWS

Bocor! Berikut Tanggal Rilis GPU RTX 3060

Salman Reza   |   Selasa, 16 Feb 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Setelah NVIDIA mengumumkan RTX 3060 12 GB pada CES 2021 pada Januari lalu, beberapa komunitas PC Gaming tampaknya bingung akan tanggal rilis GPU tersebut.

Kini telah memasuki pertengahan Februari, akhirnya NVIDIA telah mengeluarkan tanggal resmi rilis RTX 3060 12 GB melalui situs resmi mereka. RTX 3060 akan diluncurkan pada tanggal yang direncanakan pada CES 2021 kemarin yaitu 25 Februari 2021

Baca ini juga :


» UL Luncurkan Image Generation Benchmark AI Seharga 80 Juta Rupiah Untuk GPU Berdasarkan Model Stable Diffusion
» 5-10 Tahun Lagi akan Ada Game yang Setiap Pixel-nya Dibuat oleh AI, Kata CEO Nvidia
» NVIDIA X Inworld AI Perkenalkan Covert Protocol, AI yang Bikin NPC di Game Bisa Adaptasi dengan Kebiasaan Play
» Geforce Now, Cloud Gaming Dari Nvidia Akan Hadir Versi Gratis! Tapi Harus Nonton Iklan Dulu
» [RUMOR] Nintendo Switch 2 Akan Dirilis Pada Bulan Maret 2025

NVIDIA mengatakan bahwa VGA ini akan dibanderol dengan harga MSRP yakni 329 USD(atau Rp 4,6 juta). Namun menurut kabar yang beredar, GPU ini mungkin naik harga dari yang diharapkan mengingat para pengecer di Eropa telah mengungkap bahwa harga GPU tersebut akan naik pada awal rilis.

Dilansir dari Videocardz, toko ProShop memiliki beberapa RTX 3060 yang dibanderol dengan harga 499 EUR (atau Rp 8,4 juta), harga tersebut jauh lebih tinggi 52% s/d 75% dari harga MSRP awalnya. Sementara itu, PCDiga (salah satu toko komputer di Portugal), telah menaikkan harga RTX 3060 sebesar 100 EUR dalam seminggu terakhir.


Sumber: PCDiga


Hal tentu cukup normal mengingat meledaknya supply & demand GPU, ledakan trend crytocurrency, calo/bot, dan keterbatasan bahan pokok. RTX 3060 memang menjadi primadona GPU saat ini. Selain ditargetkan kepada gamer kelas menengah, GPU ini pun dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni yaitu frekuensi sebesar 1875 MHz, 12GB GDDR6 VRAM, dan interface memory 192-bit.

Sumber: ProShop


Tambah lagi, berdasarkan bocoran di Reddit, rumor mengatakan bahwa RTX 3060 memiliki performa mining 80% jauh lebih baik jika dibandingkan dengan RTX 3060 Ti, tapi dengan daya yang lebih rendah hingga 15%.

Sumber: Videocardz

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru