NEWS

Teman Mabar Ghosting? Begini Cara Lacak Teman Gamer Kamu Pakai WhatsApp

Yohanes   |   Jumat, 09 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Rasa ingin tahu, memang kadang mesti kita penuhi, misalnya ketika ingin tahu posisi teman mabar ada dimana untuk sekedar memastikan keadaannya. Ada beberapa cara untuk mengetahui posisi seseorang menggunakan WhatsApp, dan ini adalah beberapa cara yang telah redaksi himpun untuk kamu yang kepo berada dimana dirinya sekarang.

Baca ini juga :


» Windah Basudara Berhasil Menamatkan Aplikasi WhatsApp dengan 999+ dalam Waktu 4 Menit!
» Kamu Bisa Berkirim Pesan, Gambar, Maupun Video Mantap Dengan Tenang, Dengan Fitur View Once WhatsApp
» Jangan Pilih 'OK' Jika Dapat Notifikasi Nomor Telepon Anda Tidak Lagi Terdaftar di WhatsApp!
» Bisa Ngelakuin Banyak Hal, WhatsApp Mod Lebih Populer Digunakan di Afrika
» WhatsApp Sempat Down Pada Malam Pergantian Tahun 2017



Cara terbuka: Share Live Location

Ini adalah cara termudah dan paling terang-terangan, yaitu dengan cara minta teman mabar kamu share live location yang tentu saja sudah pasti akan mendapat consent. Ini caranya:


Sumber: Screenshot WhatsApp


  • Masuk ke dalam chat WhatsApp dan tekan gambar paper clip untuk attach file.
  • Klik location, lalu pilih Share Love Location.
  • Pilih opsi lama waktu untuk berbagi lokasi. Pilihannya adalah 15 menit, 1 jam dan maksimal 8 jam.
  • Klik send.



Nah, kalau dia tidak mau dengan sukarela memberikan informasi lokasinya via Share Live Location, terpaksa harus dengan cara diam-diam.

Cara diam-diam: Grabify.link

Ini adalah cara diam-diam, tanpa diketahui oleh teman mabar kamu tentunya, dan caranya adalah dengan berbagi link ke dia, namun link tersebut sebelumnya sudah dipasangi pelacak lokasi via Grabify.link tersebut. Begini tahapannya:


Sumber: Screenshot Grabify


  • Pilih URL apapun untuk dibagikan ke dia. Bisa link apapun yang memang menjadi kegemarannya, bisa link idol kpop terbaru maupun link wibu.
  • Buka Grabify.link, lalu copy paste URL itu ke kolom 'Enter a valid URL or tracking code'. Klik pada 'Create URL'.
  • Akan Terbuka halaman baru berupa informasi New URL shortener Grabify.link, namun sudah dipasangin pelacak. Share link New URL tersebut ke WhatsApp dia, tapi jangan tutup halaman Grabify.link ini.
  • Kalau link tersebut sudah dibuka dia, kembalilah ke halaman Grabify dan refresh. Grabify akan menampilkan hasil pelacakan berupa tanggal, IP address, kota, ISP dll dari perangkat si Dia. Nah, IP address ini yang penting.
  • Buka laman iplocation.net. Copas IP Address si Dia dan masukan ke IP Location Finder. Muncullah geolocation berupa latitude dan longitude.
  • Buka Google Maps, pada kolom search copy paste latitude dan longitude dengan format: latitude (spasi) longitude. Voilla! Lokasi si Dia pun langsung tampak di Google Maps.

Sebenarnya, pada langkah di poin 4 dan 5, sudah bisa diketahui area dia berada, tapi dengan Google Maps, lokasinya bisa lebih detil lagi. Hayo dimana nih dia? jadi mabar gak?

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru